Sukses


15 Kata Singkatan yang Kerap Diucapkan Namun Tak Tahu Artinya

Bola.com, Jakarta - Dalam berbicara atau penyebutan sebuah tempat dan benda, kita kerap menggunakan singkatan yang sering digunakan dan dipahami orang lain. Bahkan beberapa orang dengan fasih menyebutkan sejumlah singkatan tanpa mengetahui kepanjangan atau arti sebenarnya.

Biasanya singkatan ini digunakan untuk mengirimkan pesan teks agar mempermudah penyebutan sebuah benda atau tempat.

Anda pasti sering menggunakan kata-kata singkatan untuk kegiatan sehari-hari. Malah ada yang beranggapan singkatan tersebut merupakatan kata aslinya.

Tak pelak penggunakan kata-kata singkatan yang terlalu sering menjadikan kebiasaan. Sering kali kita menjadi salah ketik dalam pembuatan surat atau dokumen penting.

Berikut Bola.com merangkum beberapa singkatan yang sering digunakan namun jarang diketahui kepanjangan atau makna sebenarnya dikutip dari Liputan6, Jumat (8/4/2020).

2 dari 4 halaman

Kata Singkatan yang Kerap Diucapkan

1. Robot

Robot adalah sebuah singkatan dari kata Residents Official Board of Technology. Istilah robot berawal dari bahasa Ceska yaitu 'robota' yang memiliki arti sebagai pekerja atau kuli yang tidak punya rasa lelah dan bosan. Benar juga ya, robot tidak akan merasa capek.

2. Internet

Internet atau Interconnected Network adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suit (TCP/IP).

3. PIN

Personal Identification Number atau PIN adalah angka sandi rahasia yang digunakan oleh seseorang untuk menghubungkan data diri pengguna dengan sistem.

4. ELPIJI (LPG)

Liquified Petroleum Gas atau LPG dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai gas minyak bumi yang di cairkan. Wah kalau diucapkan dalam bahasa Indonesia jadi sulit ya.

5. Sinetron

Sinetron adalah sebuah singkatan dari Sinema Elektronik. Ini perlu kamu ketahui bagi para pecinta sinetron.

3 dari 4 halaman

Kata Singkatan yang Kerap Diucapkan

6. GPS

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, atau dalam bahasa Indonesianya adalah sistem pemosisi global. Hayo yang biasanya diucapkan atau di tulis pas lagi order ojek online, ini ternyata arti GPS.

7. HVS

HVS adalah sebuah singkatan dari bahasa Belanda yaitu Hout Vrij Schrift yang memiliki arti kertas tulis, atau kertas bebas serat kayu. Kalau diucapkan pakai bahasa Belanda jadi belibet ya.

8. Wifi

Wifi yang sering kita gunakan ini ternyata memiliki kepanjangan Wireless Fidelity yang merupakan teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi.

9. OLI

OLI adalah sebuah akronim dari Oil Level Indikator yang dalam bahasa Indonesia berarti indikator tingkatan minyak.

10. PDF

PDF adalah singkatan dari Portable Dokument Format. PDF merupakan salah satu jenis format dokumen.

4 dari 4 halaman

Kata Singkatan yang Kerap Diucapkan

11. USB

USB alias Universal Serial Bus adalah sebutan port komputer yang bersifat universal dan bisa digunakan untuk banyak perangkat. Baru tahu kan?

12. COD

COD atau Cash On Delivery. Jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah dibayar tunai di tempat.

13. URL

Bagi kamu yang sering malakukan browsing pasti tidak asing dengan istilah URL. URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator.

14. BH

Benda ini cukup akrab ditelinga kita terutama wanita. BH merupakan sebuah singkatan dari Bustehouder yang berasal dari bahasa Belanda dan memiliki arti penyangga payudara.

15. OK

Singkatan terakhir yang sering digunakan adalah kata OK. OK sebenarnya merupakan singkatan dari kata All Correct yang memiliki arti semua benar. Namun karena di Indonesia akhirnya berubah menjadi All Korrect atau OK.

 

Disadur dari Liputan6 (Reporter: Rizzaq Aynur Nugroho/Editor: Nanang Fahrudin. Published: 8/4/2019)

Video Populer

Foto Populer