Sukses


9 Manfaat Daun Bidara, Obat Berbagai Penyakit

Bola.com, Jakarta - Di Indonesia, daun bidara dikenal sebagai tanaman yang ampuh dan berkhasiat mengusir sihir dan jin. Namun, tanaman yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini juga telah lama dijadikan sebagai bahan obat herbal karena berbagai kandungannya yang bermanfaat untuk tubuh.

Tanaman ini berasal dari Timur Tengah dan telah menyebar ke berbagai wilayah tropis dan subtropis.

Daun bidara dan air rebusannya banyak memiliki khasiat. Anda bisa meminum air rebusan daun bidara untuk mendapatkan manfaatnya.

Tanaman ini dikenal pula dengan nama jujube. Sementara di China dan India, daun bidara dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan alternatif tanpa efek samping.

Daun bidara memiliki karakteristik berwarna hijau, memiliki bentuk elips, dan biasa tumbuh sekitar 6-15 meter.

Tumbuhan yang satu ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat, seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri. Selain itu, terdapat sifat antioksidan dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan, dirangkum dari Dokter Sehat dan Good Doctor, Senin (10/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan

1. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat pertama dari daun bidara, yakni dapat menurunkan kadar gula darah. Meminum air rebusannya secara rutin mampu mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula untuk menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes.

Selain itu, daun bidara sangat efektif untuk mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam daun bidara mampu mengatur sistem perlindungan terhadap produksi insulin dan melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

2. Melindungi tubuh dari penyakit berbahaya

Daun bidara bisa menjadi pilihan dalam pengobatan alternatif. Kandungan fenolat yang ada dalam daun bidara terbukti dapat bertindak sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antijamur, dan mencegah timbulnya tumor.

3. Menghilangkan jerawat

Munculnya jerawat tentu sangat mengganggu penampilan. Daun bidara dipercaya mampu membersihkan dan juga menjaga kesehatan kulit, termasuk jerawat.

Caranya, dengan menghaluskan beberapa lembar daun bidara yang telah dicuci bersih, lalu dioleskan pada wajah yang berjerawat. Sama seperti masker wajah pada umumnya.

Diamkan selama 20 menit hingga mengering dan gunakan sebanyak tiga sampai empat kali seminggu selama dua bulan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan

4. Mengatasi wasir

Manfaat selanjutnya dari daun bidara adalah mampu mengatasi wasir. Walau buka penyakit yang mematikan, wasir bisa membuat pengidapnya tersiksa, apalagi ketika harus banyak duduk.

Untuk mengatasi hal ini, cukup minum air rebusan dari daun bidara secara rutin setiap hari. Selain itu, aplikasikan juga daun bidara di area anus yang membengkak.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Daun bidara mampu mempercepat penyembuhan luka, seperti lecet, tergores, dan luka akibat terjatuh. Hal ini karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik untuk membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Berbagai lukas seperti dapat disembuhkan dengan daun bidara ini. Untuk mengaplikasikannya, cukup campurkan bubuk tersebut dengan sedikit air hingga campuran tersebut berubah menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pada bagian yang terluka.

6. Menyembuhkan berbagai masalah pencernaan

Daun bidara sangat baik digunakan sebagai solusi berbagai masalah pencernaan, terutama maag. Hal ini karena daun biadara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung.

Selain itu, daun bidara mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan yang bisa mencegah menimbulkan risiko terjadinya infeksi pada saluran. Cukup minum ramuan air rebusan daun bidara secara rutin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan

7. Menyehatkan mulut

Daun yаng sаtu ini mаmрu mеnjаgа kesehatan mulut dаri bеrbаgаi mаcаm infеksi. Mulut yаng tidаk sеhаt ditаndаi dеngаn timbulnyа sаriаwаn dаn bibir yаng реcаh-реcаh.

Untuk mеngаtаsinyа, Anda bisа mеnggunаkаn manfaat dari daun bidara yang mampu menghalau bakteri yang menetap di dalam mulut.

8. Mengobati flu

Flu yang disebabkan oleh virus dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara. Kandungan antibakteri yang ada dalam daun bidara mampu mengobati bebagai virus dan bakteri.

Selain flu biasa, daun bidara dipercaya mampu menyembuhkan flu burung.

9. Menghilangkan depresi

Depresi membuat perasaan tidak tenang. Beragam faktor pemicu timbulnya depresi, seperti pekerjaan, hubungan percintaan, hingga urusan rumah tangga.

Daun bidara mampu menghilangkan depresi. Minum air rebusan daun bidara bisa membuat Anda menjadi rileks.

 

Sumber: Dokter Sehat, Good Doctor

Video Populer

Foto Populer