Sukses


Tak Hanya Jadi Bumbu Dapur, Ini 8 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Bawang merah tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bawang merah adalah satu di antara bumbu dasar yang tidak boleh tidak ada di dapur Anda.

Bawang merah diyakni dari generasi ke generasi dapat pula dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tak hanya sebagai bumbu dapur. 

Penggunaan bawang merah sebagai obat di Indonesia bisa dibilang tak susah dilakukan. Tanaman bernama ilmiah Allium cepa L. ini banyak tersedia di berbagai daerah dan harganya relatif terjangkau, meski terkadang harganya mengalami kenaikan.

Ada beberapa jenis bawang merah, namun dengan kandungan manfaat yang hampir sama. Dilansir dari Alodokter, bawang merah rendah kalori, bebas lemak, mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu, bawang merah mengandung serat, karbohidrat, dan air.

Untuk mendapatkan khasiat bawang merah, sebaiknya langsung dimakan dalam keadaan mentah.

Karena ketika sudah dimasak, kandungan vitamin dan nutrisi di dalam bawang merah akan berkurang bahkan bisa sampai hilang.

Di samping itu, untuk mendapatkan Manfaat Bawang Merah secara maksimal, harus diiringi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Jadi, tidak hanya membuat makanan menjadi lebih sedap dan kaya rasa, bawang merah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Berikut beragam manfaat bawang merah yang bisa Anda dapatkan, dirangkum dari Gooddoctor dan Alodokter, Rabu (30/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

1. Tinggi antioksidan

Bawang merah memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan ini berperan penting untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh Anda dari kerusakan zat yang disebut radikal bebas. Bawang merah kaya senyawa dengan aktivitas antioksidan, seperti quercetin, kaempferol, dan allicin.

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul jika terlalu banyak radikal bebas yaitu kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bawah merah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid pada bawang merah dapat melawan peradangan, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Hal tersebut tentu akan mencegah terjadinya risiko serangan jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal. Selain itu, kandungan quercetin yang ada di dalamnya akan memberi efek penting bagi tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

3. Mencegah kanker

Mengonsumsi bawang merah dapat berfungsi untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk kanker. Sebab, dalam kandungannya terdapat tingkat quercetin dan anthocyanin yang tinggi.

Quercetin adalah zat alami yang membuat bawang jadi berwarna warna merah gelap. Kandungan ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Bawang merah sangat efektif mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, serta kanker endometrial.

4. Menormalkan kadar gula darah

Memiliki kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes mellitus. Kadar gula darah tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Mengonsumsi bawang merah mentah terbukti cocok bagi pengidap diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua.

Bawang merah mampu meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada pengidap diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

5. Turunkan kolestrol

Bawang merah dapat membantu Anda menurunkan kolestrol jahat (LDL) di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur di dalamnya.

Kandungan antioksidan serta zat bioaktif lainnya yang ada pada bawang merah dapat menurunkan jumlah lemak total secara langsung.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat keenam dari mengonsumsi bawang merah adalah dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kemampuan ini dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Bawang merah memiliki kandungan polifenol dan quercetin yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi bumbu dapur satu ini dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh Anda dari produksi histamin.

Histamin adalah zat yang membuat Anda bersin, menangis, dan gatal jika mengalami reaksi alergi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

7. Mengatasi sembelit

Manfaat selanjutnya dari bawang merah adalah bisa sebagai obat tradisional atasi sembelit. Sembelit atau konstipasi bisa ditandai dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang terlalu jarang atau di luar kebiasaan.

Untuk mengatasi sembelit, caranya dengan menumbuk terlebih dahulu bawah merah sebelum dikonsumsi. Ramuan itu jangan langsung dimakan, tetapi dicampurkan ke dalam susu murni, lalu masak hingga suhu 80 derajat celsius.

8 . Mencegah masuk angin dan perut kembung

Mungkin sebagian dari Anda telah tahu manfaat bawang merah satu ini. Bawang merah kerap dijadikan sebagai obat herbal masuk angin dan perut kembung.

Masuk angin bisa dipahami sebagai istilah awam untuk menggambarkan kondisi badan yang tidak enak, termasuk pada perut. Orang-orang biasanya menyebut demam ketika mendapati gejala mual, ingin muntah, hingga perut kembung.

Sedangkan, kembung adalah suatu kondisi saat gas terkumpul di dalam lambung atau usus melebihi keadaan normal. Untuk mencegah makin parah, bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai obat balur atau baik juga bila dikonsumsi.

 

Sumber: Gooddoctor, Alodokter

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

5 Atlet Indonesia di Thomas dan Uber Cup yang Punya Followers Instagram Terbanyak

Video Populer

Foto Populer