Sukses


7 Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil dan Janin

Bola.com, Jakarta - Pisang merupakan satu di antara jenis buah populer di Indonesia. Buah dengan tekstur yang lembut ini bisa dikonsumsi semua orang, mulai balita, anak-anak, dewasa, dan para lansia.

Buah pisang mudah sekali ditemukan baik di pasar tradisonal maupun supermarket. Bahkan ada beberapa masyarakat yang menanam pohon pisang di pekarangan atau halaman rumah.

Pisang mengandung banyak zat baik bagi tubuh, mulai mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak baik, kalsium, zat besi, fosfor, dan lain sebagainya.

Buah yang satu ini memiliki daging lembut dan mudah dicerna. Pisang mengandung gula sederhana seperti fruktosan dan sukrosa sehingga akan otomatis mengisi energi saat mengonsumsinya.

Buah pisang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini bisa menyehatkan tubuh sang ibu dan anak.

Berikut ini penjelasan manfaat pisang untuk kesehatan ibu hamil dan janin, dikutip dari SehatQ, Kamis (27/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil dan Janin

1. Menambah asupan zat besi

Terkadang kekurangan zat besi rentan menyebabkan anemia. Padahal bagi ibu hamil, janin harus mendapat aliran darah yang lancar untuk menjamin kesehatannya.

Pisang mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh serta mengatasi anemia saat kehamilan. Hal ini berarti pisang dapat membantu menjaga penghantaran nutrisi dan oksigen yang krusial bagi ibu hamil.

2. Meredakan morning sickness

Trimester pertama kehamilan bisa jadi terasa melelahkan, terutama bagi yang terus menerus merasakan morning sickness. Meski disebut sebagai morning sickness, kenyataan tidak hanya terjadi di pagi hari saja.

Rasa tidak nyaman yang ditandai mual, muntah, atau lemas ini bisa terjadi kapan saja.

Ibu hamil yang kerap merasakan morning sickness bisa memilih pisang karena kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 dapat meredakan gejala morning sickness secara signifikan.

3. Mencegah kelahiran premature

Kelahiran prematur hingga cacat lahir bawaan adalah momok bagi ibu hamil. Satu di antara substansi yang mencegah kelahiran prematur dan cacat lahir bawaan adalah asam folat.

Asam folat berperan dalam pembentukan otak serta sumsum tulang belakang bayi. Pisang sangat tinggi akan asam folat dan dapat mencegah masalah, seperti kelahiran prematur hingga cacat lahir bawaan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil dan Janin

4. Saluran cerna lebih lancar

Kandungan serat dalam buah pisang sangat baik untuk pencernaan ibu hamil. Tak hanya itu, manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat membuang zat sisa karena mencegah terjadinya konstipasi atau buang air besar tidak lancar.

Disarankan untuk mengonsumsi buah pisang satu kali sehari untuk menjaga lancarnya pencernaan, termasuk urusan ke toilet.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Memang ada paracetamol yang aman untuk dikonsumsi bila perlu. Namun, jika bisa menjaga kekebalan tubuh dan tetap sehat, kenapa tidak? Buah pisang yang kaya akan vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik.

Mengonsumsi pisang secara berkala dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

6. Menambah energi

Jika Anda merasa lesu saat sedang hamil, coba konsumsi buah pisang. Bisa dibilang pisang adalah sumber energi instan berkat kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan itu pula yang membuatnya terasa manis.

7. Meredakan stres

Wajar bumil merasa stres karena ada begitu banyak perubahan yang dialaminya, mulai bentuk tubuh berubah, hormon berantakan, memikirkan persalinan, dan banyak lagi pemicunya.

Terkait hal itu, manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya yang juga sayang dilewatkan adalah meredakan stres. Apalagi, pisang juga dapat mengurangi rasa cemas berlebih.

 

Sumber: SehatQ

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer