Sukses


10 Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan, Bikin Kulit dan Rambut Halus

Bola.com, Jakarta - Pir termasuk buah yang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Dalam bahasa Inggris, pir disebut pear. Buah pir berasal dari pohon genus Pyrus, dari daerah beriklim tropis.

Buah pir digemari karena memiliki rasa manis dan segar. Buah pir memiliki bentuk lonjong yang lebar, ada pula yang membujur panjang langsing.

Ada beberapa jenis buah pir, seperti pir ya dan pir nashi. Buah pir yang telah masak bisa langsung dikonsumsi. Buah pir juga kerap digunakan sebagai campuran minuman segar dan kekinian.

Seperti umumnya buah-buahan, pir mengandung beragam zat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah pir kaya vitamin C, K, dan tembaga yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Secara khusus, vitamin c dalam buah pir mampu memberi 12 persen kebutuhan harian, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah pir juga mengandung vitamin B, magnesium, dan kalium. Buah ini relatif aman untuk dikonsumsi oleh pengidap alergi karena memiliki kandungan salisilat dan benzoat yang rendah. 

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, serat serta vitamin di dalamnya membuat buah pir memiliki manfaat untuk kecantikan, seperti untuk kecantikan kulit dan rambut.

Nah, penasaran, apa saja manfaat buah pir bagi kecantikan?

Berikut ini penjelasan perihal manfaat buah pir bagi kecantikan, disadur dari Merdeka, Rabu (23/9/2020)

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan

1. Menghaluskan kulit

Pir cocok untuk merawat kulit kering. Pir mengandung humectant, yang dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit dan mengunci kelembapan. Itulah mengapa, ekstrak buah pir kadang dijadikan bahan campuran lotion.

2. Merawat kulit berminyak

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, gunakan buah pir untuk mengurangi kadar minyak.

Haluskan daging buah pir beserta kulitnya, campurkan dengan krim segar dan madu. Oleskan di wajah tiga kali seminggu. Ramuan tersebut akan membersihkan kelenjar minyak.

3. Menjadikan kulit bebas dari jerawat

Pir mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan kekebalan dari dalam. Akibatnya, kulit jadi lebih tahan terhadap bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan jerawat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan

4. Mencegah kerusakan kulit

Pir mengandung serat pangan yang baik untuk pencernaan. Selain itu, serat pangan berperan penting untuk menjadikan kulit halus dan lembut.

Serat pangan menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga zat gula tersebut tidak sempat merusak collagen yang dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit.

5. Mencegah kerutan

Memakan sebutir buah pir setiap hari dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga dalam buah pir dapat melawan radikal bebas yang menjadikan kulit menua.

6. Sebagai scrub natural

Enzim alami dalam buah pir menjadikannya bahan yang pas untuk scrub. Untuk mengangkat sel kulit mati, cobalah oleskan pir yang sudah dihaluskan dan gosok perlahan hingga kulit terasa halus.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan

7. Merawat rambut ikal

Untuk yang berambut ikal, creambath dengan buah pir cocok untuk mempertahankan bentuk ikal rambut Anda agar tetap indah.

Caranya. campurkan buah pir yang sudah dihaluskan dengan minyak kedelai, kemudian pakailah untuk creambath. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

8. Menghaluskan rambut kusut

Rambut yang kering dan kusut bisa menjadi halus serta mudah diatur jika rajin dirawat dengan masker buah pir.

9. Menyehatkan rambut

Buah pir yang sudah matang mampu menjadikan rambut Anda sehat dan cantik. Sorbitol dan glucitol di dalamnya dapat menutrisi kulit kepala serta helai rambut.

10. Mengembalikan kilau rambut

Selain menjadikan rambut lebih mudah diatur, masker buah pir bisa menjadikan rambut berkilau.

Untuk membuat masker ini, Anda tinggal mencampurkan daging buah pir yang sudah dihaluskan dengan cuka apel dan air.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantri Setyorini. Published: 8/4/2014)

Video Populer

Foto Populer