Sukses


7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah, dan Praktis

Bola.com, Jakarta - Memiliki gigi putih dan bersih menjadi impian banyak orang. Gigi putih mampu meningkatkan rasa percaya diri dan enak dilihat ketika tersenyum.

Warna alami gigi manusia adalah putih cenderung kekuningan. Warna tersebut disebabkan karena lapisan gigi (enamel) berwarna putih kebiruan dan lapisan dentin yang ada di bawahnya berwarna kuning.

Namun, memiliki gigi putih dan bersih tak hanya sekadar menggosok gigi. Anda perlu melalukan perawatan agar gigi tak kelihatan kuning.

Melakukan perawatan gigi tak perlu mengeluarkan ongkos yang menguras kocek. Ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami dan pastinya ramah di kantong.

Meski mudah dilakukan, Anda perlu bersabar. Pasalnya, memutihkan gigi secara alami tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus melakukan perawaran gigi dengan bahan alami secara rutin, tidak hanya satu atau dua kali saja.

Berikut Bola.com merangkum cara memutihkan gigi secara alami, dikutip dari Klikdokter, Kamis (1/10/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

1. Sikat gigi teratur

Sikat gigi secara teratur dapat membuat gigi Anda tetap bersih secara pasti. Sikatlah gigi Anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut, minimal dua kali sehari.

Sikatlah gigi di pagi hari – setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan metode bass, yaitu menempatkan kepala sikat gigi 45 derajat ke arah akar gigi (di antara pertemuan gigi dan gusi).

2. Flossing yang benar

Gunakan dental floss atau benang gigi berkualitas baik. Caranya, kaitkan benang gigi pada jari telunjuk kanan dan kiri. Kemudian, masukkan ke sela-sela gigi dan gerakkan membentuk huruf C menyisir sisi gigi depannya, diikuti dengan gigi sisi satunya.

Dengan demikian, sisa makanan tidak akan terbentuk menjadi plak gigi.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

3. Gunakan pasta gigi ini

Gunakan pasta gigi pemutih yang mengandung carbamide peroxide atau hydrogen peroxide. Zat ini terbukti dapat memutihkan dan membersihkan permukaan gigi dari noda makanan atau minuman.

4. Gunakan campuran baking soda dan/atau sodium bicarbonate

Baking soda memiliki butiran halus yang dapat membantu membersihkan noda pada permukaan gigi. Namun demikian, penelitian menunjukkan menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung sodium bicarbonate memberikan hasil yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

5. Pergi ke dokter gigi

Bersihkan karang gigi dan noda gigi di dokter gigi. Tindakan yang disebut scaling ini wajib dilakukan minimal enam bulan sekali, sebanyak dua kali dalam setahun. Jika Anda melakukannya, karang gigi dan noda pada gigi – termasuk sela-sela gigi – akan hilang seketika.

6. Kurangi asupan ini

Kopi, buah beri, red wine, dan minuman bersoda lainnya sebaiknya dikurangi. Atau jika tidak bisa, bilaslah gigi Anda dengan air putih, diikuti dengan menyikat gigi 30 menit setelahnya.

7. Hentikan kebiasaan ini

Hentikan kebiasaan merokok. Asap rokok akan membuat warna gigi Anda menjadi gelap. Di samping itu juga meninggalkan noda, yang sebagian besar terdapat pada permukaan gigi bagian dalam.

Agar tidak membuang waktu, biaya, dan usaha yang percuma, lakukanlah cara memutihkan gigi di atas secara disiplin. Dengan demikian, gigi Anda akan terlihat bersih, sehat dan berkilau indah bak barisan mutiara.

 

Sumber: Klikdokter

 

Yuk, cari artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer