Sukses


9 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh: Menu Diet hingga Pencegah Penyakit Stroke

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan pisang? Pisang adalah buah sehat dan lezat yang dikenal luas di Indonesia.

Anda mudah mendapatkan pisang di mana-mana dan harganya pun murah. Pisang punya segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Buah yang tidak kenal musim ini bercita rasa manis. Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, mineral magnesium, serta kalium atau potasium.

Selain itu, pisang juga kaya akan antioksidan, tembaga, mangan, dan zat gizi lainnya. Sebagian orang mengonsumsi buah pisang sebagai pengganti makan dan menjadi superfood.

Buah yang bisa membuat kenyang lebih lama ini pun banyak dikonsumsi para atlet. Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Cari tahu juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut sederet manfaat pisang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Healthline, Minggu (16/8/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kadar gula darah

Manfaat pertama dari pisang baik untuk pencernaan dan mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan pektin dan pati resisten.

Pektin dan pati resisten dapat mencegah gula darah melonjak setelah makan. Selain itu, pisang juga mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

Pisang juga memiliki kadar indeks glikemik rendah. Ini berarti pisang tidak menyebabkan gula darah orang sehat.

Namun, hati-hati dengan penderita diabetes tipe 2. Kadar gula pisang matang cukup tinggi.

2. Mengontrol berat badan

Pisang mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Terbukti dengan melakukan diet empat buah pisang dan empat gelas susu non-lemak atau susu cair per hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Selain itu, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan dan membuat kulit wajah tidak berminyak serta bersih.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

3. Menjaga kesehatan jantung

Pisang mengandung potasium yang baik untuk menunjang kesehatan jantung Anda. Potasium merupakan elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung Anda.

Selain itu, kandungan sodium yang tinggi dalam pisang juga dapat membantu melindungi sistem kerja jantung dan mencegah jantung dari penyakit kardiovaskular.

4. Terhindar dari penyakit kanker

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi tubuh dari kanker ginjal. Sebuah studi pada 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen.

Hal ini membuat pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif mengurangi risiko kanker ginjal. Selain itu, mengonsumsi empat hingga enam buah pisang dalam sepekan bisa mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal.

Pasalnya, pisang memiliki kadar kandungan fenolik antioksidan yang tinggi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

5. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya wortel yang memiliki khasiat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Buah berwana kuning ini juga memiliki manfaat sejenis.

Pisang memiliki kandungan vitamin A yang bisa menjaga selaput di sekitar mata dan protein yang bisa membawa cahaya ke kornea mata. Hal ini juga dapat membantu mencegah degenerasi makula, kondisi yang membuat penglihatan kabur karena penuaan.

6. Baik bagi pencernaan

Pernah mendengar istilah flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan? Jika Anda pernah mendengar atau mengalaminya, pisang merupakan pilihan yang tepat untuk menenangkan masalah perut.

Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna. Pisang juga memiliki kandungan kalium yang bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda.

Selain itu manfaat pisang bagi pencernaan adalah meringankan masalah morning sickness yang dialami ibu hamil dan membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan serat dan kaya akan kandungan vitamin B6 guna mengurangi masalah mual dan muntah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan stamina olahraga

Buah yang bisa membuat kenyang lebih lama ini pun banyak dikonsumsi para atlet. Sebuah penelitian menunjukkan pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Bahkan, pisang diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami. Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang.

Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya.

8. Menurunkan risiko stroke

Kalium yang terkandung dalam pisang dapat membantu menurunkan risiko stroke. Dari sebuah penelitian diketahui wanita pasca-menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

9.  Mengurangi risiko maag

Pisang bisa dijadikan camilan sehat bagi penderita maag. Antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung.

Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin dipercaya bisa membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

 

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer