Sukses


8 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Wajah, Bikin Kulit Cerah Bebas Jerawat

Bola.com, Jakarta - Buah pisang merupakan satu di antara jenis buah yang sangat populer di Indonesia. Tak ada yang tak mengenal buah satu ini. Buah pisang bahkan bisa tumbuh di halaman atau pekarangan rumah.

Jika sudah matang, buah pisang akan berwarna kuning, menggoda untuk disantap seketika.

Ada banyak jenis dari buah pisang. Ada yang enak untuk langsung dinikmati, ada pula yang akan makin lezat apabila diolah lebih dulu menjadi camilan.

Sama halnya buahnya, camilan yang terbuat dari pisang juga digemari masyarakat, sebut saja pisang rebus, pisang goreng, kolak pisang, jus pisang, milkshake rasa pisang, kue, dan masih banyak lagi.

Beberapa jenis pisang yang terkenal di antara masyarakat, seperti pisang ambon, pisang mas, pisang raja, pisang susu, pisang kepok, dan pisang tanduk.

Buah pisang memiliki manfaat bagi kesehatan lantaran kandungan nutrisi di dalamnya. Pisang tinggi energi dan karbohidrat, namun rendah protein dan lemak sehingga cocok bagi Anda yang menjalani program diet atau yang sedang berolahraga.

Pisang juga kaya berbagai mineral, seperti magnesium, besi, kalsium, kalium, dan fosfor. Vitamin B, B6, betakaroten ikut terkandung dalam buah yang pohonnya menyukai iklim tropis panas dan lembap ini.

Berkat kandungan-kandungan tersebut, pisang sangat baik terutama bagi ibu hamil. Namun, Anda baik tua muda, anak-anak dewasa, laki-laki perempuan, bisa mendapatkan manfaat menyehatkan dari pisang.

Buah pisang juga bisa membantu Anda mendapatkan kecantikan kulit wajah yang didiam-idamkan. Itulah mengapa belakangan ini banyak produk kecantikan kulit yang berbahan dasar pisang, seperti masker wajah, body lotion, hingga sabun.

Ingin tahu manfaat dari buah pisang untuk kecantikan kulit wajah? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti disadur dari Merdeka, Senin (5/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat kulit terlihat kusam dan tak bercahaya. Sel kulit mati harus dibersihkan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Satu di antaranya dengan menggunakan masker pisang.

Masker pisang dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah secara efektif sehingga kulit akan terlihat lebih bercahaya dan segar.

2. Menghidrasi kulit

Satu di antara cara untuk merawat kulit, yaitu dengan memberinya nutrisi. Kulit memerlukan nutrisi yang cukup agar selalu tampak sehat dan bercahaya.

Perawatan dengan bahan alami merupakan pilihan yang tepat agar kulit dapat ternutrisi sempurna. Anda dapat memanfaatkan masker buah pisang untuk menutrisi kulit. Kandungan vitamin A dan kalium dalam buah pisang dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi secara alami.

3. Mencerahkan kulit wajah

Pisang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Buah pisang mengandung antioksidan yang mampu merawat kulit agar tetap sehat terjaga. Selain itu, rajin menggunakan masker pisang dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu meracik masker pisang dengan beberapa bahan tambahan sesuai jenis kulit Anda.

Untuk kulit kering, pisang yang telah dilumatkan dicampurkan dengan minyak zaitun dan alpukat. Oleskan ke kulit wajah yang telah dibersihkan dan diamkan 10 sampai 15 menit. Bilas hingga bersih.

Untuk kulit berminyak, campurkan pisang yang telah dilumatkan dengan madu dan perasan air lemon secukupnya. Cara penggunaan nya sama dengan masker pisang untuk kulit kering.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

4. Mengencangkan kulit wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai muncul tanda-tanda penuaan. Satu di antaranya, yaitu kulit yang mulai mengendur. Kandungan vitamin C dalam buah pisang dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah agar lebih kencang.

Anda dapat memanfaatkan masker pisang sebagai satu di antara perawatan untuk mengencangkan kulit. Menggunakan masker pisang secara rutin dapat membuat kulit terasa lebih kencang dan kenyal.

5. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat merupakan satu di antara masalah kulit yang kerap menghampiri banyak orang. Jerawat dapat membuat seseorang merasa tak percaya diri. Apalagi jika jerawat tersebut bandel alias tak mudah hilang.

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda bisa membuat masker pisang dengan tambahan madu. Kandungan antibakteri dalam pisang dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

6. Menyamarkan bekas jerawat

Bekas jerawat yang terlihat jelas, sangat mengganggu penampilan. Berbagai cara dilakukan untuk sekadar menyamarkan noda maupun menghilangkan bekas jerawat, seperti dengan perawatan di salon mahal hingga menutupinya dengan makeup.

Jika Anda memiliki bekas jerawat yang terlihat, coba menggunakan masker pisang secara teratur. Kandungan vitamin A dan C diketahui dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

7. Menyamarkan flek hitam

Manfaat menggunakan masker pisang selanjutnya, yaitu dapat membantu menyamarkan flek hitam. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan masker pisang sebagai perawatan kulit. Anda cukup membuat masker pisang dengan menambahkan sedikit susu, gula pasir, dan gandum.

Gunakan masker pisang yang telah diracik selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan masker tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal.

8. Menyamarkan mata panda

Lingkar hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda termasuk kerap terjadi. Munculnya mata panda dapat menurunkan percaya diri seseorang karena mata akan terlihat lelah.

Cobalah menggunakan masker pisang untuk membantu menyamarkan lingkar hitam di bawah mata. Anda hanya perlu melumatkan satu buah pisang dan mengoleskannya di area lingkar bawah mata yang menghitam. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 18/3/2020)

Video Populer

Foto Populer