Sukses


10 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui, Jangan Dibuang Begitu Saja

Bola.com, Jakarta - Pisang merupakan buah yang cukup digemari banyak orang. Selama ini banyak orang melihat pisang hanya bisa dimanfaatkan dagingnya.

Pisang adalah buah yang mengandung akan serat, tinggi protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan, potasium, riboflavin, folat, niasin dan zat besi. Kebanyakan orang membuang kulitnya begitu saja setelah mengonsumsi dagingnya.

Kulit pisang sering kali dibuang karena dianggap tidak bermanfaat dan hanya menjadi limbah sampah organik saja. Selain memanfaatkan daging buahnya, tahukah Anda bahwa kulitnya juga berguna untuk kesehatan?

Kulit pisang mengandung antioksidan, dan mineral, seperti vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium, potasium, dan mangan, yang membuatnya menjadi bahan alami yang bagus untuk membantu kesehatan kulit Anda. Kulit pisang bisa diolah atau digunakan secara langsung untuk dimanfaatkan bagi tubuh kita.

Tak heran buah pisang dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan kecantikan. Sayang, masih banyak yang belum mengetahui manfaat kulit pisang, dan langsung membuangnya.

Kini lebih baik pertimbangkan kembali hal tersebut. Kira-kira apa aja sih kegunaan kulit pisang ini?

Berikut beberapa manfaat kulit pisang yang jarang orang ketahui, dirangkum dari Dokter Sehat, Senin (17/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

1. Memutihkan gigi

Manfaat pertama dari kulit pisang adalah bermanfaat untuk mengangkat noda yang ada pada gigi. Kandungan magnesium, potasium, dan mangan yang ada pada kulit pisang bisa membuat gigi Anda putih.

Anda hanya perlu menggosok lembut bagian dalam kulit pisang pada gigi selama 5-10 menit. Lanjutkan dengan menggosok gigi dengan arah memutar, awali dengan sikat gigi kering yang sudah diolesi sedikit pasta gigi.

Lalu akhiri dengan sikat gigi yang sudah dibasahi air. Lakukan hal ini masing-masing selama kurang lebih dua menit. Ulangi minimal sehari sekali dan hasilnya bisa Anda lihat setelah 2 minggu pemakaian.

2. Melembapkan kulit

Kulit pisang dipercaya memiliki khasiat sebagai pelembap alami. Kandungan mineral yang terkandung di dalamnya dimanfaatkan untuk melembapkan kulit wajah sehingga tetap segar, terlihat cemerlang, dan tidak kering.

Caranya mudah, haluskan saja kulit pisang lalu campurkan dengan satu kuning telur omega dan aduk rata. Aplikasikan ke area wajah seperti masker dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Membersihkan jerawat

Manfaat kulit pisang berikutnya adalah dipercaya mampu membersihkan jerawat. Anda hanya perlu memijatkan kulit pisang pada bagian wajah atau bagian tubuh yang berjerawat setiap hari selama lima menit.

Pada umumnya, jerawat akan hilang dalam waktu satu minggu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

4. Mengurangi keriput

Anda bisa menggunakan kulit pisang sebagai bahan masker dengan menambahkan kuning telur untuk membantu kulit tetap terhidrasi sehingga membantu mengurangi keriput. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara teratur selama tiga kali seminggu.

5. Menurunkan kolesterol

Kulit pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut daripada buahnya. Hal ini bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol.

Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat maka otomatis juga mengurangi risiko stroke dan jantung.

6. Pembentukan otot

Manfaat kulit pisang yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuanya untuk membentuk otot. Kandungan kalium dan elektrolit yang ada di dalam kulit pisang dipercaya memiliki kontribusi pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan pengaturan keseimbangan asam-basa di seluruh tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

7. Mencegah kanker

Kulit pisang kaya antioksidan yang bisa digunakan untuk mencegah kanker. Selain itu, senyawa lain yang ada di dalam kulit pisang bisa melindungi sel dari ancaman mutasi, yang biasanya menyebabkan tumor kanker.

Meski begitu, temuan terkait hal ini masih diperlukan penelitian lanjutan.

8. Menjaga kesehatan mata

Satu di antara makanan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata adalah kulit pisang. Kulit pisang memiliki kadar lutien yang tinggi yang bisa didapatkan adalah mengoptimalkan kesehatan mata.

Lutien adalah senyawa yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari. Selain itu, kulit pisang juga bisa membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

9. Meningkatkan sistem kekebalan

Kulit pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Memiliki kandungan yang kaya akan serat, kulit pisang dapat membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar.

Dengan begitu maka proses detoksifikasi tubuh akan berjalan dan sistem kekebalan menjadi lebih baik.

10. Mengobati Psoriasis

Manfaat kulit pisang yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis. Psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas.

Jika sisik ini digaruk akan berakibat pendarahan bintik-bintik yang lumayan sakit. Dalam hal ini, Anda dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada area yang terkena.

Saat penggunaan pertama kulit akan memerah namun akan memudar dengan sendirinya.

 

Sumber: Dokter Sehat

Video Populer

Foto Populer