Sukses


25 Kata-kata Motivasi Islami tentang Ilmu, Menumbuhkan Semangat Belajar

Bola.com, Jakarta - Membaca kata-kata motivasi Islami tentang ilmu dapat memberikan kita tambahan semangat untuk selalu belajar dan menuntut ilmu setiap waktu.

Agama Islam telah mengajarkan semenjak dini, bahwa menuntut ilmu adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan, tidak peduli laki-laki maupun perempuan.

BACA JUGA: Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan Menurut Al Quran dan Hadist

Dengan menuntut ilmu, kita dapat menghindarkan diri dari kebodohan dan memperkuat rasa cinta serta syukur kepada Allah SWT.

Umat muslim telah diajarkan dalam menuntut ilmu tidak terpaku pada satu hal saja. Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Banyak tokoh besar Islam yang kisahnya dapat kita jadikan teladan dalam menuntut ilmu, seperti Ibnu Sina, Jalaludin Rumi, dan Al-Ghazali.

Kita juga bisa mendapatkan ilmu yang melimpah dengan membaca Al-Qur'an dan Hadis. Selain ilmu, kita juga akan mendapatkan pahala dengan mengamalkan isinya.

Dalam proses mencari ilmu, ada kalanya seseorang akan diserang rasa malas dan merasa kurang bersemangat.

Namun, ada hal yang dapat kamu jadikan pelecut untuk menghilangkan rasa malas, satu di antaranya dengan cara membaca kata-kata motivasi Islami tentang ilmu.

Hal  itu kata-kata motivasi tersebut memiliki makna yang mendala dan bersumber dari Al-Qur'an, Hadis, serta perkataan tokoh-tokoh Islam terkenal.

Berikut 25 kata-kata motivasi Islami tentang ilmu, yang dapat kamu jadikan kekuatan untuk tetap semangat dalam belajar, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (26/6/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Motivasi Islami tentang Ilmu

1. "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah". – Hasan al-Bashri

2. "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal". – Imam Syafi’i

3. "Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian". – (Q.S Al-Mujadilah: 11)

4. "Sebagian orang tetap miskin ilmu karena kemampuan buruk mereka untuk tetap diam". – Ibnu Qayyim

5. "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya". – Sufyan bin Uyainah

6. "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat". (Q.S Al-Mujadilah: 11)

7. "Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa". – Al-Ghazali

8. "Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah para ulama (orang-orang yang berilmu)". (Q.S Fathir: 28)

9. "Ilmu adalah kehidupan bagi pikiran". – Abu Bakar

3 dari 4 halaman

Kata-kata Motivasi Islami tentang Ilmu

10. "Maka Mahatinggi Allah, sebenar-benarnya Raja. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur'an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, 'Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku'. (Q.S Thaha: 114)

11. "Aku belajar adab (budi pekerti) selama 30 tahun dan aku mempelajari ilmu selama 20 tahun. Orang-orang saleh terdahulu akan belajar adab terlebih dahulu, baru kemudian mencari ilmu". – Abdullah bin Mubarak

12. "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya". – Imam Syafi'i

13. "Engkau tak dapat meraih ilmu kecuali dengan enam hal yaitu; cerdas, selalu ingin tahu, tabah, punya bekal dalam menuntut ilmu, bimbingan dari guru, dan dalam waktu yang lama". – Ali bin Abi Thalib

14. "Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan". – Imam Ghazali

15. "Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab berkata, 'Aku akan membawakan singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip'. Maka ketika dia (Sulaiman) melihat singgasana itu muncul di hadapannya, dia pun berkata, 'Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur ataukah mengingkari (nikmat-Nya). Barangsiapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia'. (Q.S An-Naml: 40)

16. "Ilmu yang sejati, seperti barang berharga lainnya, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Ia harus diusahakan, dipelajari, dipikirkan, dan lebih dari itu, harus selalu disertai doa".

4 dari 4 halaman

Kata-kata Motivasi Islami tentang Ilmu

17. "Ilmu membuat seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang bodoh". – Boona Mohammed

18. "Belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan, belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh sesorang yang bukan penakut".

19. "Supaya iman kita meningkat, kita seharusnya juga meningkatkan pengetahuan ilmu agama kita. Makin kamu mengenal Allah, makin kamu cinta dan bertakwa kepada-Nya".

20. "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap". – Ali bin Abi Thalib

21. "Pendidikan mampu melahirkan orang-orang optimistis karena sebutir optimisme lebih berharga daripada sekarung bakat terpendam".

22. "Ketahuilah bahwa kualitas seseorang bukan dilihat dari seberapa tinggi pendidikannya, melainkan seberapa rendah ia menempatkan dirinya di hadapan Allah".

23. "Ilmu lebih utama daripada harta. Sebab ilmu warisan para Nabi adapun harta adalah warisan Qorun, Firaun, dan lainnya. Ilmu lebih utama dari harta karena ilmu itu menjaga kamu, kalau harta kamulah yang menjaganya".

24. "Barangsiapa belajar sesuatu semata-mata karena Allah, mencari ilmu yang ada bersama-Nya, maka dia akan menang. Dan barangsiapa yang belajar sesuatu karena selain Allah, maka dia tidak akan mencapai tujuannya, juga pengetahuan yang diperolehnya tidak akan membawanya lebih dekat kepada Allah". – Hasan al-Basri

25."Siapapun yang berjuang mencari ilmu karena Allah akan dijaga setiap langkah perjalanannya sampai ia kembali".

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutiara Sari, Editor: Rizky Mandasari, Published: 16/10/2019)

Video Populer

Foto Populer