Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islami tentang Dosa, Peringatan untuk Menjauhi Perbuatan Tercela

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islami tentang dosa dapat kamu jadikan sebagai pengingat sekaligus pelajaran bahwa sebagai umat Islam yang beriman harus menjauhkan diri dari dosa.

Lewat kata-kata mutiara Islami yang memiliki makna baik dan mendalam, kamu dapat memahami bagaimana cara menjalani hidup dengan bijak.

Dosa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan sebagai perbuatan salah atau melanggar hukum yang telah Tuhan tetapkan kepada umat-Nya.

Sedangkan Rasulullah pernah mengatakan bahwa 'dosa adalah segala sesuatu yang membuat hatimu bimbang dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya'.

Kita telah memahami bahwa dosa adalah suatu perbuatan yang harus dijauhi karena dapat merugikan diri sendiri maupun orang di sekitar kita.

Kamu perlu mengingat bahwa Allah SWT lebih menyukai umat-Nya yang berbuat baik, meski hanya sekecil biji jagung daripada berbuat dosa yang dilarang oleh agama.

Berikut 30 kata-kata mutiara Islami tentang dosa, yang dapat memotivasimu untuk menjauhi perbuatan tercela, seperti dikutip dari MutiaraIslam, Selasa (20/10/20).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Dosa

1. "Ketahuilah bahwa ketika orang lain merasa tertarik denganmu, sesungguhnya mereka hanya tertarik dengan keindahan yang masih Allah tutupi dari dosa-dosamu."

2. "Menjauhi dosa itu lebih ringan daripada menahan sakitnya rasa penyesalan."

3. "Dosa itu perlu dibakar, entah itu dengan sakitnya rasa penyesalan di dunia ini ataukah dengan api neraka di akhirat kelak. "

4. "Setan tidak menang ketika kamu berbuat dosa, tapi setan meraih kemenangan ketika kamu berpikir bahwa Allah tidak akan mengampunimu."

5. "Perbuatan dosa yang membuatmu sedih dan menyesal lebih disukai oleh Allah daripada amalan baik yang membuatmu menyombongkan diri."

6. "Kulihat dosa-dosaku seakan begitu besar. Tapi, saat kusandingkan dengan ampunan-Mu, ternyata ampunan-Mu jauh lebih besar."

7. "Jangan memandang kecilnya sebuah dosa, tapi lihatlah keagungan yang kamu durhakai."

8. "Dosa-dosa kecil akan memakan iman kita seperti semut memakan kue. Kamu tidak akan menyadari dampaknya untuk jangka waktu yang lama, pada saat kamu mulai menyadarinya, ternyata semuanya sudah terlambat."

9. "Jauhilah perbuatan dosa karena itu menghancurkan hati. Lakukanlah perbuatan baik karena itu mengundang ketenangan."

10. "Dosa itu menghancurkan hati, sebagaimana racun menghancurkan tubuh."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Dosa

11. "Orang-orang di sekitarmu dan teman-temanmu akan membawa pengaruh pada karaktermu. Maka jangan bergaul dengan mereka yang akan menuntunmu kepada perbuatan dosa karena itu akan membentuk dirimu."

12. "Malulah ketika kamu berbuat dosa di depan umum. Tapi, jangan malu untuk menunjukkan keimananmu."

13. "Kebajikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang membuat jiwamu ragu dan kamu tidak suka memperlihatkannya pada orang lain."

14. "Sangat normal jika kita penuh dosa dan penuh dengan kekurangan. Yang menjadi masalah adalah saat kita berhenti menyesali dosa-dosa yang kita lakukan dan tidak bertobat kepada Allah."

15. "Jangan pernah berpikir buruk tentang saudara sesama muslim, laki-laki maupun perempuan. Tak peduli dosa apa yang mereka lakukan. Bencilah dengan perbuatan dosanya, bukan dengan orangnya. Berikan nasihat dan berdoalah untuk mereka."

16. "Dosa-dosamu sendiri seharusnya sudah cukup untuk mengalihkan perhatianmu dari menilai kesalahan orang lain."

17. "Ketika setan gagal menggodamu untuk berbuat dosa, dia akan membuatmu membuang-buang waktumu. Waktu adalah aset paling berharga yang kamu miliki, tapi waktu juga yang paling mudah disia-siakan."

18. "Satu di antara dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya."

19. "Untuk bisa mendapatkan bunga paling indah, kamu harus berhati-hati menghindari duri. Begitu juga untuk sampai ke surga, kamu juga harus berhati-hati menghindari dosa."

20. "Jika suatu malam kamu melihat seseorang berbuat dosa, keesokan harinya jangan memandangnya sebagai orang yang berdosa, mungkin saja pada malam harinya dia telah bertobat sementara kamu tidak mengetahuinya."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Dosa

21. "Dosa yang telah menjadi kebiasaan harus sangat ditakuti karena dosa yang dilakukan terus-menerus tanpa tobat akan menjadi sifat seseorang."

22. "Dosa-dosamu boleh jadi sebesar kapal, tapi jangan pernah lupa bahwa rahmat Allah lebih besar daripada lautan."

23. "Sesungguhnya seorang mukmin itu memandang dosa-dosanya seakan-akan ia sedang duduk di bawah gunung dan ia khawatir gunung tersebut akan jatuh menimpanya. Sementara seorang pendosa memandang dosa-dosanya seperti seekor lalat yang lewat di depan hidung, lalu ia mengusir lalat tersebut begitu saja."

24. "Kebanyakan dosa yang kalian lakukan itu disebabkan karena lidah."

25. "Sangat ditekankan untuk senantiasa mengingat Allah karena pada umumnya dosa itu dilakukan saat Allah dilupakan. "

26. "Dan sungguh, kaum muslimin menelan kekalahan pada Perang Uhud karena satu maksiat, sementara kita sekarang ingin menang tapi maksiat kita banyak. "

27. "Ketika kamu berbuat berdosa, itu adalah pertanda kelemahan. Tapi, ketika kamu mendorong orang lain untuk berbuat dosa, berarti telah terjadi banyak kerusakan, terutama pada spiritualitasmu."

28. "Kamu begitu banyak berbuat dosa dan Allah masih tetap baik kepadamu. Bayangkan jika kamu baik, rahmat dan kebaikan seperti apa yang akan Allah berikan kepadamu. "

29. "Jangan meremehkan dosa kecil karena kebakaran yang dahsyat bahkan bisa disebabkan oleh percikan api terkecil. "

30. "Dosa secara perlahan-lahan mencekik hati dan meninggalkan dosa akan membawa kehidupan ke dalam hati."

 

Sumber: MutiaraIslam

 

Yuk, baca artikel kata-kata mutiara Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Highlights Pertarungan Tinju Mike Tyson Vs Roy Jones Jr yang Berakhir Imbang

Video Populer

Foto Populer