Sukses


38 Kata-kata Bijak tentang Pengkhianatan, Pedih Mengiris Jiwa

Bola.com, Jakarta - Kata-kata tentang pengkhianatan bisa mengingatkanmu untuk tidak berkhianat, melainkan tetap setia, menepati janji, dan hidup dalam harga diri.

Pengkhianatan menjadi satu di antara perbuatan tercela. Pengkhianatan menodai nilai-nilai kesetiaan, loyalitas. Pengkhianatan bisa menyebabkan kerusakan dan kerugian baik mental maupun fisik.

Pengkhianatan terasa menyakitkan karena justru dilakukan oleh orang yang mendapat kepercayaan, sosok yang dipercaya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengkhianatan diartikan sebagai proses, cara, perbuatan berkhianat atau mengkhianati.

Sedangkan berkhianat adalah perbuatan tidak setia; perbuatan yang bertentangan dengan janji.

Pengkhianatan bisa terjadi dalam berbagai skala. Mulai skala 'kecil', seperti hubungan dengan lawan jenis, persahabatan, hingga yang 'membahayakan' seperti berkhianat terhadap perusahaan maupun negara.

Mereka yang berkhianat akan mendapat cap sebagai pengkhianat dan pecundang. Cap tersebut pastinya memiliki kesan negatif.

Dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, seorang pengkhianat akan mendapat sanksi sosial dan sanksi tegas lainnya.

Ada banyak kata-kata tentang pengkhianatan yang bisa kamu baca dan pahami dari berbagai media, seperti media daring.

Di bawah ini beberapa kata-kata tentang pengkhianatan, seperti dinukil dari Quoteambition, Senin (3/8/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Pengkhianatan

1. "Hal yang paling menyedihkan tentang pengkhianatan adalah bahwa hal itu tidak pernah datang dari musuhmu."

2. "Hidup telah mengajari saya bahwa Anda tidak dapat mengendalikan kesetiaan seseorang. Tidak peduli seberapa baik Anda kepada mereka, bukan berarti mereka akan memperlakukan Anda sama. Tidak peduli seberapa besar artinya bagi Anda, bukan berarti mereka akan menghargai Anda sama. Kadang-kadang orang yang paling Anda cintai, berubah menjadi orang yang paling tidak bisa Anda percayai."

3. "Pengkhianatan tidak pernah mudah ditangani dan tidak ada cara yang tepat untuk menerimanya." - Christine Feehan

4. "Tidak ada yang lebih menyakitkan daripada dikecewakan oleh satu orang yang Anda pikir tidak akan pernah menyakiti Anda."

5. "Cobalah untuk tidak stres pada orang-orang curang yang mengkhianati Anda. Saya tahu itu menyakitkan, tetapi kenyataannya adalah mereka selalu curang, mereka tidak akan pernah berubah dan Anda sebenarnya jauh lebih baik sekarang karena setidaknya Anda tahu siapa mereka sebenarnya."

6. "Pengkhianatan tidak hanya menghancurkan hatimu, tetapi juga menggelapkan jiwamu. Anda tidak akan pernah melupakan rasa sakit seperti kabut yang selamanya tertinggal di lubuk hati Anda."

7. "Lebih memalukan untuk tidak mempercayai teman-teman kita daripada ditipu oleh mereka." - Konfusius

8. "Bagi saya, hal yang lebih buruk daripada kematian adalah pengkhianatan. Anda tahu, saya bisa memahami kematian, tetapi saya tidak bisa membayangkan pengkhianatan." - Malcolm X

9. "Jika Anda dikhianati, lepaskan kekecewaan sekaligus. Dengan cara itu, kepahitan tidak memiliki waktu untuk berakar." - Toba Beta

10. "Jenis luka terburuk adalah pengkhianatan karena itu berarti seseorang bersedia menyakitimu hanya untuk membuat diri mereka merasa lebih baik."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Pengkhianatan

11. "Kesalahan terburuk yang bisa dilakukan pria adalah mengkhianati seorang wanita yang benar-benar memperjuangkan dunia untuknya, berdiri di sisinya, dan mendukungnya ketika dia sedang mengalami yang terburuk dalam hidupnya.

12. "Aku tidak menangis karena kamu; kamu tidak layak. Aku menangis karena khayalanku tentang siapa dirimu hancur oleh kebenaran tentang siapa dirimu." - Steve Maraboli

13. "Ketika seseorang mengkhianati Anda, itu adalah cerminan dari karakter mereka, bukan karakter Anda."

14. "Salah satu pelajaran tersulit dalam hidup adalah membiarkan pergi. Apakah itu rasa bersalah, kemarahan, cinta, kehilangan atau pengkhianatan. Mengubah tidak pernah mudah. Kita berjuang untuk bertahan dan kita berjuang untuk membiarkan itu pergi. Jika kau terluka sampai itu menghancurkan jiwamu menjadi berkeping-keping, perspektifmu dalam hidup pasti akan berubah, dan tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat menyakitimu lagi." - Mareez Reyes

15. "Waspadalah terhadap orang yang menikammu dan kemudian memberitahu dunia bahwa mereka berdarah!" - Jill Blakeway

16. "Maafkan diri Anda atas kebutaan yang menempatkan Anda di jalan orang-orang yang mengkhianati Anda. Terkadang, hati yang baik tidak melihat yang buruk."

17. "Ketika Anda menyadari bahwa Anda telah dikhianati secara mendalam, rasa takut benar-benar mengenai Anda. Itulah yang pertama kali Anda rasakan. Kemudian, kemarahan dan frustrasi. Kemudian, kekecewaan." - José N. Harris

18. "Beberapa orang rela mengkhianati persahabatan bertahun-tahun hanya untuk mendapat sedikit sorotan." - Lauren Conrad

19. "Bahkan orang-orang yang mengkhianatimu adalah bagian dari rencana."

20. "Terkadang orang-orang terdekat Anda mengkhianati Anda, dan rumah Anda bukan tempat Anda bisa bahagia lagi." - Kristin Cast

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Pengkhianatan

21. "Pengkhianatan begitu emosional karena tindakan pengkhianatan itu melanggar perjanjian inti pasangan - janji untuk saling menjaga dan mempertahankan satu sama lain dengan aman."

22. "Musuh yang jujur lebih baik daripada teman palsu. Ketika dalam keraguan, beri perhatian lebih pada apa yang dilakukan orang dan lebih sedikit pada apa yang mereka katakan. Tindakan tidak hanya berbicara lebih keras daripada kata-kata, itu lebih sulit untuk dipalsukan." - Nol Dean

23. "Musuh yang jujur selalu lebih baik daripada teman yang berbohong. Kurangi perhatian pada apa yang dikatakan orang dan perhatikan lebih pada apa yang mereka lakukan. Tindakan mereka akan menunjukkan kebenaran kepada Anda."

24. "Perasaan terburuk di dunia adalah mengetahui Anda telah digunakan dan dibohongi oleh seseorang yang Anda percayai."

25. "Mengkhianati seorang teman, dan kamu akan sering menemukan dirimu sendiri telah hancur." - Aesop

26. "Cinta datang kepada mereka yang masih berharap setelah kekecewaan, yang masih percaya setelah pengkhianatan, dan yang masih mencintai setelah mereka terluka."

27. "Hidup bukan tentang siapa yang nyata di depan Anda, ini tentang siapa yang nyata di belakang Anda."

28. "Sulit untuk memercayai seseorang ketika satu-satunya orang yang benar-benar Anda percaya adalah orang yang kemudian benar-benar mengkhianati Anda."

28. "Pengkhianatan yang sebenarnya adalah mengabaikan dirimu sendiri."

29. "Tidak ada yang lebih buruk dari mengkhianati dirimu sendiri."

30. "Saya menyesal membuka diri untuk beberapa orang, mereka tidak pantas untuk mengenal saya seperti itu."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Pengkhianatan

31. "Diam adalah teman sejati yang tidak pernah mengkhianati." - Konfusius

32. "Saya cukup dewasa untuk memaafkan Anda, tetapi saya tidak cukup bodoh untuk memercayai Anda lagi."

33. "Pengkhianatan adalah hal biasa bagi manusia yang tidak memiliki hati nurani." - Toba Beta

34. "Rasa sakit terburuk di dunia melampaui fisik. Lebih jauh dari rasa sakit emosional lainnya yang dapat dirasakan. Dan itu adalah pengkhianatan seorang teman." - Heather Brewer

35. "Lebih mudah memaafkan musuh daripada memaafkan seorang teman." - William Blake

36. "Agar ada pengkhianatan, harus ada kepercayaan terlebih dahulu." - Suzanne Collins

37. "Harga diri terus membuatnya berlari ketika cinta telah mengkhianatinya." - Susan Elizabeth Phillips

38. "Aku tidak begitu yakin mengapa. Tetapi... apakah kamu berhenti mencintai seseorang hanya karena mereka mengkhianatimu? Aku kira tidak. Itulah yang membuat pengkhianatan itu sangat menyakitkan - rasa sakit, frustrasi, kemarahan... dan aku masih mencintainya. Masih mencintainya." - Brandon Sanderson

 

Sumber: Quoteambition

Video Populer

Foto Populer