Sukses


9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan, Obat Mujarab Universal

Bola.com, Jakarta - Akhir-akhir ini kamu mungkin sering melihat produk kecantikan yang mengandung lidah buaya. Namun, kehebatan lidah buaya tidak berhenti hanya sampai di situ.

Lidah buaya sudah dikenal luas sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Tanaman satu ini berasal dari daerah Mediterania, namun kini lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan.

Menurut Baylor College of Medicine, lidah buaya atau Aloe vera memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Kandungan yang ada di dalam lidah buaya, seperti antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta antiinflamasi.

Lidah buaya bisa memberikan efek sejuk dari getahnya jika diaplikasikan ke kulit. Menurut para ilmuwan Yunani, tanaman ini disebut obat mujarab universal, sedangkan orang Mesir menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Tak aneh jika tanaman ini sering kali dijadikan bahan utama, tak hanya bagi produk-produk kecantikan melainkan juga kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan yang harus kamu ketahui, dirangkum dari Klik Dokter dan Sehat Q, Jumat (17/7/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Melembapkan kulit

Manusia memiliki beragam jenis kulit. Walau begitu, apa pun jenis kulitmu tetap perlu pelembab.

Pelembab berguna untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya memiliki kandungan zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2. Mengobati luka bakar

Lidah buaya bisa bermanfaat untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit. 

Menurut penelitian, lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar. Selain itu, lidah buaya dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

3. Mengatasi kerontokan rambut

Selain bisa diaplikasikan ke kulit, lidah buaya bisa digunakan pada rambut. Lidah buaya bisa mengatasi beragam masalah pada rambut.

Jika kamu mengalami kerontokan rambut yang meyebabkan kebotakan, dengan menggunakan lidah buaya bisa menjadi solusi. Bahkan, tanda awal pertumbuhan rambut sudah dapat diamati dalam lima hari pemakaian lidah buaya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Meredakan sariawan

Mengoleskan lidah buaya dipercaya bisa membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Lidah buaya lebih efektif dari obat sariawan yang biasa kamu dapatkan di apotek.

5. Mengatasi jerawat

Lidah buaya memiliki efek dingin ketika diaplikasikan pada kulit. Kamu bisa menggunakan bagian daging lidah buaya untuk mencegah timbulnya jerawat.

Gel yang ada di lidah buaya mengandung saponin dan astringent, yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di wajah. Selain itu, sifat antimikroba dan antibakteri yang ada berperan untuk mengobati jerawat pada wajah.

6. Menghilangkan bintik hitam pada wajah

Mungkin sebagian orang merasa terganggu jika memiliki flek atau bintik hitam pada wajahnya. Hal ini dianggap. merusak penampilan.

Dengan mengoleskan lidah buaya, dipercaya bisa membantu mengurangi masalah ini. Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Mengatasi penuaan Dini

Bertambahnya usia tidak bisa kita hindari. Penampilan fisik kita akan makin menurun secara alami. Bagi kamu yang ingin tampil awet muda, mengoleskan lidah buaya bisa menjadi solusi.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah. Menggunakan masker wajah dari bahan lidah buaya dapat menunda penuaan yang datang sebelum waktunya.

8. Melancarkan pencernaan

Kamu sedang mengalami masalah pada pencernaanmu? Mengonsumsi lidah buaya yang diolah menjadi jus bisa membantu hal ini.

Pasalnya, jus lidah buaya mengandung antrakuinon yang memberikan efek pencahar.

9. Mengatasi gejala GERD

Selain mampu mengatasi pencernaanmu, lidah buaya yang diolah menjadi jus bisa menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi jus lidah buaya dapat membantu meredakan gejala GERD, seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati.

GERD adalah penyakit pencernaan, yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. Ini adalah penyakit kronis yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya.

Perlu diperhatikan, ketika kamu mengonsumsinya, jangan secara berlebihan dan tetap berhati-hati dengan efek sampingnya.

 

Sumber: Klik Dokter, Sehat Q

Video Populer

Foto Populer