Sukses


30 Kata-kata Bijak tentang Menghargai Orang Lain, Bikin Hidup Makin Tenteram

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang menghargai orang lain bisa membuat seseorang memahami arti perbedaan dan keberagaman. Tak bisa dimungkiri, rasa hormat dan menghargai merupakan satu di antara unsur terpenting dalam hubungan apa pun.

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi.

Saat berinteraksi, perlu menjunjung tinggi sikap saling menghargai. Saling menghargai orang lain menjadikan kehidupan bermasyarakat minim konflik atau perpecahan.

Mungkin sangat mudah untuk mengatakan hal tersebut, tetapi seperti yang diketahui sekarang, ini mungkin sangat sulit untuk dilakukan.

Beragam cara bisa dilakukan untuk memupuk sikap saling menghargai, seperti memiliki pandangan terbuka, bersikap ramah, murah senyum, dan suka menolong tanpa membedakan agama, ras, suku, dan budaya.

Sebagai manusia, sebisa mungkin memberikan atau menawarkan bantuan kepada sesama tanpa harus diminta. Dengan belajar saling menghargai orang lain, kita bisa mengerti dan memahami makna keberagaman.

Itulah mengapa, perlu belajar saling menghargai agar terhindar dari caci maki dan kebencian. Sikap saling menghargai orang lain tersebut bisa kamu lakukan terhadap orang sekitar, mulai keluarga hingga lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Selain melalui aksi nyata, kita bisa menebarkan sikap menghargai orang lain melalui kata-kata bijak. Banyak kata-kata bijak menghargai orang lain yang bisa kamu gelorakan melalui media sosial.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak tentang menghargai orang lain, seperti dilansir dari laman PosKata dan Juproni, Kamis (1/10/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Menghargai Orang Lain

1. "Menghargai dan merasa senang atas keberhasilan orang lain berarti meningkatkan harkat diri sendiri."

2. "Meminta maaf tidak selalu berarti bahwa kamu salah dan orang lain benar. Ini hanya berarti kamu menghargai sebuah hubungan mengalahkan ego yang berlebihan."

3. "Cara terbaik untuk tetap hidup dalam kedamaian adalah dengan saling memahami dan menghargai, bukan membenci perbedaan."

4. "Yang sepele bagimu, bisa berarti segalanya bagi orang lain. Ada baiknya mulai menghargai perbedaan sudut pandang."

5. "Tingkat tertinggi dalam menghargai kebaikan seseorang adalah memahami kesalahannya."

6. "Jangan menunggu kehilangan baru sadar arti menghargai."

7. "Bersaing dengan sahabat itu wajar, tetapi harus tetap saling menghormati, menghargai, dan mendukung, bukan saling menjatuhkan."

8. "Setiap kebersamaan pasti akan berakhir, tapi kebahagiaannya akan tetap abadi dalam kenangan yang ditorehkan oleh saling menghargai."

9. "Hidup ini akan indah bila kita saling menghargai satu sama lainya. Kesempurnaan hanya milik Tuhan, mari belajar saling menghargai dengan sebuah akal sempurna yang telah Tuhan anugerahkan."

10. "Sikap tulus, ikhlas adalah cara untuk menghargai diri sendiri maupun orang lain."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Menghargai Orang Lain

11. "Satu di antara penghargaan terhadap hidup kita adalah dengan menghargai hidup orang lain."

12. "Dengan menghargai pendapat orang lain, berarti kamu telah menghargai sebagian besar kehidupannya." - Mario Teguh

13. "Hargai dan hormati orang lain jika kita ingin dihormati dan dihargai orang lain, serta hormati dan hargai diri sendiri terlebih dahulu baru kita bisa menghargai dan menghormati orang lain."

14. "Belajarlah menghargai sekecil apa pun usaha seseorang karena kamu tidak tahu bahwa berusaha itu tidak semudah berbicara."

15. "Tidak menghargai pandangan orang lain adalah ciri orang yang berwawasan sempit."

16. "Jangan menjadi salah hanya karena mayoritas tidak memilih pendapat kita. Saling menghargai itu penting."

17. "Betapa indahnya kalau kita saling menghargai dan memotivasi satu sama lain, bukan mencaci maki atau bersikap tidak peduli."

18. "Berbeda pendapat itu wajar, yang tidak wajar itu jika tidak menghargai perbedaan tersebut. Mari kita saling menghargai."

19. "Setiap dari kita ibarat burung yang hanya memiliki satu sayap, kita akan bisa terbang tinggi jika kita saling mendukung dan menghargai."

20. "Pasangan yang bahagia bukanlah dua sejoli yang sempurna, tapi dua sejoli yang saling menghargai ketidaksempurnaan."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Menghargai Orang Lain

21. "Rendah hati dan saling menghargai kepada sesama lebih baik daripada terlihat kuat atau jago, tapi lemah."

22. "Jika Anda merasa pendapat anda tidak didengar, ketahuilah, sebenarnya Anda sedang belajar untuk menghargai."

23. "Satu di antara bentuk penghormatan yang paling tulus sebenarnya adalah mendengarkan dan menghargai apa yang dikatakan orang lain."

24. "Rasa hormat yang kamu berikan kepada orang lain merupakan cerminan rasa hormat yang kamu berikan pada dirimu sendiri."

25. "Terkadang hal yang benar menurut kita adalah hal yang salah menurut orang lain, begitupun sebaliknya. Jadi, lebih baik saling menghargai."

26. "Walau berbeda, setiap manusia tetap memiliki kebutuhan yang sama. Saling menghargai itu kunci keharmonisan."

27. "Kemewahan bukan jaminan hidup bahagia. Saling menghormati, menghargai, dan memaafkan orang lain itu kunci kebahagiaan."

28. "Ketika kita tahu bagaimana arti menghargai dan dihargai, di situlah kita bisa mengerti arti orang lain untuk kita."

29. "Sering mengucapkan kata-kata negatif akan membuat orangnya negatif dan sulit menghargai orang lain."

30. "Perlakukanlah orang sebagaimana Anda memperlakukan diri sendiri karena kita sama-sama manusia yang memang saling menghargai."

 

Sumber: PosKata, Juproni

 

Yuk, baca kumpulan kata-kata bijak lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer