Sukses


8 Manfaat Daun Kersen bagi Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan

Bola.com, Jakarta - Mungkin belum banyak yang mengetahui jika semua bagian dari pohon kersen dapat dimanfaatkan, termasuk bagian daun kersen.

Padahal, pohon kersen atau talok sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanaman kersen (Mutingia calabura L) atau juga dikenal sebagai tanaman seri, sering dijumpai di taman maupun pinggir jalan.

Pemanfaatan daun kersen untuk obat-obatan masih minim, kendati daun kersen terbukti memiliki kadar serat dan karbohidrat yang lebih tinggi serta vitamin A dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain itu, daun kersen memiliki kandungan fitokimia flavonoid yang terdiri dari berbagai jenis, seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan. Senyawa kimia lainnya yang terdapat pada daun kersen adalah tannin, triterpene, dan polifenol.

Secara umum, daun kersen berguna sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflasmasi. Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Daun kersen sudah dikenal sejak lama ampuh mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Alih-alih hanya mengonsumsi buahnya, kini cobalah mengonsumsi daunnya. Daun kersen ternyata jauh lebih ampuh sebagai obat herbal ketimbang buahnya. 

Berikut manfaat daun kersen yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, dirangkum dari Health, Selasa (1/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kersen bagi Kesehatan

1. Mengobati sakit kepala

Daun kersen diketahui memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Manfaat daun kersen yang paling mencolok dihasilkan oleh kandungan senyawa kimianya yang beragam, seperti flavonoid, tannin, triterpenoid, saponin, dan polifenol.

Beberapa zat tersebut dapat bertindak sebagai antikosidatif dan antimikroba yang berfungsi efektif meringankan sakit kepala. Untuk mendapatkan manfaat dari daun kersen ini cukup mudah.

Rebus 10 lembar daun kersen ke dalam air 200 ml sekitar 15 menit, lalu saring dan minum ramuan ini secara rutin hingga sakit kepala mereda.

2. Mengontrol gula darah

Daun kersen memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah. Kandungan flavonoid dan saponin pada daun kersen bertindak sebagai antioksidan.

Hal ini membuat kedua kandungan tersebut berperan sebagai insulin alami, yang diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol kadar gula darah, terutama pada pengidap diabetes.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kersen bagi Kesehatan

3. Mengatasi peradangan

Mengonsumsi air rebusan daun kersen efektif mengatasi panas dalam, nyeri pada tubuh maupun sariawan. Manfaat ini didapat karena kandungan vitamin C pada daun kersen yang berguna untuk membantu mengatasi sakit radang.

Kandungan antiinflamasi yang terdapat pada kersen berfungsi efektif untuk melawan bakteri yang dapat menimbulkan peradangan pada tubuh. Tidak hanya itu, ekstrak kersen juga dapat membantu mengurangi nyeri pada tubuh.

Cukup dengan mengonsumsi kersen secara rutin dan teratur, hal itu mampu mengatasi peradangan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Daun kersen memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dipercaya bisa mencegah peradangan yang menyebabkan serangan jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan bisa mengatasi otot jantung yang mengalami kerusakan karena kurangnya aliran darah selama serangan jantung.

Selain dipercaya mampu mengurangi peradangan, daun kersen mampu mengurangi nyeri pada tubuh Anda.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kersen bagi Kesehatan

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Beberapa sumber juga mengatakan daun kersen memiliki manfaat untuk darah tinggi. Penyakit darah tinggi bisa memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke.

Mengonsumsi daun kersen memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi kambuh. Cukup dengan mengonsumsi rebusan daun kersen secara rutin, hal ini efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Ekstrak daun kersen ini hanya mampu mencegah tekanan darah, apabila tekanan darah sudah berlanjut dan parah, maka efektivitasnya cenderung mengalami penurunan.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun kersen selanjuttnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daun kersen memiliki kandungan antioksidan dan beragam vitamin yang dapat membantu memelihara tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Kandungan yang ada dalam daun kersen bisa mengurangi kerusakan otot tubuh. Selain itu, dapat mengurangi rasa lelah Anda dengan meminum air rebusan daun kersen.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi ekstrak daun kersen secara rutin dan teratur. Di samping itu, dampingi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kersen bagi Kesehatan

7. Antiseptik dan mengatasi asam urat

Meminum rebusan daun kersen, menjadi pilihan olahan obat herbal untuk tubuh Anda. Daun kersen memiliki kandungan saponin, tannin, dan flavonoid yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri.

Hal ini memungkinkan daun kersen sebagai satu di antara pilihan untuk mencegah perkembangan bakteri pada luka. Kandungan antiseptik dan antibakteri pada daun kersen terbukti bereaksi pada bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus, dan B. Subtilis.

Selain itu, asam urat juga bisa diatasi. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya efektif meredakan dan mengobati asam urat.

8. Antikanker

Manfaat lainnya dari daun kersen adalah sebagai antikanker dan tumor. Kandungan senyawa tanin, saponin, dan flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan satu di antara pemicu kanker.

 

Sumber: Health

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer