Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islam dari Tokoh Terkenal, Penuh Makna dan Menginspirasi

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islam dapat datang dari siapa saja, satu di antaranya dari ucapan tokoh Islam terkenal, yang tentunya memiliki arti dan makna yang mendalam.

Kamu juga bisa menjadikan kata-kata mutiara Islam tersebut sebagai acuan yang akan menuntunmu menuju jalan kebaikan.

Sebagai seorang muslim yang beriman, sudah seharusnya kita memilih jalur yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam menjalani hidup.

Hal itu karena dalam hidup pasti ada masalah, tantangan, dan godaan-godaan yang akan datang. Cara menghadapinya, tergantung caramu dalam memandangnya.

Masalah atau cobaan tersebut terkadang dapat membuatmu menjadi putus asa. Namun, kamu bisa saja belajar melalui pengalaman-pengalaman orang yang pernah mengalaminya.

Sebagai seorang muslim, juga telah diberikan pedoman hidup berupa Al-Qur'an dan hadis yang dapat dijadikan sebagai rujukan saat tertimpa pencobaan.

Selain itu, perkataan tokoh-tokoh Islam terkenal, yang sering berkata bijak tentang kehidupan di dunia dan akhirat, juga dapat dijadikan sebagai pelajaran.

Berikut 30 kata-kata mutiara Islam dari tokoh terkenal, seperti dirangkum dari Mutiara Islam, Kamis (3/9/2020). 

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam dari Tokoh Terkenal

1. "Angin subuh mempunyai rahasia yang ingin disampaikan kepada kita. Janganlah kembali tidur, berikanlah diri kita penghargaan untuk melintasi ambang pintu." (Jalaluddin Rumi)

2. "Wahai siapa saja yang mengeluh tidak bisa tidur di malam hari dan merasa risau dengan nasib buruknya, maka panggilah nama Allah yang Maha suci." (Dr. 'Aidh Al-Qarni)

3. "Keluarkanlah dari sifat-sifat kemanusiaanmu, setiap sifat yang menyalahi penghambaanmu, supaya mudah bagimu menyambut Allah dan mendekat ke hadirat-Nya." (Ibnu Athaillah)

4. "Kegigihanmu dalam mengejar sesuatu yang sudah dijamin untukmu dan kelalaianmu dalam melaksanakan perintah yang dituntut darimu, adalah bukti dari rabunnya mata batinmu." (Ibnu Athaillah)

5. "Menggebunya semangat tak akan mampu menerobos benteng takdir." (Ibnu Athaillah)

6. "Usahamu untuk mengetahui beberapa kekurangan yang ada pada dirimu, lebih baik ketimbang usahamu untuk menyingkap perkara gaib yang tersembunyi darimu." (Ibnu Athaillah)

7. "Tidak ada seorang pun melainkan akan merasakan sedih dan bahagia. Tetapi, jadikanlah kebahagiaan itu sebagai wujud syukur, dan jadikan kesedihan sebagai kesabaran." (Ikrimah)

8. "Orang yang paling menderita adalah yang ingin menjadi selain dirinya, membenci ketentuan yang telah ditakdirkan untuknya, tidak merasa puas dengan rezeki yang telah ada dan senantiasa merasa kurang." (Dr. 'Aidh Al-Qarni)

9. "Salah satu bentuk kesempurnaan nikmat Allah bagi para hamba yang beriman adalah Dia turunkan kesulitan dan bahaya terhadap mereka serta hal-hal yang mendorong mereka meng-esakan-Nya." (Ibnu Taimiyah)

10. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi karena tidak ada apa pun di dunia ini yang abadi." (Imam Syafi’i)

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam dari Tokoh Terkenal

11. "Wahai anak adam, kalian tidak lain hanyalah kumpulan hari, setiap satu hari berlalu maka sebagian dari diri kalian pun ikut pergi." (Hasan Al-Bashri)

12. "Kematian merupakan titian yang bisa mengantarkan seorang kekasih sampai pada Zat yang dicintainya." (Hissan bin Al-Aswad)

13. "Akulah orang yang bakal berangkat dari dunia meninggalkan semua saudara, berjumpa dengan amal buruk. Mereguk gelas kematian, datang menghadap Allah SWT. Namun, aku tak tahu apakah rohku masuk surga kemudian aku bahagia ataukah masuk neraka dan sengsara." (Imam Syafi'i)

14. "Tidak mengganggu bukan termasuk berbuat baik kepada tetangga, akan tetapi berbuat baik terhadap tetangga dengan sabar atas gangguannya." (Hasan Al-Bashri)

15. "Kenalkan rasa kasih sayang dalam hati saudaramu dengan cara memperkenalkannya terlebih dahulu di dalam hatimu." (Muhammad Al-Baqir)

16. "Jadilah orang yang berpikir luas, carilah seribu satu alasan untuk membenarkan perilaku orang yang berbuat buruk kepada kita." (Dr. Aidh Al-Qarni)

17. "Seburuk-buruk bekal menuju alam akhirat adalah permusuhan dengan sesamanya." (Imam Syafi'i)

18. "Renungkanlah diri Anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan Anda karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." (M. Quraish Shihab)

19. "Hidup ini memang pendek, maka jangan diperpendek dengan persoalan. Teman setia memang sedikit, maka jangan diusir dengan hinaan. Musuh memang banyak, maka jangan diperbanyak dengan akhlak yang buruk." (Dr. Aidh Al-Qarni)

20. "Dunia itu hanyalah cita-cita yang sirna, ajal yang berkurang, dan jalan menuju akhirat serta perjalanan menuju kematian." (Umar bin Khattab)

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam dari Tokoh Terkenal

21 "Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." (Imam Ghazali)

22. "Wahai anak Adam, juallah duniamu untuk akhiratmu, niscaya kamu untung di keduanya. Dan janganlah kamu jual akhiratmu untuk duniamu karena kamu akan rugi di keduanya. Singgah di dunia ini sebentar, sedang tinggal di akhirat sana sangatlah panjang." (Hasan Al-Bashri)

23. "Wahai anakku, ambillah harta dunia sekadar keperluanmu saja dan nafkahkanlah selebihnya untuk bekal akhiratmu." (Luqman Al-Hakim)

24. "Jika engkau bertakwa kepada Allah, maka engkau tidak butuh kepada manusia. Sedang apabila engkau takut kepada manusia, mereka tidak dapat memenuhi kebutuhanmu kepada Allah sedikit pun." (Sufyan Ats-Tsauri)

25. "Di antara tanda matinya hati, adalah tidak adanya perasaan sedih atas kesempatan beramal yang engkau lewatkan dan tidak adanya penyesalan atas pelanggaran yang engkau lakukan." (Ibnu Athaillah)

26. "Bila engkau pulang ke alam baka, tidak membawa bekal takwa, kau lihat orang-orang membawanya pada hari perhimpunan. Engkau akan menyesal karena engkau tidak seperti mereka. Mereka mempunyai persiapan, sedang engkau tidak memilikinya." (Ibnu Qayyim)

27. "Orang yang tidak mengetahui nilai nikmat tatkala mendapatkannya, dia akan mengetahui tatkala nikmat itu sudah lepas dari dirinya." (Ibnu Athaillah)

28. "Dua hal yang memutuskan aku dari kelezatan dunia; mengingat Allah dan berdiri di hadapan Allah kelak di hari kiamat." (Ibrahim At-Tamimi)

29. "Perhatikanlah kesantunan seseorang pada saat dia marah dan amanahnya ketika dia berambisi. Apakah kamu bisa tahu kesantunan seseorang jika dia tidak marah dan apakah kamu bisa tahu amanahnya jika dia tidak berambisi." (Abdullah bin Mas'ud)

30. "Carilah ilmu dan hiasilah dia dengan sikap tawadhu dan santun." (Al-Hasan)

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh motivasi dan inspirasi dalam menjalani hidup sesuai ajaran Islam? Yuk, baca juga kata-kata motivasi Islam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer