Sukses


30 Kata-kata Bijak Abu Bakar Ash-Siddiq Sahabat Rasulullah SAW

Bola.com, Jakarta - Abu Bakar Ash-Siddiq adalah satu di antara sahabat paling dekat Nabi Muhammad SAW. Selama Abu Bakar berjaya memimpin umat Islam, tak jarang ia mengeluarkan kata-kata bijak yang sering memotivasi dan menginspirasi umat muslim.

Abu Bakar Ash-Siddiq merupakan penerus langsung jabatan kepemimpinan umat muslim setelah Rasul wafat.

Abu Bakar adalah seorang As-Sabiqunal Awwalun, atau orang pertama yang masuk Islam, dan menjadi pengikut Rasulullah SAW.

Selama Rasul masih hidup dan sehat, Abu Bakar selalu mengikuti ke mana pun beliau pergi, hingga para umat muslim sangat menghormati Abu Bakar karena selalu mencontoh segala perbuatan baik yang dilakukan Rasul.

Saat banyak orang, khususnya kaum Quraisy sering menganggap Rasul gila, Abu Bakar selalu membelanya. Walau dengan nyawa pun, Abu Bakar akan selalu membela Rasul.

Gelar Ash-Siddiq yang artinya adalah "membenarkan", diperolehnya setelah sekian lama mengikuti perjalanan dakwah Rasul dan selalu membenarkan perkataan dan perbuatannya.

Selain menjadi sahabat dekat dan dipercaya oleh Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar merupakan mertua Rasul, di mana anaknya Aisyah adalah istri sang Nabi.

Setelah sepeninggalan Rasul, Abu Bakar menjadi Khalifah pertama bagi umat Islam. Selama kepemimpinannya ia telah mengubah umat Islam menjadi lebih maju dan modern.

Abu Bakar meninggal dalam usia 61 tahun akibat sakit. Jenazahnya dikuburkan tepat di samping makam Rasulullah di Madinah.

Hingga saat ini kata-kata bijak Abu Bakar Ash-Siddiq masih terus dibaca, dan menjadi pedoman umat muslim dalam menjalani hidup.

Berikut 30 kata-kata bijak Abu Bakar Ash-Siddiq Sahabat Rasulullah SAW, seperti yang disadur dari Brilio, Kamis (28/5/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Abu Bakar Ash-Siddiq

1. "Barang siapa yang memasuki kubur tanpa membawa bekal yaitu berupa amal shalih maka keadaannya seperti orang yang menyeberangi lautan tanpa menggunakan perahu".

2. "Ikutilah jalan hidup yang ditunjukkan Nabi Muhammad SAW, karena sesungguhnya itu adalah jalan yang benar".

3. "Seseorang yang takut untuk menangis, maka dia pun harus belajar untuk bersikap baik terhadap orang yang menangis".

4. "Dia yang membangun masjid di jalan Allah SWT, maka Allah SWT membangun rumah untuknya di surga".

5. "Pria yang pemalu dan sederhana adalah karakter yang menakjubkan, namun wanita yang pemalu dan sederhana itu lebih menakjubkan".

6. "Mau bersusah payah untuk menghilangkan penderitaan orang lain adalah arti sejati dari kemurahan hati".

7. "Bila telah masuk waktu salat, berdirilah kalian menuju ke tempat apimu yang sedang menyala dan padamkanlah ia".

8. "Semenjak aku masuk Islam, belum pernah kukenyangkan perutku, demi dapat merasakan segarnya beribadah dan belum pernah pula aku puas minum, karena sangat rindunya aku kepada Allah".

9. "Jika kamu mengharapkan berkah dari Allah, maka bersikap baiklah kepada hamba-Nya".

10. "Ilmu pengetahuan adalah sumber hidup pikiran".

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Abu Bakar Ash-Siddiq

11. "Tanpa tindakan, pengetahuan tidak ada gunanya dan pengetahuan tanpa tindakan itu sia-sia".

12. "Memang sulit untuk bersabar, tapi menyia-nyiakan pahala dari sebuah kesabaran itu jauh lebih buruk".

13. "Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan. Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah".

14. "Setiap segala sesuatu itu ada kelebihannya. Maka janganlah suka meremehkan dan merendahkan".

15. "Ada kebesaran dalam rasa takut akan Allah, kepuasan dalam beriman kepada Allah, dan kehormatan dalam kerendahan hati".

16. "Adalah hal yang memalukan bahwa seekor burung bangun lebih pagi daripada dirimu di pagi hari".

17. "Kita menemukan kedermawanan dalam taqwa (kesadaran akan Allah), kekayaan dalam yaqin (kepastian), dan kemuliaan dalam kerendahan hati".

18. "Manusia tahu bahwa dirinya itu lemah, namun anehnya dia terus menerus tidak taat kepada Dia (Allah) Yang Maha Kuat".

19. "Amal kebajikan adalah pengawal yang akan menjaga kita melawan serangan penderitaan".

20. "Hidup akan berlaku, namun kematian sangatlah dekat".

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Abu Bakar Ash-Siddiq

21. "Waspadalah terhadap kesombongan, sebab pada akhirnya kamu kelak akan kembali ke tanah dan tubuhmu akan dimakan oleh cacing".

22. "Kebenaran terbesar adalah kejujuran, dan kebohongan terbesar adalah ketidak jujuran".

23. "Siapa yang menjauhkan diri dari sifat sering mengeluh maka berarti ia mengundang rasa kebahagiaan".

24. "Aku adalah manusia biasa dan aku bukanlah manusia yang terbaik di antara kamu. Apabila kalian melihat perbuatanku benar, maka ikutilah aku. Tapi bila kalian melihat perbuatanku salah, maka luruskanlah".

25. "Jangan memandang rendah kepada setiap muslim, bahkan orang yang paling lemah imannya sekalipun adalah besar di mata Allah".

26. "Sesama muslim seharusnya hidup seperti layaknya saudara".

27. "Jika nasehat yang baik tidak memberikan pengaruh bagi perubahan seseorang, maka ketahuilah bahwa hatinya itu kosong".

28. "Tidak ada pembicaraan yang baik, jika tidak diarahkan untuk memperoleh ridha Allah SWT".

29. "Semakin banyak ilmu yang kamu miliki, maka semakin besar pula ketakwaanmu terhadap Allah".

30. "Tidak ada manfaat dari uang jika tidak dibelanjakan di jalan Allah. Tidak ada kebaikan dalam diri seseorang jika kebodohannya mengalahkan kesabarannya".

 

Disadur: Brilio.net (Penulis: Nur Luthfiana Hardian. Published: 6/2/2020)

Video Populer

Foto Populer