Sukses


Contoh Kata Pengantar Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar

Bola.com, Jakarta - Kata pengantar merupakan satu di antara komponen penting yang kamu perlu masukkan saat membuat sebuah makalah.

Makalah dapat didefinisikan sebagai karya ilmiah yang biasanya bermuatan topik-topik tertentu dan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan.

Dengan membuat makalah yang baik dan sesuai dengan aturan yang ada, akan memudahkan para pembaca memahami karya yang kamu buat.

Ada beberapa aturan yang perlu dijalani dalam pembuatan sebuah makalah, satu di antaranya memasukkan kata pengantar ke dalamnya.

Seperti yang dapat dipahami dari istilahnya, kata pengantar berfungsi dalam mengantarkan para pembaca pada sebuah karya ilmiah.

Pada sebuah karya ilmiah, kata pengantar biasanya berada di halaman depan dan bermuatan beberapa komponen seperti ucapan terima kasih dan rasa syukur.

Selain itu, di dalam kata pengantar terdapat sedikit gambaran tentang isi atau hal yang akan dibahas di dalam sebuah karya ilmiah.

Kata pengantar yang baik, seperti menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak bertele-tele, dan penggunaan bahasa yang efisien sehingga memudahkan para pembaca untuk memahaminya.

Jika kamu akan membuat makalah namun tidak begitu mengerti cara menyusun kata pengantar, berikut contoh kata pengantar untuk makalah, seperti dirangkum dari laman Sharingkali, Senin (27/07/2020).

2 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Kata Pengantar

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmatnya sehingga penulis dapat menyusun makalah tentang "Peran Sejarah dalam Membangkitkan Semangat Nasionalisme" dengan sebaik-baiknya.

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak bangsa dalam mempelajari sejarah Indonesia dan meningkatkan rasa nasionalisme sehingga mereka mampu melanjutkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, memfasilitasi, memberi masukan, dan mendukung penulisan makalah ini sehingga selesai tepat pada waktunya. Semoga dibalas oleh Allah SWT dengan ganjaran yang berlimpah.

Meski penulis telah menyusun makalah ini dengan maksimal, tidak menutup kemungkinan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca sekalian.

Akhir kata, saya berharap makalah ini dapat menambah referensi keilmuan masyarakat.

Banten, 20 Juni 2019

Penulis

3 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ

Alhamdulillahi robbil 'alamin, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah menganugerahkan keimanan, keislaman, kesehatan, dan kesempatan sehingga penulis dapat menyusun makalah ini dengan baik. Makalah dengan judul "Pengaruh Ilmu Agama dalam Menjalankan Ibadah" ini disusun dalam rangka menyediakan bahan materi seminar keagamaan.

Penyusunan makalah ini tak lepas dari campur tangan berbagai pihak yang telah berkontribusi secara maksimal. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Meski demikian, penulis meyakini masih banyak yang perlu diperbaiki dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi dalil, sumber hukum, tata bahasa, dan bahkan tanda baca sehingga sangat diharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian sebagai bahan evaluasi penulis.

Demikian, besar harapan penulis agar makalah ini dapat menjadi bacaan menarik bagi pembaca dan peserta seminar.

Tenggarong, 19 April 2020

Penulis

4 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Robbil 'Alami, Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Atas segala karunia nikmatNya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya. Makalah yang berjudul "Arti Penting Pancasila dalam Perjuangan Kaum Muda" disusun dalam rangka memenuhi satu di antara tugas mata pelajaran PKN yang diampu oleh Bapak Toto Suroto M.H., M.Pd.

Makalah ini berisi tentang makna dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar serta posisinya di dalam penerapan konstitusi di Indonesia. Dalam penyusunannya melibatkan berbagai pihak, baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah. Oleh sebab itu, saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kontribusinya dalam membantu penyusunan makalah ini.

Meski telah disusun secara maksimal, penulis sebagai manusia biasa menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian.

Besar harapan saya makalah ini dapat menjadi sarana membantu masyarakat dalam memahami sumber hukum tertinggi di Indonesia, yakni Pancasila dan arti pentingnya dalam perjuangan kaum muda.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari karya ini.

Lombok, 17 Januari 2020

Penulis 

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

Segala puja hanya bagi Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berkat limpahan karunia nikmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang bertajuk "Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar" dengan lancar. Penyusunan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diampu oleh Bapak Saga Satria S.Pd.

Dalam proses penyusunannya, tak lepas dari bantuan, arahan, dan masukan dari berbagai pihak. Untuk itu, saya ucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.

Meski demikian, penulis menyadari masih banyak sekali kekurangan dan kekeliruan di dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tanda baca, tata bahasa maupun isi sehingga penulis secara terbuka menerima segala kritik dan saran positif dari pembaca.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, umumnya, dan untuk saya sendiri, khususnya.

Bandung, 22 Juni 2019

Penulis 

Sumber: Sharingkali

Video Populer

Foto Populer