Sukses


25 Kata-Kata Minta Maaf untuk Orang Tersayang, Penyesalan Teramat Dalam

Bola.com, Jakarta - Sebagai manusia, dalam hidup, tidak lepas dari kesalahan. Itulah mengapa minta maaf dan memaafkan merupakan hal penting untuk tetap hidup tenteram dalam damai.

Meski begitu, bukan berarti lantaran manusiawi, lantas melakukan kesalahan terus-menerus, apalagi jika disengaja.

Di sisi lain, sebagai manusia pula, terkadang kita sulit untuk minta maaf dan memaafkan. Biasanya semua itu karena ego. Oleh sebab itu, kita harus membuang jauh-jauh ego saat ingin meminta maaf atau memaafkan.

Mengakui sebuah kesalahan dan minta maaf memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Kamu harus mempunyai niat yang benar-benar tulus untuk meminta maaf. Kamu bisa menggunakan kata-kata minta maaf untuk menggambarkan penyesalan atas kesalahan yang telah diperbuat.

Kata-kata minta maaf tersebut sebaiknya disampaikan sesegera mungkin. Jangan sampai masalah yang menimpa kamu dengan orang lain menjadi berlarut-larut.

Hanya, tak semua orang bisa merangkai dengan baik dan tepat kata-kata meminta maaf.

Berikut ini kumpulan kata-kata minta maaf yang bisa ditujukan untuk orang tua, kekasih, sahabat, dan orang tersayang lainnya, dikutip dari Titikdua, Kamis (1/10/2020).

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf

1. "Terkadang meminta maaf adalah hal terbaik untuk membuatmu mengerti kesalahan apa yang kau perbuat."

2. "Meski memang ucapan maaf ini tak dapat menyembuhkan kesakitan dalam hatimu, aku hanya ingin kamu tahu bahwa penyesalan itu teramat dalam."

3. "Aku memang bukan manusia yang sempurna, namun nyatanya dirimu menyempurnakanku. Maaf jika aku pernah menyakiti hatimu sebab kekhilafanku. Mencintaimu dan menjagamu adalah satu di antara prioritas utamaku."

4. "Maaf jika hari ini aku membuatmu cemburu, sungguh aku tidak bermaksud untuk begitu. Jadi, bisakah kau percaya padaku?"

5. "Meski aku tahu tak pantas bersanding denganmu, namun maafkan ketidakberdayaanku melawan hatiku. Nyatanya dia telah memilihmu, lalu aku bisa apa selain mencintai dan memperjuangkanmu?"

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf

6. "Persahabatan kita sudah terjalin sangat lama. Bukankah akan menjadi hal yang sia-sia jika berakhir dengan saling menjauh. Kamu adalah orang yang paling mengerti aku dan kurasa juga sebaliknya. Aku minta maaf jika aku punya salah. Kita masih sahabatkan?"

7. "Maaf jika aku masih bergantung padamu, aku juga sadar sering bersikap seperti anak kecil dan egois. Maaf jika aku menyusahkanmu karena hanya kau tempat keluh kesahku."

8. "Aku teringat dengan kegilaan kita di masa dulu, berlarian tak kenal masa. Maaf, aku hanya rindu kenangan kita."

9. "Aku minta maaf jika terlalu mementingkan diriku sendiri dan terima kasih karena tak pernah pergi dari sisi."

10. "Maaf jika aku masih egois dan tak pernah memperhatikanmu. Seharusnya aku perlu lebih peka terhadapmu agar kau tak memilih pergi dariku."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf

11. "Engkau berikan aku perhatian dan menyirami jiwaku dengan cinta. Namun, terkadang aku tak pernah peduli dengan kekosongan yang ada di hatimu. Engkau selalu mengisi hari-hariku dengan kebahagiaan, namun tidak sedikit aku memberikanmu tangisan dan luka, maaf Bu."

12. "Aku memang bukanlah anak yang baik Bu, namun aku akan selalu beruusaha membahagiakanmu. Maaf jika aku sering berbohong dan menyela kata-katamu. Maaf jika aku sering berkata 'huft' bila kau meminta tolong padaku."

13. "Air matamu terjatuh meresap ke bumi, tak mampu kutahan dan kuhindari. Inginku obati luka yang ada di hatimu, namun tak berdaya aku di depanmu. Meski semua kata maaf tak akan cukup untuk mengobati luka itu, aku akan mendoakan kebahagiaanmu."

14. "Ibu, terima kasih telah melahirkanku dan maaf belum bisa membalas kebaikan padamu selain untaian doa di setiap sujudku."

15. "Bukannya menjadi anak yang membanggakan aku malah menjadi anak yang selalu memberi kekecewaan, maafkan aku Ibu."

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf

16. "Maafkan kekhilafanku waktu itu, aku tidak akan membuat kesalahan yang sama."

17. "Kita memang sudah tidak ada hubungan lagi. Namun, kita masih bisa menjadi teman yang saling memberi bahagia tanpa luka."

18. "Maaf jika aku selalu saja salah. Aku tak pernah merasa kau sengaja menyakitiku karena aku tahu cintamu lebih besar dari yang aku tahu."

19. "Maafkan aku yang dulu selalu menyalahkanmu di setiap pertengkaran kita."

20. "Kita tak mungkin lagi disatukan, maaf. Aku sudah memiliki seseorang yang kupercaya tak akan menyakitiku sepertimu waktu itu."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf

21. "Kesalahan terbesar dalam hidup adalah ketika aku menghancurkan hati teman dekatku. Aku tak akan bisa menjelaskan apa yang kurasakan. Aku benar-benar menyesali segalanya."

22. "Aku tahu mengucapkan maaf tak akan cukup untuk segala hal yang sudah menyakitimu, tapi aku akan terus mengucapkannya jutaan kali hingga kamu memaafkanku. Maafkan aku."

23. "Maafkan aku atas kebohongan yang kulakukan, maafkan aku sudah membuatmu menangis. Aku tidak bermaksud jahat, kumohon maafkan aku."

24. "Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat?"

25. "Dialah sang Maha Pengampun dan Maha Penerima Tobat, maka aku bertobat kepada-Mu Tuhan atas segala kesalahan yang pernah ku perbuat juga atas kekhilafan yang tak ku sengaja. Sungguh ampunan-Mu sangat kuharapkan."

 

Sumber: Titikdua

 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer