Sukses


30 Kata-kata Mutiara tentang Buku, Pendorong agar Rajin Membaca

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara tentang buku bisa menambah semangat untuk lebih rajin membaca. Buku menjadi bagian terpenting seiring terus berkembangnya sains dan teknologi pada zaman sekarang.

Dengan membaca buku, seseorang bisa mengetahui apa saja yang ada di penjuru dunia. Hal tersebut membuat buku sering disebut sebagai jendela dunia.

Jadi, walau berada di Indonesia, hanya dengan membaca buku, bisa mengetahui perkembangan yang ada di negara lain. Tak hanya itu, buku juga membuat pembacanya memiliki banyak wawasan.

Buku akan membuat kamu berwawasan dan memiliki pikiran yang terbuka dan luas. Selain menambah ilmu pengetahuan, buku akan membuat seseorang terhibur, terutama saat membaca buku bergenre fiksi seperti novel.

Di sisi lain, bagi sebagian orang yang tak suka membaca, buku bukanlah hal penting. Namun, membaca buku sangat penting agar tidak dipenuhi kebodohan dan ketidaktahuan.

Banyak kata-kata mutiara tentang buku yang bisa menyentil semangat seseorang untuk semangat serta rajin membaca.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara tentang buku, seperti dikutip dari laman Lentera, Senin (6/7/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Buku

1. "Buku adalah jendela dunia di mana kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan, hanya cukup membaca sebuah halaman."

2. "Buku adalah jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan manusia."

3. "Buku adalah sihir portabel yang unik dan mungkin satu-satunya sihir sejati yang tidak langsung melepaskan semua rahasianya."

4. "Buku adalah jembatan ilmu untuk menghubungkan pengetahuan dengan kehidupan nyata."

5. "Buku adalah liburan termurah yang bisa kamu beli. Buku adalah pesawat, kereta api, dan jalan harapan untuk orang-orang yang ingin berada di tempat lain."

6. "Buku adalah sumber ilmu terbaik bagi siapa pun yang membacanya."

8. "Buku adalah sahabat paling setia rela mendampingi di mana pun dan kapan pun tanpa pernah memikirkan dirinya. Sebaik-baik teman sepanjang zaman adalah buku."

9. "Buku lama adalah buku baru bagi mereka yang belum membacanya."

10. "Buku adalah pertemuan dua kekuatan yang berhasil memengaruhi pendidikan manusia yaitu seni dan sains. Keduanya bertemu dalam buku."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Buku

11. "Buku adalah mercusuar yang berdiri di tepi samudra waktu yang luas."

12. "Buku selalu memberi sayap-sayap baru yang akan membawa terbang ke taman-taman pengetahuan paling menawan."

13. "Buku adalah bagian terpenting bagi mereka yang belajar membaca untuk membangun pengetahuan dan keterampilan."

14. "Bagi seorang anak, buku lebih dari sekadar bacaan, tetapi merupakan impian, pengetahuan untuk masa depan sekaligus masa silam."

15. "Sebuah ruangan tanpa buku ibarat tubuh tanpa jiwa. Hidup tanpa buku seperti ruang gelap tak berlampu."

16. "Buku bagaikan cermin: jika orang bodoh melihat ke dalam, tidak dapat mengharap seorang jenius melihat keluar. Kamu hanya melihat di dalamnya apa yang sudah kamu miliki di dalam dirimu."

17. "Membaca buku untuk pertama kalinya seperti berkenalan dengan seorang teman baru; membacanya untuk kedua kali seperti bertemu dengan teman lama."

18. "Orang yang tidak membaca buku bagus akan melewatkan kesempatan untuk menjalani hidup tambahan."

19. "Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya"

20. "Buku adalah panduan bagi orang muda dan penghibur bagi orang tua serta menolong kita di kala kesepian dan menjaga kita supaya tidak menjadi beban bagi diri sendiri.

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Buku

21. "Bagaimana pun jeleknya sebuah buku, pasti ada manfaatnya."

22. "Buku adalah warisan berharga yang ditinggalkan oleh kaum genius kepada kemanusiaan dan diberikan turun temurun kepada anak cucu."

23. "Buku yang baik adalah buku yang selalu membaca pikiran pembacanya."

24. "Buku perlu mempunyai salah satu daripada empat tujuan, yaitu kebijaksanaan, kesalehan, kesenangan, dan kegunaan hidup."

25. "Buku dapat membantu mengubah masa depan serta menambah kecerdasan akal dan pikiran seseorang."

26. "Buku yang isinya tanpa pengetahuan kehidupan, sama sekali tidak berguna."

27. "Buku adalah kekasih setia yang tidak cemburu apabila dimadukan."

28. "Buku-buku dapat mengembangkan kecerdasan, membina watak, dan bahkan mengubah dunia, tetapi tanpa dibaca, buku itu tiada artinya."

29. "Dunia ini bagaikan sebuah buku yang bagus sekali, tetapi tidak ada gunanya bagi mereka yang tidak tahu membacanya."

30. "Buku adalah pembawa peradaban. Tanpa buku, sejarah itu sunyi, sastra itu bodoh, sains lumpuh, pemikiran dan spekulasi terhenti. Buku adalah mesin perubahan, jendela di dunia, mercusuar yang didirikan di lautan waktu." - Barbara W. Tuchman

 

Sumber: Lentera

Video Populer

Foto Populer