Sukses


10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan: Cegah Kanker hingga Atasi Masalah Jerawat

Bola.com, Jakarta - Beberapa tahun terakhir, daun binahong kerap menjadi bahan pembicaraan karena manfaatnya. Meski asing di telinga kita, ternyata daun ini memiliki banyak manfaat.

Daun binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Daun berbentuk hati ini dikenal dengan nama Madeira vine dalam bahasa Inggris.

Daun binahong mampu dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Daun ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan tropis di Amerika Serikat.

Daun ini tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Di Indonesia sendiri daun binahong biasa disebut gendola.

Daun binahong memiliki banyak khasiat seperti memiliki beberapa kandungan, seperti total fenol, protein, sifat antioksidan, zat besi, kalsium, kalium, vitamin A hingga vitamin C. Untuk mendapatkan khasiatnya, mudah dan praktis.

Cukup rebus daun binahong dan minum ekstraknya. Perlu ditekankan bahwa daun ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan oba reset dokter.

Berikut manfaat dari daun binahong ini dapat kita gunakan untuk kesehatan tubuh, dirangkum dari Sehatq dan Good Doctor, Minggu (9/8/2020).

2 dari 6 halaman

Cegah Kanker

1. Mengobati luka bakar

Penelitian pada 2017 daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat. Luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit.

Selain itu, antioksidan pada daun ini akan dengan cepat menutup jaringan luka dan kandungan antiseptiknya pun akan mencegah infeksi pada kulit. Cukup haluskan daun binahong dan aplikasikan pada permukaan kulit yang terluka.

2. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi daun binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Daun binahong memiliki kandungan saponin yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kamu dapat mengambil beberapa helai daun binahong, kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu agar terasa lebih enak.

Konsumsilah ramuan ini sebanyak dua kali sehari.

3. Mencegah kanker

Manfaat daun binahong selanjutnya bagi kesehatan mampu membantu mencegah kanker. Penyakit kanker menjadi salah satu momok paling mengkhawatirkan di dunia.

Sebagai tanaman yang mudah tumbuh di wilayah Indonesia, kamu bisa mengonsumsi daun binahong sebagai bentuk pencegahan terhadap berbagai jenis kanker. Pasalnya, daun binahong tinggi akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

Selain itu, daun binahong sangat baik untuk memberi perlindungan dari sel kanker dengan cara melawan radikal bebas.

3 dari 6 halaman

Mengobati Maag

4. Mengatasi masalah ginjal

Ginjal sebagai organ utama dalam proses ekskresi tubuh, seperti menyaring urin. Jika terjadi masalah dalam ginjal, pasti akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Mengonsumsi daun binahong mampu mengatasi masalah pada ginjal. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu bisa merebus 10 hingga 15 lembar daun binahong.

Minum air rebusannya secara teratur.

5. Mengobati maag

Jika kamu memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh, daun binahong bisa menjadi solusi terbaiknya. Mengonsumsi daun binahong dapat mengendalikan asam lambung agar tetap terkendali dan tidak naik yang menyebabkan maag kambuh.

Kamu dapat minum jus binahong atau air rebusan binahong secara teratur.

6. Mengatasi hemorhoid

Daun binahong selanjutnya ialah mampu mengatasi hermoroid. Hemprhoid merupakan penyakit yang menyerang pembuluh darah bagian bawah, lebih tepatnya anus.

Mengonsumsi air rebusan daun binahong sebanyak tiga gelas sehari bisa berguna meringankan sakit yang disebabkan penyakit ini.

4 dari 6 halaman

Atasi Anemia

7. Mengobati asam urat

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat.

Apabila kamu merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong. Hal ini dipercaya dapat mengobati asam urat.

8. Mengatasi anemia

Daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia. Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal.

5 dari 6 halaman

Menghilangkan Jerawat

9. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah masalah universal yang kerap mengganggu penampilan, khususnya kecantikan wajah. Menggunakan masker yang terbuat dari daun binahong mampu mengatasi masalah yang satu ini.

Kandungan antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

10. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan, seperti lutein, vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan zeaxanthin yang ada di dalam daun binahong mampi  memberi perlindungan pada organ dan kulit kamu dari radikal bebas. Kandungan kedua vitamin tersebut yang cukup tinggi akan membantu kulitmu menjadi lebih elastis.

Selain itu, mampu meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini.

 

Sumber: Sehatq, Good Doctor

6 dari 6 halaman

Video

Jelang Restart Shopee Liga 1 2020, Jangan Lewatkan Half Time Show Live Senin 28 September

Video Populer

Foto Populer