Sukses


9 Manfaat Melon bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Melon merupakan nama buah yang termasuk suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Tumbuhan ini sifatnya merambat dan menjalar, daunnya berbentuk menjari dan tekstur daging buahnya lembut, berair, serta berwarna putih sampai merah.

Manfaat melon untuk kesehatan ternyata belum banyak diketahui orang. Melon memiliki rasa manis dan hampir 95 persen mengandung air.

Kandungan air yang banyak pada buah ini bisa menuntaskan dahaga dan dapat dijadikan jus atau camilan segar saat cuaca sedang panas. Selain menyegarkan, melon mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melon memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, yang mampu memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Ada beberapa nutrisi yang terkandung di dalam melon.

Beberapa jenis kandungan nutrisi yang terkandung dalam melon termasuk kalium, asam folat, protein, beta-karoten, dan magnesium. Melon juga merupakan satu di antara sumber vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Dengan berbagai kandungannya, tak diragukan lagi perihal manfaat melon. Memperbanyak konsumsi melon sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjalani pola hidup sehat.

Dengan mengonsumsi melon, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat melon untuk kesehatan dan kecantikan, dikutip dari Sehatq dan Alodokter, Selasa (29/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Melon bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

1. Memperlancar pencernaan

Melon dapat membantu mengatur pencernaan berkat kandungan serat. Mengonsumsi melon bisa mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit.

Melon juga merupakan buah yang rendah kalori yang cocok sebagai asupan diet. Mengonsumsi buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan serta menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tak hanya rendah kalori dan kandungan serat yang ada di dalamnya, mengonsumsi melon mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C pada buah ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semua zat tersebut bersifat antioksidan sehingga mampu membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang, termasuk kanker.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah ini kerap dikaitkan cocok untuk pengidap hipertensi. Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi.

Melon dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat ini dikarenakan melon rendah natrium, namun tinggi akan kalium.

Anda bisa memperoleh manfaatnya mengonsumsin langsung sebagai camilan atau diolah dalam sajian jus, salad, atau smoothies.

3 dari 4 halaman

Manfaat Melon bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Melon memiliki kandungan vitamin K. Tak hanya itu, kandungan seperti magnesium dan folat yang ada di dalamnya menjadi komponen utama untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

Mengonsumsi buah ini penting untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda karena beragam nutrisi penting di dalamnya.

5. Baik untuk ibu hamil

Buah ini memiliki kandungan asam folat, yang sangat dibutuhkan oleh semua ibu hamil. Kandungan folat yang tinggi dalam buah melon membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru, terutama pada wanita hamil.

Mengonsumsi melon di awal masa kehamilan dapat mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi seperti tabung saraf, kelainan otak, dan tulang belakang. Meski demikian, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi melon yang sudah dipotong sebelum dibeli.

6. Mencegah penuaan pada kulit

Vitamin K dan vitamin E yang ada dalam melon berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu membuat kulit bercahaya. Selain itu, buah ini memiliki kandungan air yang tinggi, yang mampu menghidrasi kulit Anda dari dalam.

Melon juga merupakan sumber vitamin B, kolin, dan betaine. Kandungan ini sangat baik untuk membuat kulit Anda tetap segar.

Tak hanya itu, vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam melon dapat mendorong regenerasi kulit dan pembentukan kolagen serta jaringan ikat yang memberi kesan awet muda pada diri Anda.

Mengonsumsi melon mampu mempertahankan elastisitas kulit dan memfasilitasi sintesis kolagen sehingga memberikan manfaat anti-penuaan pada kulit Anda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Melon bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

7. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok juga bisa diatasi dengan memanfaatkan buah ini. Melon dipercaya dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan vitamin yang cukup banyak pada melon memberikan manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk pertumbuhan rambut.

8. Menyehatkan mata

Vitamin A yang terdapat dalam melon berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Melon kaya vitamin A, dan diyakini bisa mencegah katarak, degenerasi makula, menjauhkan mata dari sinar radiasi dan menjaga kesehatan mata lainnya.

9. Pengobatan insomnia

Buah ini sangat membantu pengidap insomnia untuk menyingkirkan gangguan tidur dengan menenangkan sistem saraf.

Melon mengandung senyawa uniquecompound yang baik untuk fungsi saraf dan menenangkan kecemasan. Mengonsumsi melon dipercaya ampuh mengatasi masalah tidur Anda dan membuat tidur lebih nyenyak.

 

Sumber: Sehatq, Alodokter

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer