Sukses


7 Manfaat Mengesankan Lidah Buaya untuk Rambut

Bola.com, Jakarta - Lidah buaya merupakan satu di antara tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Khasiat yang terkandung dalam lidah buaya sudah dipercaya turun temurun.

Kehebatan lidah buaya tak hanya terkenal di Indonesia, melainkan juga di banyak negara lainnya. Selain menjadi bahan utama pembuatan produk-produk kosmetik, lidah buaya juga menjadi bahan baku pembuatan makanan dan minuman yang menyehatkan.

Bicara manfaat lidah buaya untuk kecantikan, produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya telah menjadi tren di masyarakat. Hal itu karena lidah buaya memang punya manfaat bagus, khususnya untuk wajah, rambut, serta kulit.

Lidah buaya mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, antioksidan, asam folat, dan kolin.

Selain kandungan nutrisinya yang lengkap, lidah buaya memberikan sensasi menyegarkan saat diaplikasikan. Tak heran banyak yang menyukai tumbuhan yang bernama lain 'Aloe Vera' ini.

Lidah buaya tak sulit dibudidayakan, bahkan bisa ditanam dalam pot sehingga Anda bisa merawatnya di rumah dan bisa merasakan manfaatnya secara langsung setiap kali digunakan. 

Bagian yang biasa digunakan ialah gel pada daging lidah buaya, yang bisa diperoleh dengan memotong dan mengupas bagian daunnya yang berdaging tebal.

Penasaran dengan manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan, khususnya bagi rambut Anda?

Berikut ini penjelasan perihal manfaat lidah buaya untuk rambut, disadur dari Merdeka, Jumat (11/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Mencegah dan mengatasi ketombe

Lidah buaya mengandung anti-jamur yang berfungsi mencegah dan mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Perawatan dengan lidah buaya ini membantu pengelupasan ketombe di kulit kepala jauh lebih cepat. Tak heran bila banyak produk sampo menjadikan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

2. Mengurangi rambut rontok

Manfaat lidah buaya berikutnya adalah mengurangi rambut rontok.

Rajin mengoleskan lidah buaya pada akar rambut sembari memijatnya secara berlahan dipercaya dapat membuat akar rambut lebih ternutrisi, rambut tidak mudah rontok dan lebih tebal.

3. Mengatasi rambut berminyak

Lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi rambut berminyak. Umumnya, masalah rambut berminyak muncul akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala dan karena sisa-sisa produk perawatan rambut yang Anda gunakan.

Cara untuk memperoleh manfaat lidah buaya sangat mudah. Cukup oleskan lidah buaya ke rambut secara menyeluruh sebagai masker alami rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu dua kali agar hasilnya lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

4. Mempercepat pertumbuhan rambut

Enzim proteolitik pada lidah buaya bermanfaat menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut serta membuat pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

Selain menggunakan sampo dengan bahan utama lidah buaya, Anda juga bisa memilih perawatan alami dengan langsung mengaplikasikan lidah buaya sebagai masker alami rambut.

5. Menenangkan kulit kepala

Lidah buaya terkenal akan sifat anti-inflamasi yang dapat memberi sensasi ketenangan pada kulit kepala dari ritasi. Perawatan ini dapat memberikan efek dingin dan relaksasi pada kulit kepala. Lidah buaya juga dapat membuat rambut jadi lebih sehat dan indah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

6. Membuat rambut lebih mudah diatur

Lidah buaya dapat menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur. Cara mendapatkan manfaatnya sangat mudah. Cukup aplikasikan lidah buaya ke seluruh helai rambut hingga ke kulit kepala, pijat sebentar, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Menutrisi rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang ternutrisi dengan baik. Satu di antara bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi nutrisi rambut adalah lidah buaya, yang mengandung enzim proteolitik, protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala.

Perawatan rutin menggunakan lidah buaya dapat membuat rambut terasa lebih kuat, lembut, dan berkilau.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 19/6/2020)

Video Populer

Foto Populer