Sukses


7 Manfaat Mentimun untuk Kecantikan, Melembapkan dan Menghidrasi Kulit

Bola.com, Jakarta - Mentimun atau ketimun merupakan satu di antara buah yang sudah familier bagi masyarakat Indonesia. Mentimun bisa diperoleh kapan saja alias tak mengenal musim, di mana saja, dalam berbagai jenis.

Masyarakat Indonesia menggunakan mentimun sebagai pelengkap dalam masakan. Acar, misalnya, dan masih banyak lagi yang lain. Mentimun juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman yang segar, seperti jus.

Mengonsumsi mentimun secara bijak bisa mendatangkan kebaikan bagi tubuh. Hal itu karena mentimun mengandung berbagai zat, nutrisi, dan mineral yang bermanfaat positif bagi kesehatan serta kecantikan.

Mentimun sudah diyakini dari generasi ke generasi dengan kemampuannya menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain kandungan airnya yang melimpah, mentimun mengandung vitamin A, B, dan C, serta mineral, seperti mangan, silika, magnesium, dan kalium.

Kandungan itu juga bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Anda pasti pernah melihat adegan di drama-drama Korea (drakor) yang sekarang sedang tren. Dari satu di antara adegan yang ada, kerap diperlihatkan tokoh dalam drakor tersebut menempelkan potongan-potongan tipis mentimun ke wajah.

Yap, hal itu memang bermanfaat karena dengan kandungan airnya yang melimpah, mentimun terasa menyegarkan dan menyejukkan sehingga memiliki kemampuan melembapkan kulit, terutama kulit wajah.

Apakah Anda juga tertarik mendapatkan manfaat dari mentimun bagi kecantikan?

Berikut ini hasil rangkuman dari Liputan6, Selasa ((6/10/2020), perihal manfaat mentimun bagi kecantikan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

1. Mencerahkan kulit

Mentimun mampu meringankan kulit terbakar akibat sengatan matahari dan kulit yang berminyak. Mentimun dapat membantu beberapa masalah kulit tersebut dan menjadikannya lebih muda.

Untuk merasakan keuntungan mentimun tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai astringent dan toner alami. Keuntungan ini didapat karena mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga mampu membuat kulit tetap utuh, lembap, hingga bercahaya.

2. Menghidrasi kulit

Mentimun mengandung 96 persen air, yang berarti mentimun sangat menghidrasi. Hal ini berarti mentimun dapat menggantikan lotion pelembap.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk kecantikan ini, Anda bisa menggunakannya sebagai masker.

Masker mentimun yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya dapat menenangkan kulit.

Parut mentimun dan gunakan juga air jusnya, kemudian gabungkan dengan tahu susu atau dadih.

Aduk hingga merata campuran tersebut, lalu oleskan masker mentimun pada wajah. Diamkan hingga mengering dan cuci bersih setelahnya.

3. Mencegah penunaan dini

Seiring bertambahnya usia, tak dimungkiri kulit cenderung menjadi longgar dan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Untuk menghindari kondisi ini terlalu dini, Anda bisa menggunakan mentimun.

Mentimun dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menjaga kulit agar tetap kencang. Manfaat mentimun untuk kecantikan ini didapat berkat adanya kandungan mangan dan kalium,

Gunakan mentimun sebagai masker wajah. Campurkan mentimun halus dengan putih telur dan lakukan proses masker seperti biasa.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

4. Mengurangi ruam kulit

Manfaat mentimun untuk kecantikan berikutnya, yakni mampu meringankan kondisi ruam pada kulit. Mentimun dapat mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan terbebas dari bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun ini, Anda bisa mengoleskan masker mentimun dengan campuran lemon. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi cara tersebut selama beberapa minggu dan Anda akan merasakan perbedaannya.

5. Mengurangi mata panda dan mata bengkak

Ada berbagai macam penyebab mata panda dan mata bengkak. Untuk meringankan kondisi ini, Anda bisa menggunakan lembaran potongan mentimun.

Anda hanya perlu mengiris mentimun dan meletakkannya di kelopak mata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Metode ini akan membantu menenangkan bengkak di bawah mata dan mata panda Anda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

6. Menguatkan rambut

Rambut panjang dan indah merupakan satu di antara idaman kebanyakan wanita. Untuk mendapatkan rambut tersebut, Anda bisa menutrisi rambut dengan menggunakan mentimun.

Mentimun dapat membantu memanjangkan rambut dan menjadikannya lebih indah. Untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk kecantikan ini, Anda bisa minum jus mentimun atau menambahkannya ke dalam air ketika mandi.

7. Membuat rambut berkilau

Selain rambut yang panjang, rambut hitam berkilau juga kerap menjadi idaman. Anda bisa menjadikan mentimun sebagai masker rambut untuk memperoleh rambut yang lebih berkilau.

Caranya, gunakan mentimun, minyak zaitun, dan telur. Jadikan bahan-bahan tersebut sebagai campuran masker. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bersihkan masker tersebut.

 

Sumber asli: Doctor NDTV

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutiara Sari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 17/1/2020)

Video Populer

Foto Populer