Sukses


7 Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan, Si Cantik yang Ampuh Atasi Depresi dan Cegah Penuaan Dini

Bola.com, Jakarta - Manfaat bunga telang, mungkin tidak diketahui banyak orang. Bunga yang memilki nama medis Clitoria ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara.

Bunga telang dahulu hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tumbuh di pekarangan. Bunga telang telah dipercaya sejak lama digunakan dalam pengobatan herbal. 

Umumnya, daun bunga telang dikeringkan dan diolah menjadi teh dan sebagai pewarna alami dalam pengobatan Ayuverda dan China. Ketika dikonsumsi sebagai minuman, bunga ini memiliki rasa tawar menyerupai teh hijau tanpa gula.

Selain itu, bunga telang biasanya diolah menjadi bubuk atau pewarna makanan. Bentuk bunganya yang cantik dan kandungan nutrisinya membuat tanaman ini berguna untuk dikonsumsi. 

Jika diibaratkan seperti manusia, bunga telang adalah wanita yang cantik luar dalam. Tak hanya berpenampilan rupawan, tapi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Dikenal juga dengan nama Asian pigeonwings atau butterfly pea flower, ia memiliki warna biru memikat yang bisa membuat taman menjadi lebih hidup dan indah. Warna biru yang dihasilkan bunga telang jika diseduh sebagai minuman, berasal dari zat antioksidan bernama anthocyanins.

Selain itu, warnanya yang indah kerap dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami dan menyehatkan. Bunga telang juga populer dengan sebutan kembang telang atau teleng. 

Tanaman ini diketahui sangat kaya akan kandungan farmakologis, seperti saponin, tanin, triterpenoid, plobatanin, flavonoid, fenol, steroid, alkaloid, antosianin, antrakuinon, flavonol glikosida, minyak esensial dan stigmas-4-ena-3,6-dion.

Bunga telang juga memiliki kandungan fitokimia herbal ini yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikrobial, antisida, antipiretik, analgesik dan bersifat antidiabetik.

Apa sajakah khasiat bunga telang yang bisa kita dapatkan untuk tubuh kita? Berikut sederet manfaat dari bunga telang yang jarang diketahui, dirangkum dari Sehatq dan Dokter Sehat, Minggu (23/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

 1. Meningkatkan fungsi penglihatan

Jika akhir-akhir ini mengalami gangguan kesehatan pada mata Anda yang membuat mata terasa kering dana sedikit kabur, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi teh bunga telang. Hal ini bisa Anda dapatkan karena daun telang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk mata Anda.

Diketahui daun telang memiliki kandungan seperti saponin, flavonoid, alkaloid, oksalat, dan sulfur yang memiliki khasiat luar biasa untuk menjaga indra penglihatan.

 2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bunga telang yang diolah menjadi teh mampu melawan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Khasiat bunga telang telah diuji dan olahan tanaman ini cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang mengalami flu atau pilek.

Mengonsumsi secara teratur teh bunga telang mampu meningkatkan sistem imunitas agar tubuh dapat melawan bakteri jahat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Antiaging

Manfaat selanjutnya dari bunga telang adalah sebagai penangkal radikal bebas yang memperlambat penuaan, terutama memperlambat kerutan di kulit. Bunga telang diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak.

Antioksidan  yang ada di dalam bunga telang berguna sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit dan meningkatkan efek penuaan. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

4. Mengontrol gula darah

Dalam sebuah Journal of Applied Pharmaceutical Science menyatakan bahwa bunga telang terbukti mampu mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar konsentrasi glukosa dalam darah.

Mengonsumsi olahan bunga telang dipercaya bisa menjadi obat alami dalam pengobatan penyakit diabetes. Selain itu, Anda juga harus membarenginya dengan pola makan sehat, yakni menghindari makanan yang ditambahkan gula.

 5. Mencegah Insomnia

Mengonsumsi bunga telang yang dikeringkan dan diolah menjadi teh cocok bagi Anda yang menderita insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. 

Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Bunga telang mampu merangsang produksi dopamin yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan ritual rutin dengan minum teh bunga telang sebelum tidur karena teh ini tidak mengandung kafein.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

6. Meningkatkan daya ingat

Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin, dalam otak. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

7. Meringankan depresi

Bunga telang memiliki sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol yang ada di dalam tanaman ini. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental Depresi.

 Asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.  Selain itu, kandungan asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).

Kandungan ini memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

 

Sumber: Sehatq, Dokter Sehat

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer