Sukses


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Beserta Cara Pembuatannya

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalankan pekerjaan, karyawan sering kali mendapat halangan tertentu untuk masuk kerja. Padahal saat kondisi tersebut, Anda sedang dalam semangat tertinggi.

Halangan untuk berkerja pun beragam mulai karena sakit, urusan keluarga, cuti menikah, sakit atau keperluan mendadak yang tak bisa ditunda-tunda.

Tentu saja, Anda perlu mendapatkan izin dari atasan atau HRD untuk bisa meninggalkan pekerjaan sementara waktu. Biasanya, beberapa perusahaan akan meminta surat izin tidak masuk kerja.

Tujuan dari tindakan tersebut agar pihak perusahaan mengetahui alasan yang kuat mengapa Anda tidak masuk kerja. Selain itu, Anda juga akan terlihat sebagai karyawan yang profesional.

Membuat surat izin tidak masuk kerja harus menggunakan bahasa yang formal dan tidak terkesan bertele-tele.

Berikut Bola.com merangkum cara membuat surat izin tidak masuk kerja beserta contohnya dikutip dari mpssoft, Jumat (31/7/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Untuk membuat surat izin kerja, ada beberapa tahapan dan hal yang harus Anda perhatikan. berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin kerja.

  • Tanggal izin kerja

Agar tim HRD di perusahaan Anda dapat mencatat tanggal berapa Anda izin kerja, maka cantumkan tanggal yang jelas dalam surat. Dengan begitu pekerjaan yang Anda tinggal dapat dialihkan kepada rekan kerja yang lain.

  • Sebutkan identitas dengan jelas

Saat membuat surat izin tidak bekerja pastikan Anda menyantumkan identitas diri dengan jelas mulai dari nama lengkap, jabatan atau divisi kerja Anda dan nomor induk karyawan. Hal ini bertujuan agar HRD dapat mendata izin Anda dengan jelas. Jika pada satu perusahaan terdapat nama yang sama, maka Anda dapat memanfaatkan nomor induk karyawan sebagai pembeda.

  • Alasan izin tidak masuk kerja

Bagian ini adalah bagian yang paling penting dari surat izin kerja. Pada bagian ini akan ditentukan apakah surat izin kerja yang Anda buat dapat diterima atau tidak. Untuk itu Anda harus menulisnya dengan alasan yang logis dan sebanar-benarnya.

Meski surat izin kerja yang Anda buat melalui pribadi atau perorangan, namun surat izin kerja yang Anda buat akan diterima perusahaan. Untuk itu pastikan Anda membuat surat dalam bentuk resmi dan tidak seperti surat non-formal.

  • Waktu izin tidak masuk kerja

Jika Anda sakit dan memerlukan waktu beberapa hari untuk istirahat, maka tidak ada salahnya untuk menyertakan durasi izin dalam surat izin tidak masuk kerja. Dengan begitu tim HRD dapat mengetahui tugas apa saja yang Anda tinggalkan selama tidak masuk kerja.

Setelah mengetahui bagian penting apa saja yang harus diperhatikan saat membuat surat izin kerja, berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar. Anda dapat meniru dan memodifikasi contoh surat izin tidak masuk kerja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena Anak Sakit

Yth,

Kepala Bagian HRD

PT. Maju Sekali

Jl. Pancing 100, Medan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sutriadi

Alamat : Jl. Merdeka Bro No. 13 Medan

Jabatan : Digital Marketing

 

Dengan surat ini saya bermaksud untuk memohon izin kepada bapak/ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja selama tiga hari terhitung sejak surat ini dikirim karena harus mengurus anak saya yang sedang sakit. Bersamaan dengan surat ini saya sertakan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan RSU Pringadi Medan.

Demikian permohonan izin saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 

Medan, 15 April 2018

Hormat saya,

 

Sutriadi

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena Urusan Keluarga

Malang, 18 November 2018

Hal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Yth. Kepala Divisi Human Resource di Medan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama : Adinda Puteri

Alamat : Jl. Tidak Apa Apa No. 3 Medan

Jabatan : Customer Service

NIP: 122331

 

Dengan surat ini saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja pada 20 November 2018 karena ada urusan keluarga yang mengharuskan saya untuk pergi keluar kota.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya

 

Adinda Puteri

 

Sumber: mpssoft 

Video Populer

Foto Populer