Sukses


Jenis-jenis Kopi Paling Populer, Penting agar Tak Salah Pesan

Bola.com, Jakarta - Kopi merupakan satu di antara minuman yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Bahkan, seiring berjalannya waktu, minum kopi menjadi tren yang kekinian.

Kini, kopi dianggap sebagai minuman yang mendunia, sampai ada Hari Kopi Sedunia yang diperingati setiap 1 Oktober.

Banyak orang yang terbiasa meminum kopi, baik sebelum, saat, dan sesudah beraktivitas. Tak hanya itu, minum kopi juga menjadi sarana berkumpul dengan rekan-rekan sejawat.

Jadi, kopi tak hanya bisa mengusir kantuk, melainkan juga mendatangkan semangat dan energi positif. Meminum kopi secara rutin, dengan cara benar, juga diyakini memilki manfaat menyehatkan.

Beberapa manfaat dari minum kopi antara lain, memperkuat tulang, mencegah diabetes, terhindar dari stroke, menurunkan berat badan hingga mengurangi stres.

Di sisi lain, jenis-jenis kopi juga beragam. Jenis kopi dibedakan sesuai tempat dan genetika subspesies kopi itu. Jadi, setiap jenis kopi memiliki keunikannya tersendiri.

Adapun jenis kopi biasanya dikelompokkan berdasarkan karakter rasa, daerah asal tumbuh, dan juga varietasnya. Tiga jenis kopi yang paling populer dan banyak dikonsumsi masyarakat yakni jenis arabika, robusta, dan liberika.

Ada banyak jenis-jenis kopi yang populer. Apa saja jenisnya?

Berikut ini rangkuman jenis-jenis kopi yang populer, seperti dilansir dari laman Sasamecoffe via Merdeka.com, Kamis (1/10/2020).

2 dari 7 halaman

Arabika

Arabika merupakan satu di antara jenis kopi yang paling populer di dunia. Saat ini, arabika sudah banyak dibudidayakan masyarakat.

Jenis kopi ini pertama kali ditemukan di Ethiopia. Kemudian oleh bangsa Arab disebarkan ke penjuru dunia. itulah mengapa diberi nama ilmiah Coffea arabica.

Ciri khas arabika adalah keasamannya lebih tinggi dibandingkan kandungan kafeinnya. Selain itu, warna seduhannya juga tidak terlalu kental dan aromanya sangat wangi. Jenis kopi arabika berasal dari dua varietas, yakni Typica dan Bourbon.

3 dari 7 halaman

Robusta

Kopi Robusta merupakan jenis kopi yang banyak ditemukan dan dihasilkan di Indonesia. Adapun ciri dari kopi ini ialah memiliki rasa yang lebih pahit ketimbang arabika.

Teksturnya juga bisa dibilang kasar dan mempunyai aroma yang sangat kuat. Untuk itu, jenis kopi robusta cocok jika dicampur dengan bahan lain seperti susu.

4 dari 7 halaman

Liberika

Jenis kopi liberika mungkin belum cukup familier bagi masyarakat Indonesia. Namun, ternyata jenis kopi ini cukup populer dan jadi komoditas di dunia.

Meski memiliki kualitas biji yang relatif rendah, kopi berjenis liberika ini mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah.

5 dari 7 halaman

Ekselsa

Jenis kopi ekselsa berasal dari daerah Afrika Barat. Jenis kopi ini sangat cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah yang basah.

Memang harga dan kualitas kopi ekselsa masih jauh di bawah jenis kopi arabika dan robusta, tetapi tanaman kopi jenis ini tidak mudah diserang penyakit sehingga banyak juga petani yang membudidayakan kopi jenis ekselsa ini.

6 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

Jenis kopi yang berasal dari Indonesia sering disebut dengan istilah single origin. Single origin adalah istilah yang merujuk pada daerah budidaya asal kopi tersebut ditanam. Istilah ini bermaksud memudahkan orang-orang dalam mengenali karakter kopinya.

Kopi yang ditanam setiap daerah berbeda-beda dan tentu akan menghasilkan karakteristik, citarasa, dan aroma yang berbeda pula. Berikut beberapa jenis-jenis kopi yang populer di Indonesia.

1. Gayo

Jenis kopi gayo berasal dari Tanah Gayo, sebuah wilayah di dataran tinggi Aceh Tenggara. Tanah di sekitar wilayah tersebut dipercaya sangat subur karena mengelilingi Kota Takengon dan Danau Tawar sehingga kopi yang dihasilkan memiliki citarasa yang kaya.

2. Mandailing

Mandailing merupakan satu di antara jenis kopi arabika yang ditanam di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Kopi jenis ini juga cukup populer di Indonesia.

3. Sidikalang

Kopi sidikalang terkenal sebagai satu di antara varietas kopi arabika yang merupakan turunan langsung dari jenis Typica. Namanya diambil dari sebuah kota yang terletak di daerah pegunungan sejuk di kabupaten Dairi, Sumatra Utara.

4. Bali Kintamani

Seperti namanya, jenis Bali Kintamani berasal dari Pulau Dewata. Di daerah Kintamani, kabupaten Bangli, banyak petani kopi yang membudidayakan jenis kopi ini.

Petani di sini pun memegang teguh filosofi Hindu, Tri Hita Karana, dalam sistem pertanian tradisional mereka. Filosofi ini mengajarkan tentang keharmonisan hubungan dengan alam dan mengurangi penggunaan agrokimia sehingga kopi yang dihasilkan organik.

7 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

5. Toraja

Tanah Toraja juga merupakan satu di antara daerah yang terkenal karena kopinya. Kopi yang berasal dari perkebunan Toraja terkenal memiliki rasa yang nikmat dengan tingkat keasaman yang tinggi.

Masyarakat di Toraja memproses kopi mereka dengan cara-cara yang masih tradisional, yakni giling basah.

6. Java Preanger

Jenis kopi ini bisa dikatakan sebagai kopi pertama yang didatangkan oleh Belanda pada masa penjajahan. Pertama kali ditanam di Batavia (sekarang Jakarta), kemudian dibudidayakan secara lebih luas di Priangan, Jawa Barat.

Nama preanger diambil dari cara orang Belanda menyebut Priangan. Oleh karena itu, orang-orang Indonesia menyebut Kopi Priangan dengan sebutan Java Preanger.

7. Papua Wamena

Kopi Wamena ditanam di perkebunan yang terletak di sepanjang Lembah Baliem, yang terletak di sisi timur Gunung Jayawijaya dan mengelilingi Kota Wamena.

Kopi jenis ini memiliki tingkat keasaman yang cenderung rendah dan ciri khas aromanya memiliki sensasi floral yang wangi.

8. Flores Bajawa

Sebuah kota di kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, memiliki jenis kopi yang terkenal dengan nama kopi Bajawa.

Kopi Bajawa merupakan jenis kopi arabika yang memiliki citarasa yang lebih otentik dan memiliki aroma yang alami karena ditanam secara organik.

 

Sumber Asli: Sasamecoffe

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Khulafa Pinta Winastya. Published: 24/6/2020).

Video Populer

Foto Populer