Sukses


9 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan, Bahan Perawatan Alami

Bola.com, Jakarta - Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya enak ketika dikonsumsi, alpukat juga bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kecantikan alami.

Dilansir dari DokterSehat, alpukat diketahui memiliki kandungan, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, riboflavin, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, kalium, lutein, beta-karoten, asam lemak omega-3 dan antioksidan, serta agen antiaging.

Jadi, dapat dibayangkan betapa banyak khasiat dari buah yang satu ini.

Buah yang bentuknya menyerupai buah pir ini sejak dulu sudah dikenal sebagai primadona dalam pembuatan produk perawatan kecantikan. Banyak produk perawatan kecantikan, seperti losion, sabun, masker kulit, serta masker rambut berbahan dasar alpukat yang beredar di pasaran.

Satu di antara produk yang paling terkenal adalah masker alpukat. Untuk mendapat manfaat cantik dari alpukat, ternyata tidak terlalu sulit.

Tak perlu mahal-mahal membeli masker alpukat yang sudah jadi, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan blender atau dengan cara manual menggunakan sendok.

Kemudian, tambahkan yoghurt dan minyak alpukat jika ada. Aduk adonan hingga menjadi krim yang halus dan siap untuk dioleskan.

Berikut ini beberapa manfaat lain dari alpukat untuk kecantikan, dirangkum dari DokterSehat dan Halodoc, Selasa (6/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

1.Melembapkan kulit

Alpukat mengandung vitamin A dan vitamin E. Mengaplikasikan masker alpukat minimal satu minggu sekali bisa mengatasi masalah bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering.

Kandungan yang ada dalam alpukat mampu mempertahankan kelembapan kulit yang kering. Ini merupakan satu di antara Manfaat Alpukat untuk memelihara kulit dari dalam ke luar.

2. Memelihara kulit

Alpukat memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini berguna sebagai sumber alami perawatan kulit Anda.

Menggunakan masker dari bahan alpukat dapat membuat kulit Anda jadi kenyal dan halus, bahkan hasilnya lebih baik dari penggunaan kosmetik atau skin care buatan. Memiliki efek melembapkan kulit dan menguncinya lebih lama, jadi kulit tidak akan jadi kering lagi.

Manfaat ini dapat menutrisi kulit hingga ke lapisan dalam dan dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak.

3. Melawan penuaan secara alami

Alpukat dapat melawan penuaan secara alami. Vitamin A yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru dan produksi kolagen yang bertanggung jawab menjaga kulit tetap kencang.

Tak hanya itu, alpukat dapat membantu kulit yang mengelupas dan melawan radikal bebas yang dapat menyerang sel-sel kulit yang sehat agar terhindar dari hiperpigmentasi dan memudarnya warna kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

4. Melawan radikal bebas

Alpukat memiliki kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas di kulit dan mengganti sel-sel kulit mati. Sebuah penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa alpukat dapat membantu meningkatkan kemampuan sel untuk menangkal radikal bebas.

Jika radikal bebas yang ada dalam tubuh dalam jumlah yang banyak, dapat merusak sel-sel kulit.

5. Eksfoliasi kulit

Selain diaplikasikan sebagai masker, alpukat juga dapat dijadikan scrub dengan bahan tambahan lain. Scrub alpukat adalah bahan eksfoliasi kulit alami untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah dan sehat.

6. Mencegah keriput dan kerutan

Alpukat memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk meremajakan kulit, mengurangi kerutan dan keriput di wajah.

Memanfaatkan alpukat dengan mengolahnya menjadi masker, lalu diaplikasikan ke wajah juga bisa membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit agar terlihat segar dan lebih muda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

7. Mencerahkan kulit

Satu di antara produk kecantikan yang populer dengan dasar alpukat adalah masker. Masker yang terbuat dari alpukat dapat Anda jadikan sebagai perawatan kulit dasar untuk mencerahkan kulit.

Alpukat dapat membersihkan noda hitam serta bakteri yang masuk ke pori-pori kulit. Alpukat memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dicampur dengan madu paling efektif untuk membuat kulit kusam jadi cerah.

Kandungannya juga efektif untuk membuka pori-pori dan sebagai antibakteri.

8. Mengatasi jerawat

Alpukat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E. Kandungan ini berguna untuk mengatasi jerawat. Jerawat timbul di wajah karena bakteri dan peradangan kulit.

Mengaplikasikan masker alpukat di wajah berguna untuk mengurangi efek peradangan kulit serta mengatasi jerawat, gejala eksim, rosacea, psoriasis, dan gangguan kulit lainnya.

9. Meremajakan kulit kepala

Jika membicarakan secara khusus akan manfaat alpukat untuk rambut, alpukat dapat membantu meremajakan dan melembapkan kulit kepala. Alpukat menjadi sumber protein, asam amino, dan vitamin.

Alpukat dapat merevitalisasi rambut kering, rusak, dan tidak bernyawa sehingga rambut tampak berkilau dan terjaga kesehatannya.

 

Sumber: DokterSehat, Halodoc

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Bola Babes: Trip ke Sirkuit Mandalika Bikin Penasaran

Video Populer

Foto Populer