Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islam tentang Keikhlasan, Membuat Hidup Lebih Ringan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islam tentang keikhlasan dapat dijadikan sebagai amunisi dalam usahamu untuk menjadi pribadi yang.

Kata-kata mutiara Islam tersebut juga dapat memberikanmu pelajaran tentang arti sesungguhnya dari ikhlas, sifat yang harus dimiliki umat muslim dalam kehidupan sehari-hari.

Ikhlas merupakan sebuah kata yang mudah diucapkan, namun sulit untuk dijalankan. Padahal, ikhlas adalah jalan untuk menuju hati yang lebih tenang, penuh rasa syukur, dan hidup yang lebih baik, khususnya ikhlas berserah diri kepada Allah SWT.

Secara etimologi, ikhlas berarti bersih hati, tulus hati. Hal tersebut dapat diartikan segala hal yang kamu lakukan murni bertujuan untuk mencari rahmat dan rida Allah SWT.

Ikhlas menjadi sebuah komitmen yang harus selalu ditancapkan pada setiap diri umat muslim. Dengan menerapkan ikhlas, kamu akan lebih 'ringan' dalam menjalani hidup.

Untuk memberikanmu sebuah dorongan agar menjadi seorang muslim yang memiliki rasa ikhlas , berikut 30 kata-kata mutiara Islam tentang keikhlasan, seperti dilansir dari Mutiara Islam, Kamis (10/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Keikhlasan

1. "Orang yang ikhlas adalah orang yang menyembunyikan perbuatan baiknya sebagaimana ia menyembunyikan perbuatan jahatnya." - Ibn Al-Qayyim

2. "Ikhlas adalah perpaduan antara keinginan dan niat seseorang." - Ibn Al-Qayyim

3. "Hati yang ikhlas dan doa yang tulus adalah dua tentara yang tak terkalahkan." - Ibn Taimiyyah

4. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin."

5. "Orang yang paling ikhlas adalah dia yang paling mencintai Allah dan paling percaya kepada-Nya."

6. "Berbuatlah dengan ikhlas karena Allah Maha Tahu apa yang ada dalam hati."

7. "Tanda pertama dari sebuah keikhlasan adalah keberadaanmu ketika di hadapan banyak orang maupun saat sendiri tidak ada bedanya." - Imam Al-Ghazaly

8. "Kita selalu membersihkan rumah kita saat hendak mengundang seseorang, maka begitu juga kita harus membersihkan hati kita jika ingin mengundang Allah."

9. "Hubunganmu dengan Allah bergantung pada hati yang bersih." - Nouman Ali Khan

10. "Keikhlasan adalah rahasia antara Allah dengan hamba-Nya. Bahkan sang malaikat pencatat tidak mengetahui sedikit pun mengenai itu untuk bisa dituliskannya dalam catatan amal. Setan juga tidak mengetahui sehingga dia tidak bisa merusaknya, nafsu pun tidak menyadari sehingga ia tidak bisa memengaruhinya." - Junayd al-Baghdadi

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Keikhlasan

11. "Keikhlasan bisa membuat amal yang kecil bernilai besar."

13. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

14. "Ikhlas adalah melupakan pujian dari manusia dan hanya terus mencari rida dari Sang Pencipta. Barangsiapa menghiasi dirinya di hadapan manusia dengan sesuatu yang tidak dimilikinya, maka ia telah jauh dari rahmat Allah." - Ibn Al-Qayyim

15. "Belajar tenang karena saya pernah menyesal terburu-buru. Belajar berhenti marah karena saya sering melihat penyesalan karena marah. Belajar ikhlas karena saya tahu Allah Maha Adil. Belajar memulai lagi karena hidup terus berjalan."

16. "Karena hati yang terlukai hanya akan terobati oleh hati ikhlas dan berserah pada ilahi."

17. "Ikhlas itu seperti surat Al-Ikhlas, yang tidak ada kata ikhlas di dalamnya. Selama ikhlas masih terucap, itu berarti belum ikhlas karena hanya dia yang ikhlas, yang senantiasa berbuat tanpa pernah menyebut keikhlasannya."

18. "Sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuh umat manusia dan tidak pula menilai ketampanan wajahnya. Tetapi, Allah melihat (menilai) keikhlasan hati hamba-Nya." - HR. Muslim

19. "Orang yang ikhlas tidak pernah kecewa dengan amal baik yang telah dia lakukan karena yakin Allah maha melihat dan akan membalasnya dengan adil."

20. "Allah menyukai orang yang sabar dan ikhlas. Maka tersenyumlah di kala sedih, tetap memaafkan saat kecewa."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Keikhlasan

21. "Jangan pernah terpaksa untuk berbuat kebaikan. Beri sedikit keikhlasan, maka Allah akan membalas dengan berlipat kebahagiaan."

23. "Ciri amal tidak ikhlas adalah ketika muncul perasaan kecewa jika apa yang dilakukan belum berbuah seperti yang dikehendaki."

24. "Bekerja keras adalah bagian dari fisik. Bekerja cerdas merupakan bagian dari otak. Sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati."

25. "Kemerdekaan hakiki adalah bila kita tidak diperbudak keinginan dipuji, dihargai, dihormati, dibalas budi oleh orang lain. Kemerdekaan adalah milik orang yang ikhlas."

26. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."

27. "Tidaklah keikhlasan itu kita peroleh, kecuali dengan memelihara saat akan beramal, ketika beramal, dan sesudah beramal."

28. "Sabar itu pahit. Jujur itu pahit. Dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala macam penyakit."

29. "Ikhlas yang sebenarnya, merupakan sebuah bentuk ibadah yang hanya bisa dirasakan oleh hati dan tidak kasat mata karena semua dilakukan bukan untuk mencari pujian di mata manusia, namun hanyalah untuk meraih keridaan Allah."

30. "Jadilah orang yang paling ikhlas, bukan hanya sekadar baik. Sebab, dalam kebaikan belum tentu ada keikhlasan, tapi orang yang ikhlas Insyaallah sudah pasti baik."

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh pencerahan, motivasi, dan dorongan sesuai dengan ajaran Islam? Yuk, baca juga kata-kata mutiara Islam lainnya dengan mengeklik tautan ini. 

Video Populer

Foto Populer