Sukses


Tak Hanya Sebagai Pemanis, Ini 7 Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Selama ini gula pasir selalu dimanfaatkan sebagai pemanis makanan atau minuman. Di sisi lain, mengonsumsi gula pasir secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, tentu gula pasir tidak selamanya buruk. Di balik itu semua, gula pasir dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, satu di antaranya dalam hal kecantikan.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan gula pasir untuk perawatan. Penggunaan gula pasir bisa Anda manfaatkan untuk menggantikan perawatan kulit yang mahal.

Selain mudah dan murah, perawatan menggunakan gula pasir memiliki efek samping lebih kecil ketimbang perawatan canggih lainnya. Tak hanya itu, gula pasir juga dianggap sebagai perawatan paling direkomendasi buat masalah kulit, terutama kulit sensitif.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu membuat scrub atau masker wajah. Satu di antara manfaat gula pasir untuk kecantikan, yakni dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi tubuh.

Penggunaan gula pasir untuk eksfoliasi tubuh dapat menjadikan kulit sehat, lembap, dan segar. Masih ada manfaat gula pasir lainnya untuk kecantikan yang bisa Anda rasakan.

Berikut rangkuman manfaat gula pasir untuk kecantikan, dikutip dari Goodhousekeeping dan Food.ndtv, Selasa (27/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan

1. Menetralkan radikal bebas

Manfaat pertama dari gula pasir untuk kecantikan adalah dapat menetralkan radikal bebas pada wajah. Caranya dengan menggunakan gula pasir sebagai scrub.

Anda dapat terhindar dari permasalahan kulit kusam dan penuaan dini. Gula pasir juga dapat memberikan kelembapan pada wajah sehingga terlihat lebih cerah dan glowing.

2. Melembabkan kulit

Pengguanaan gula pasir sebagai scrub ternyata bisa melembabkan kulit dengan tepat. Beragam kandungan yang ada di dalam gula pasir bisa menutrisi dan menjaga kelembaban kulit sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

3. Antipenuaan

Masalah ini sulit terhindarkan bagi wanita yang telah memasuki usia lanjut. Penuaan pada kulit juga bisa menyerang wanita di usia muda.

Menggunakan gula pasir menjadi satu di antara perawatan yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Gula pasir dapat menghilangkan kerutan atau garis halus di kulit.

Di samping itu, gula pasir memiliki khasiat membuat kulit bersinar dan kemerahan alami serta warna kulit bisa setingkat lebih putih tiap kali kita menggunakannya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan

4. Mengatasi bibir kering

Bagi Anda yang mempunyai masalah bibir kering, memanfaatkan gula pasir bisa menjadi solusi. Gula pasir dapat menjadi media pelembap bibir kering dan pecah-pecah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan gula pasir dicampur dengan minyak wijen secukupnya hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada bagian bibir dan biarkan hingga kering agar nutrisi yang terkandung meresap ke kulit bibir.

5. Mengatasi selulit

Manfaat selanjutnya dari gula pasir adalah dapat membantu mengatasi selulit di tubuh. Gula pasir diyakini berperan menjadikan pori-pori lebih kencang, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan tampilan selulit di permukaan kulit.

Buatlah scrub dari gula pasir dicampur beberapa tetes minyak wijen. Gosokkan scrub ke area yang akan diaplikasikan, lalu bilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan

6. Menghidrasi kulit

Tak hanya berperan mengatasi selulit, gula pasir juga diyakini mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bersih.

Gula pasir juga memberikan manfaat kelembapan. Melakukan perawatan rutin dengan scrub gula dapat menghidrasi kulit sehingga membuatnya selalu lembap dan sehat.

7. Mengatasi komedo membandel

Dimanfaat sebagai scrub alami, gula pasir dipercaya mampu mengatasi masalah komedo yang membandel. Komedo timbul akibat produksi minyak berlebih yang kemudian menyumbat pori-pori.

Komedo biasanya muncul di area dagu, hidung, serta dahi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menggunakan campuran gula pasir dan garam serta dicampur dengan air perasan lemon secukupnya.

 

Sumber: Goodhousekeeping, Food.ndtv

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer