Sukses


34 Kata-kata Bijak Jangan Berprasangka Buruk terhadap Orang Lain, Petuah Penting

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak jangan berprasangka buruk terhadap orang lain dapat memberikanmu pelajaran berharga, yang mendorongmu menjadi pribadi yang lebih baik.

Satu di antara kelemahan kita adalah mudah sekali menilai orang hanya dari penampilan luar atau mendengar dari perkataan orang lain.

Tidak hanya dapat merugikan orang lain, berprasangka buruk terhadap orang lain dapat merugikan diri sendiri.

Kita cenderung suka apabila menilai orang lain, tetapi tidak suka jika orang lain berbalik menilainya. Hal semacam ini dapat dengan mudah memicu kita untuk merendahkan orang lain.

Saat selalu merasa di atas orang lain, pasti akan muncul perasaan angkuh, yang pada akhirnya membuat kita berprasangka buruk dan memandang remeh.

Sebagai makhkluk sosial, kita harus saling menghargai sesama, satu di antara caranya tidak memandang remeh dan berprasangka buruk, karena kita akan selalu membutuhkan orang lain.

Tidak hanya kepada sesama manusia, kita juga tidak boleh berprasangka buruk kepada Tuhan agar segala nikmat dari-Nya dapat dirasakan.

Dengan begitu, kita akan memiliki kehidupan yang lebih baik dan kamu menjadi pribadi yang disegani serta disukai banyak orang.

Untuk mendorongmu agar tidak mudah berprasangka buruk kepada orang lain, kamu dapat membaca kata-kata bijak yang berisi pelajaran serta petuah.

Berikut 34 kata-kata bijak jangan berprasangka buruk terhadap orang lain, seperti dirangkum dari Sepositif dan Juproni, Senin (21/9/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jangan Berprasangka Buruk terhadap Orang Lain

1. "Jangan berprasangka buruk terhadap diri sendiri, orang lain, kehidupan, dan terutama jangan berprasangka buruk terhadap Tuhan."

2. "Berhentilah berprasangka buruk karena prasangka itulah yang akan membuatmu menyesal di kemudian hari."

3. "Tidaklah seseorang berprasangka buruk kepada orang lain melainkan sifat yang dituduhkan itu ada pada dirinya sendiri."

4. "Hak semua orang membenci kita, hak semua orang untuk berprasangka buruk pada kita. Tapi, kewajiban kita adalah berbuat baik kepada semua orang. "

5. "Bijaklah dalam menggunakan media sosial. Belajar untuk berprasangka baik dalam menyikapi sesuatu daripada selalu berprasangka buruk yang membuat hati dan pikiran dipenuhi rasa benci."

6. "Jangan berprasangka buruk kepada-Nya, ketika keinginanmu belum terwujud. Layaknya anak umur 3 tahun yang meminta dibelikan sepeda motor ke ayahnya. Semua akan mendapatkanya, ketika siap dan tepat pada waktunya."

7. "Perbedaan antara orang berhati baik dan berhati busuk sangat sederhana. Orang berhati baik selalu berprasangka baik, orang berhati busuk mudah berprasangka buruk. Keji sekali."

8. "Prasangka menciptakan apa yang tidak ada menjadi terasa, menjadi penyakit hati dan pikiran kita."

9. "Mengira orang lain berprasangka buruk tentangmu, itu juga termasuk prasangka buruk. "

10. "Kritik adalah prasangka yang dibuat masuk akal." 

3 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jangan Berprasangka Buruk terhadap Orang Lain

11. "Kedamaian akan datang apabila hati dijauhkan dari prasangka buruk. "

12. "Keindahan yang maksimal itu ketika dirimu sudah tidak lagi ada niat dan prasangka buruk kepada manusia lainnya."

13. "Rezeki selalu hadir saat hati dalam keadaan selalu sejuk dan ketika tidak ada lagi prasangka buruk barang setitik pun kepada Tuhan."

14. "Kunci dari hubungan itu saling percaya. Kalau kamu selalu egois dan suka prasangka buruk terus, buat apa di pertahanin?"

15. "Jangan berprasangaka buruk pada orang lain agar Anda terhindar dari prasangka buruk orang lain." 

16. "Hari ini aku akan membersihkan hatiku dari rasa khawatir yang membuatku menjauhi kebaikan dan menyukai prasangka buruk."

17. ""Bahagia itu indah, cukup berprasangka baik kepada-Nya. Bahagia itu indah, cukup dengan bersyukur atas nikmat-Nya."

18. "Bila rezeki kita kini terpuruk, jangan berprasangka buruk, siapa tahu masa lalu kita berlumur amal buruk."

19. "Hidup itu hitam putih. Ketika banyak orang berprasangka buruk tentang kamu, pasti masih ada orang yang berprasangka baik juga."

20. "Jangan pernah berprasangka buruk terhadap orang lain. Tapi, jangan terlalu mudah percaya karena ada beberapa orang yang tidak bisa dipercaya."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jangan Berprasangka Buruk terhadap Orang Lain

21. "Teman yang baik tidak akan berprasangka buruk ke temennya sendiri."

22. "Yang aku takutkan adalah aku lupa cermin diri sendiri, namun sibuk berprasangka buruk kepada yang lain."

23. "Jangan dulu berprasangka buruk. Jika kau tak kenal siapa orangnya dan tidak paham apa masalahnya."

24. "Berprasangka baiklah kepada mereka. Terlepas mereka terus berprasangka buruk terhadapmu, ikhlaskan saja. Jangan sedih, kita punya Allah yang Maha segalanya."

25. "Tidak bersikap penyantun sama artinya berprasangka buruk terhadap Allah."

26. "Janganlah kamu berprasangka buruk dengan apa yang kamu lihat."

27. "Banyak orang benar yang cara berpikirnya salah sehingga dia menderita dalam prasangka buruk, yang menjadikan dirinya seperti orang gagal."

28. "Berprasangka baiklah, bereaksi baiklah! Parahnya, kita sering berprasangka buruk kepada Tuhan. Yakinlah bahwa Tuhan tidak bermaksud kecuali untuk memuliakan kita."

29. "Janganlah kita mudah berprasangka buruk pada seseorang karena kita tidak dapat menilai seseorang dari penampilannya saja."

30. "Hambatan pertama dalam mencapai kesepahaman bersama adalah munculnya prasangka buruk."

5 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jangan Berprasangka Buruk terhadap Orang Lain

31. "Beri ruang bagi hati untuk memaafkan. Beri ruang bagi pikiran untuk berprasangka baik. Baik dan buruk tergantung hati dan pikiran."

32. "Nasihat lama ini bukan menyuruh kita jadi berprasangka buruk, melainkan pandai menjaga diri."

33. "Janganlah berprasangka buruk terhadap suatu hal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang."

34. "Cara paling mudah untuk meluruskan anggapan yang salah dan menghapus prasangka buruk adalah bertanya langsung kepadanya."

 

Sumber: Sepositif, Juproni

 

Butuh dorongan agar menjadi pribadi yang lebih baik? Yuk, baca juga kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer