Sukses


35 Kata-kata Bijak Cak Nun yang Dapat Memberikan Dorongan Positif

Bola.com, Jakarta - Emha Ainun Nadjib, atau yang biasa akrab disapa sebagai Cak Nun, adalah seorang seniman dan budayawan ternama yang namanya cukup dikenal masyarakat luas.

Cak Nun sering sekali melakukan aktivitas berkumpul dengan banyak orang, dan melakukan tukar pikiran, ia pun juga sering memberikan wejangan dan juga kata bijak yang tak jarang dapat memberikan motivasi tersendiri bagi banyak orang.

Bersama group musik Kyai Kanjeng, Cak Nun kerap kali berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia bahkan terkadang ke Luar Negeri, untuk melakukan sharing mengenai kehidupan.

Selain sering mengeluarkan kata-kata bijak melalui acara sharing bersama yang sering ia lakukan, kata-kata bijak miliknya juga dapat dibaca melalui buku yang ia karang.

Dalam hidup ini terkadang kita tidak selalu menemui jalan mulus dalam melewatinya, terkadang masalah datang silih berganti menghampiri.

Mulai dari permasalahn bersama keluarga, bersama dengan teman kerja, ataupun masalah dengan pasangan, terkadang dapat membuat kita merasa sedih dan gundah.

Namun dengan mendengarkan perkataan Cak Nun atau dengan membaca bukunya, kita dapat memahami bahwa, segala masalah yang kita dapatkan tidak akan melebihi kemampuan yang kita miliki.

Dengan itu pula jika membaca kata-kata bijak dari Cak Nun, dapat memberikan dorongan positif tersendiri bagi kita dalam menghadapi masalah dalam hidup.

Berikut 35 kata-kata bijak Emha Ainun Nadjib atau yang biasa dikenal dengan Cak Nun, seperti disadur dari Brilio.net.

Video

2 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Emha Ainun Nadjib

1. "Tuhan tidak sakit hati oleh keingkaran kamu. Tetapi Tuhan sangat tersakiti jika kamu berpura-pura menyembah-Nya".

2. "Seseorang tidak akan memperjuangkan perubahan dari ketidakbenaran menjadi kebenaran ketika yang harus ia perlihara adalah kemapanannya dalam ketidakbenaran.".

3. "Kebanyakan orang tak bisa tidur, mereka hanya tertidur, karena sepanjang siang dan malam hari mereka diberati oleh dunia".

4. "Apapun yang kita lakukan dalam kehidupan ini adalah perlombaan dalam kebaikan. Bukan perlombaan keunggulan satu sama lain".

5. "Tidak apa-apa kalau ilmu agamamu masih pas-pasan, itu malah membuatmu menjadi rendah hati. Banyak orang yang sudah merasa tahu ilmu agama, malah menjadikannya tinggi hati".

6. "Salah satu unsur cinta dewasa adalah empati. Kalau kekasih kita haus, kita yang gugup mencarikan air minum. Kalau kekasih kita terluka, perasaan kita yang mengucurkan darah".

7. "Adapun salah satu pekerjaan terpenting manusia, yang membuatnya bisa ditandai sebagai makhluk bernama manusia adalah berpikir".

8. "Surga itu gak penting, fokuskan dirimu hanya pada Tuhan".

9. "Dunia ini masih dipimpin oleh orang yang lebih memilih kenyang meskipun dijadikan budak, dari pada lapar tapi bertahan harga dirinya".

10. "Tuhan tidak menuntut kita untuk sukses. Tuhan hanya menyuruh kita berjuang tanpa henti".

 

3 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Emha Ainun Nadjib

11. "Ada orang yang mengkritik tapi tidak memberi jalan keluar. Ada orang yang memberi jalan keluar tanpa mengkritik".

12. "Kesedihan boleh ada, tapi jangan ada kebencian kepada siapapun".

13. "Agama adalah perilaku, agama adalah sikap. Dan semua agama mengajarkan kesantunan, kasih sayang dan Cinta kasih sesama".

14. "Cinta bukanlah bertahan seberapa lama, tetapi seberapa jelas dan ke arah mana".

15. "Dakwah yang utama bukan berupa kata-kata. Melainkan dari perilaku. Orang yang berbuat baik sudah berdakwah".

16. "Yang penting bukan apakah kita menang atau kalah, Tuhan tidak mewajibkan manusia untuk menang sehingga kalah pun bukan dosa, yang penting adalah apakah seseorang berjuang atau tak berjuang".

17. "Jangan paksa orang untuk mencintaimu. Tagihlah dirimu untuk mencintai siapapun".

18. "Pelajaran terpenting bagi calon pemimpin adalah kesanggupan menjadi rakyat. Barangsiapa sanggup menjadi rakyat yang baik, itulah pemimpin yang baik. Maksudnya, Sikap mental seorang pemimpin haruslah sikap mental kerakyatan".

19. "Agama kurang diperkenalkan sebagai berita gembira dan janji cinta, melainkan sebagai tukang cambuk, pendera dan satpam otoriter".

20. "Agama itu letaknya di dapur. Tidak masalah mau pakai wajan merk apa di dapur, yang utama adalah makanan yang disajikan di warung sehat. Maka ukuran keberhasilan orang beragama bukan pada sholat atau umrohnya, melainkan pada perilakunya".

4 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Emha Ainun Nadjib

21. "Aku menyebut diriku muslim saja aku tidak berani, karena itu merupakan hak prerogatifnya Allah untuk menilai aku ini muslim atau bukan".

22. "Keceriaan dan kenyamanan hidup tidak terlalu bergantung pada hal-hal di luar manusia melainkan bergantung pada kekayaan batin di dalam diri manusia".

23. "Bukanlah hidup kalau sekadar untuk mencari makan, bukankah sambil bekerja seseorang bisa merenungkan suatu hal, bisa berzikir dengan ucapan yang sesuai dengan tahap penghayatan atau kebutuhan hidupnya, bisa mengamati macam-macam manusia, bisa belajar kepada sebegitu banyak peristiwa. Bisa menemukan hikmah-hikmah, pelajaran dan kearifan yang membuat hidupnya semakin maju dan baik".

24. "Sunnah Rasul yang paling mendasar adalah akhlaknya, bukan kostumnya. Orang yang disukai Tuhan adalah orang yang menyebut dirinya buruk, biso rumongso (merasa tidak bisa), enggak rumongso biso (merasa paling bisa)".

25. "Menyepi itu penting, supaya kamu benar-benar bisa mendengar apa yang menjadi isi dari keramaian".

26. "Kalau kau cukup makan sepiring nasi, kenapa harus sepiring setengah. Kalau kesehatanmu cukup dipenuhi dengan sebiji tempe, kenapa ambil dua?".

27. "Empati adalah salah satu unsur yang harus ada dalam menjalin hubungan, Antara satu sama lain harus saling menghargai dan memahami karena pada dasarnya cinta adalah saling melengkapi. Selalu berusaha merasakan apa yang dirasakan pasangannya juga adalah salah satu wujud nyata dari cinta".

28. "Hakikat hidup bukanlah apa yang kita ketahui, bukan buku-buku yang kita baca atau kalimat-kalimat yang kita pidatokan, melainkan apa yang kita kerjakan, apa yang paling mengakar di hati, jiwa dan inti kehidupan kita.".

29. "Agama diajarkan kepada manusia agar ia memiliki pengetahuan dan kesanggupan untuk menata hidup, menata diri dan alam, menata sejarah, kebudayaan, politik".

30. "Orang boleh salah, agar dengan demikian ia berpeluang menemukan kebenaran dengan proses autentiknya sendiri".

5 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Emha Ainun Nadjib

31. "Kebanyakan manusia berjuang mengada-adakan dirinya. Menonjol-nonjolkan dirinya, bahkan untuk itu mereka meniadakan mahluk selainnya. Sampai tega meniadakan Tuhannya, itulah kematian".

32. "Dakwah yang utama bukan berupa kata-kata. Melainkan dari perilaku. Orang yang berbuat baik sudah berdakwah".

33. "Al-Fatihah haruslah mencerminkan proses dan tahapan pencapaian sejarah kita sebagai diri pribadi serta kita sebagai umatan wahidah. Ketika sampai di kalimat na’budu, tingkat yang harus kita capai telah lebih dari ‘abdullah, yakni khalifatullah".

34. "Anak-anak muda tak bisa hanya menggantungkan diri akan jadi pegawai negeri, pembengkakan populasi penduduk akan makin berbanding terbalik dengan penyediaan lapangan kerja, jadi yang akan tegak hidupnya adalah orang-orang yang bermental wiraswasta, yang tidak priyayi, yang ulet dan bersedia bekerja keras".

35. "Kamu punya ruang dalam hatimu untuk merasakan hati para mbambung (gelandangan) sehingga hatimu sedih, getir, terimpit seribu gunung. Sementara orang-orang pandai sibuk dengan program-program dan omong besar di koran-koran. Tuhan tidak bertanya padamu apakah kamu mampu menolong mbambung atau tidak, tapi melihat apakah kamu mencintai orang lemah atau tidak".

Sumber: Brilio.net

Video Populer

Foto Populer