Sukses


Rasakan 6 Manfaat Ini dengan Rutin Minum Air Hangat

Bola.com, Jakarta - Banyak di antara kita yang lebih suka mengonsumsi air dingin atau air bersuhu normal ketimbang air hangat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, minum air hangat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti diketahui, air merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Apakah itu untuk dikonsumsi atau untuk memenuhi kebutuhan lainnya. 

Manusia membutuhkan setidaknya 7-8 gelas air per hari, terutama air putih. Namun, di masa modern seperti sekarang, banyak orang sulit untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pasalnya, ada saja godaan sehingga melupakan konsumsi air putih. Banyak yang lebih memilih mengonsumsi air teh, kopi, minuman bersoda, hingga minuman kekinian yang belakangan makin menjamur.

Perlu diketahui, konsumsi jenis minuman seperti itu tidaklah sama dengan konsumsi air putih. 

Nah, mulai sekarang cobalah untuk rutin minum lebih banyak air putih, terutama yang bersuhu hangat. Hal ini karena minum air hangat memiliki manfaat lebih banyak bagi kesehatan daripada air putih dingin.

Ingin tahu manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dengan rutin mengonsumsi air putih hangat?

Berikut ini beberapa manfaat minum air hangat, seperti disadur dari Fimela, Jumat (14/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

1. Mampu meredakan keram perut saat menstruasi

Air hangat memiliki manfaat untuk meredakan keram perut saat menstruasi. Anda bisa menambahkan biji jintan ke dalam air hangat dan meminumnya saat menstruasi. Suhu hangat dari air bisa meredakan efek akibat otot perut penyebab keram.

2. Untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

Air hangat bermanfaat untuk menyembuhkan badan meriang, batuk, dan sakit tenggorokan. Air hangat mampu melarutkan dahak dengan mudah sehingga batuk bisa mereda lebih cepat.

3. Mampu mendetoksifikasi racun dalam tubuh

Untuk Anda yang punya masalah pencernaan dan ingin menghilangkan segala racun dalam tubuh, air hangat bisa membantu dengan meminumnya setiap pagi dan malam hari. Ketika Anda minum air hangat, suhu tubuh akan meningkat dan menimbulkan keringat yang mampu mengeluarkan racun dan membersihkannya dalam tubuh. 

4. Membantu menurunkan berat badan

Apakah Anda saat ini menjalani diet? Air hangat bisa membantu Anda agar diet lebih lancar. Air hangat bisa memperlancar metabolisme dalam tubuh dan membakar jaringan lemak dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sulit buang air besar atau sembelit? Biasakan untuk minum segelas air hangat di pagi hari, saat perut dalam keadaan kosong. Kebiasaan baik ini bisa membantu membersihkan sistem pencernaan dengan menimbulkan kontraksi sehingga Anda ingin buang air besar.

Air putih hangat juga membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar sehingga buang air besar juga akan lebih rutin, tanpa rasa mulas dan sembelit.

6. Memberikan vitamin alami rambut

Air hangat juga bagus untuk membuat rambut lebih halus dan berkilau. Air hangat mampu memperkuat akar rambut, memberikan vitamin alami, dan menjaga kesehatan rambut.

 

Sumber asli: Womenshealthmag, Stylecraze

Disadur dari: Fimela.com (Published: 10/8/2018)

Video Populer

Foto Populer