Sukses


9 Manfaat Menyehatkan Daun Singkong: Meningkatkan Nafsu Makan dan Baik untuk Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Singkong atau ketela merupakan tanaman umbi-umbian yang kerap dijadikan pengganti makanan pokok. Menurut Badan Khusus PBB yang menangani masalah pangan dan pertanian, FAO, singkong (Manihot Esculenta Crantz) merupakan sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung.

Singkong memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tak hanya umbinya saja, Daun Singkong juga banyak diolah menjadi berbagai menu masakan.

Daun singkong sering ditemui sebagai sayuran pelengkap nasi padang atau pecel. Rasanya yang sedikit pahit memberi sensasi yang berbeda.

Daun singkong mengandung berbagai zat yang efektif mencegah berbagai macam penyakit. Daun singkong sangat kaya nutrisi, bahkan melebihi tanaman lain seperti bayam. Daun singkong memiliki kandungan protein yang tinggi serta kaya serat.

Daun singkong juga mengandung vitamin B1, B2, C, karotenoid, dan mineral lainnya, seperti fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium.

Hanya, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara mentah. Sebab, daun dan akar singkong memiliki kandungan sianida yang berbahaya bagi tubuh.

Lantas apa saja manfaat dari daun singkong untuk kesehatan? Berikut sederet manfaat daun singkong yang bisa Anda dapatkan, dirangkum dari HealthBenefitsTimes, Rabu (26/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan

1. Mencegah penuaan dini

Daun singking bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Hampir setiap orang ingin nampak awet muda, terutama para wanita.

Daun singkong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bahkan disebut juga sebagai sumber antioksidan.

Kandungan antioksidan ini yang dipercaya bisa mencegah penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik karena usia, dan lainnya. Jika Anda termasuk orang yang ingin tetap terlihat lebih muda dari usia, konsumsilah daun singkong.

2. Sumber tenaga

Selain sebagai sumber antioksidan, daun singkong dipercaya sebagai sumber tenaga atau energi yang bermanfaat untuk manusia. Daun singkong memiliki berbagai macam protein.

Kandungan seperti asam amino yang terdapat pada daun singkong bisa membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, sangat rentan terserang berbagai penyakit. Tubuh memerlukan sistem imunitas yang kuat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda bisa mengonsumsi daun singkong. Daun singkong diketahui memiliki kandungan asam folat dan vitamin C.

Kedua kandungan ini berperan penting menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam daun singkong mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat membantu tubuh mencegah berbagai macam penyakit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan

4. Mengatasi anemia

Bagi Anda yang memiliki penyakit anemia, sebaiknya mengonsumsi daun singkong. Anemia merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah.

Anemia dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah, pusing hingga nyeri dada. Satu di antara cara yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi daun singkong sebagai obat herbal atasi penyakit ini.

Perlu diketahui, daun singkong kaya kandungan zat besi. Kandungan zat besi ini berfungsi untuk membantu mengatasi penyakit anemia.

5. Mengatasi rematik

Mengonsumsi daun singkong secara rutin dan teratur dapat berfungsi meredakan rematik atau peradangan sendi. Pasalnya, daun singkong memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

Rematik atau peradangan sendi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri.

Gejala paling umum yang dirasakan saat mengalami rematik, yaitu adanya rasa nyeri sendi, kaku, hingga bengkak. Rematik apabila tidak segara diatasi dapat menimbulkan gangguan pada kulit, paru-paru hingga jantung.

6. Meningkatkan nafsu makan

Jika Anda merasa kesulitan untuk meningkatkan berat badan karena tidak memiliki nafsu makan yang baik, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun singkong. Daun singkong dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan.

Mengonsumsi daun singkong bisa membantu Anda memiliki nafsu makan yang baik sehingga bisa menaikkan berat badan dengan lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan

7. Mengatasi stroke

Daun singkong dipercaya memiliki manfaat mengatasi stroke. Hal ini dikarenakan daun singkong mengandung isoflavon.

Stroke bisa menyerang banyak orang dewasa kapan saja tanpa mengenal jenis kelamin. Kandungan isoflavon yang terdapat dalam daun singkong mampu mengobati penyakit ini dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang merupakan penyebab stroke.

8. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Ibu hamil bisa memanfaatkan daun singkong. Daun singkong memiliki khasiat penting bagi perkembangan janin dalam kandungan lantaran memiliki kandungan asam folat dan vitamin C yang cukup tinggi.

Selain itu, mengonsumsi daun singkong bisa membantu mengatasi anemia pada ibu hamil karena memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

Ibu hamil adalah kelompok orang yang cenderung memiliki masalah anemia. Hal ini disebabkan oleh fisiologis kehamilan.

9. Mengobati cacingan

Manfaat selanjutnya dari daun singkong adalah bisa menjadi obat cacing herbal. Kandungan yang ada dalam daun singkong bisa menghancurkan cacing yang merugikan kesehatan tubuh, terutama terkait masalah pencernaan.

 

Sumber: HealthBenefitsTimes

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer