Sukses


8 Manfaat Mengkudu, Buah Ajaib untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Mengkudu atau Morinda citrifolia disebut juga buah noni. Mengkudu berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik hitam, serta memiliki rasa yang pahit.

Mengkudu merupakan buah-buahan yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Mengkudu juga dikenal mengeluarkan bau yang menyengat, banyak yang menilai mengkudu punya bau tak sedap. Meski penampilannya kurang menggoda selera, ada banyak manfaat baik mengkudu bagi tubuh.

Sebagian masyarakat meyakini buah mengkudu dapat mengobati berbagai macam penyakit. Kini, banyak produk obat-obatan herbal yang mengandalkan ekstrak buah satu ini.

Berbagai manfaat mengkudu, di antaranya dapat meredakan pilek, flu, diabetes, hingga tekanan darah tinggi.

Mengkudu kaya vitamin C yang sanggup membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menangkal radikal bebas. Mengkudu juga satu di antara buah yang kaya antioksidan, vitamin A, vitamin B3, dan zat besi.

Cara mendapatkan manfaat mengkudu biasanya dengan mengolahnya menjadi jus atau mengonsumsi ekstraknya, yang diyakini sebagai minuman ajaib.

Berikut manfaat mengkudu untuk kesehatan, seperti dirangkum dari Healthline, Selasa (25/8/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi.

Mengonsumsi jus mengkudu dipercaya mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Selain itu, kandungan antioksidan pada mengkudu memiliki khasiat melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Penelitian yang dilakukan di Jepang menyatakan mengkudu dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh stres.

Mengonsumsi mengkudu juga membantu memerangi masalah terkait lainnya, seperti stres, kecemasan, dan dapat membantu dalam pengobatan depresi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Mengkudu memiliki khasiat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti peradangan kronis.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam mengkudu dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi. Mengonsumsi mengkudu selama 30 hari dua kali sehari menunjukkan hasil penurunan kolesterol.

Hasil ini menunjukkan efek penurun kolesterol dari mengonsumsi mengkudu hanya berlaku untuk perokok berat. Masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang mengkudu dan kolesterol.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan

3. Kaya akan antioksidan

Mengkudu merupakan satu di antara buah sumber antioksidan yang tinggi. kandungan antioksidan yang ada dalam mengkudu dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas berbahaya bagi tubuh jika jumlahnya terlalu banyak dan dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

4. Antimikroba

Manfaat selanjutnya dari mengkudu, yakni sebagai obat alami pencegah penyakit yang berhubungan dengan bakteri. Mengkudu memiliki kandungan kopoletin dan anthraquinon yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan sebagai antijamur.

Kandungan ini berguna untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Hal inilah menjadi alasan yang membuat mengkudu dapat berkhasiat sebagai antibakteri, antialergi dan antiradang.

Selain itu, lewat kandungan alkaloidnya sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan

5. Mengatasi demam

Mengkudu bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi demam. Mengkudu memiliki kandungan antivirus yang dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk.

Mengonsumsi jus mengkudu secara teratur bisa selalu menjaga kesehatan tubuh. Meski memiliki rasa yang pahit dan berbau tajam, Anda pastinya tidak akan rugi bila mengonsumsi buah ini.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jika Anda menderita pencernaan yang lambat atau buang air besar yang lambat, mengkudu dapat memperbaiki keadaan. Mengkudu memiliki kandungan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi yang sangat kaya.

Mengonsumsi ekstrak mengkudu dapat memberikan efek stimulasi pada pencernaan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan

7. Meredakan nyeri bagi penderita Arthritis

Mengkudu memiliki manfaat yang baik bagi penderita radang sendi atau arthritis. Mengonsumsi mengkudu bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi secara efektif, bahkan hingga 60 persen.

Sejak ribuan tahun, mengkudu dipercaya sebagai obat tradisional sebagai efek penghilang rasa sakit akibat radang sendi. Banyak penelitian telah mendukung hal ini.

8. Menghindari stres

Stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stres bisa dipicu oleh penyakit yang diidap.

Mengonsumsi mengkudu diketahui efektif membantu mengatasi stres dan melindungi fungsi kognitif otak. Reaksi kimia akibat stres bisa membahayakan tubuh, hal inilah yang bisa dihindari berkat konsumsi buah ini.

 

Sumber: Healthline

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer