Sukses


32 Kata-kata Mutiara Islami tentang Kejujuran, Bahan Perenungan yang Menyentuh Hati

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islami tentang kejujuran dapat dijadikan sebagai bahan perenungan bahwa dalam menjalani kehidupan di dunia, kita harus menjadi seseorang yang jujur dalam segala kondisi dan situasi.

Kejujuran merupakan satu di antara akhlak mulia yang sangat ditekankan oleh Islam. Kejujuran itu amat mahal, apalagi di tengah kehidupan dunia sekarang ini yang dipenuhi kebohongan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita menjadi seseorang yang jujur, seperti mendapatkan kepercayaan orang dan dihormati oleh orang lain.

Allah SWT mencintai hamba-Nya yang selalu berperilaku dan berkata jujur kepada sesama manusia maupun kepada diri mereka sendiri. Dia juga menjanjikan surganNya bagi mereka yang sering berkata jujur.

Sifat jujur harus dilatih semenjak dini karena setiap aspek kehidupan yang akan dijalani pasti sangat berkaitan erat dengan kejujuran.

Kejujuran yang kita lakukan akan menguntungkan diri sendiri. Begitu juga sebaliknya jika kita sering berbohong, kita sendiri pula yang menanggung keburukannya.

Untuk mendorongmu agar selalu berkata dan berperilaku jujur setiap waktu, kamu dapat membaca dan memaknai kata-kata mutiara Islami tentang kejujuran.

Berikut 32 kata-kata mutiara Islami tentang kejujuran, yang dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, seperti dikutip dari MutiaraIslam, Jumat (30/10/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Kejujuran

1. "Kejujuran akan menyelamatkanmu, meski kamu merasa takut akan hal itu."

2. "Tunaikanlah amanah kepada orang yang mempercayakan diri padamu dan janganlah berkhianat (menipu) kepada orang yang menipumu."

3. "Wahai manusia, cobalah untuk berlaku jujur karena Allah akan menolong orang-orang yang jujur. Hindari berbohong karena itu akan merusak imanmu. Ketahuilah bahwa orang jujur berada di ambang kemuliaan dan kehormatan, sementara pendusta berada di ambang kehancuran dan kebinasaan. "

4. "Kejujuran tidak akan melukai siapapun, sementara kebohongan hanya melukai si pembohong itu sendiri."

5. "Sampaikanlah kebenaran, walau itu pahit dan tidak menyenangkan bagi orang lain."

6. "Komunikasi yang terbuka dan jujur bukan hanya menjadi bagian penting dari suksesnya sebuah pernikahan, tapi juga berlaku untuk hubungan apa pun." 

7. "Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan seseorang kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan kepada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur."

8. "Berhati-hatilah dengan kebohongan, baik besar ataupun kecil, serius ataupun bercanda karena jika seorang menceritakan sebuah kebohongan kecil, maka dia akan memiliki keberanian untuk menceritakan kebohongan besar." 

9. "Tidak ada iman bagi orang yang tidak amanah (tidak bisa dipercaya) dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janji. "

10. "Selama kamu memiliki hati yang bersih, kamu akan menyampaikan kebenaran."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Kejujuran

11. "Jujurlah, bahkan jika orang lain tidak, bahkan jika orang lain tidak mau, bahkan jika orang lain tidak bisa. Siapa yang melangkah dengan kejujuran berarti melangkah dengan aman."

12. "Sesakit apa pun sebuah kejujuran, akan lebih menyakitkan ketika kebohongan terungkap."

13. "Perkataan sahabat yang jujur lebih besar harganya daripada harta benda yang diwarisi dari nenek moyang. "

14. "Sabar itu pahit. Jujur itu pahit. Dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala macam penyakit."

15. "Orang yang suka berkata jujur mendapat tiga perkara, yaitu; kepercayaan, cinta, dan rasa hormat."

16. "Kejujuran itu membuat hati tenteram karena tidak ada kekhawatiran akan terbongkarnya sebuah dusta." 

17. "Terkadang kejujuran bisa menyakiti. Tetapi, percayalah, masalah apa pun akan cepat terselesaikan jika kamu berlaku jujur."

18. "Jangan takut oleh kemarahan orang sehingga kita takut berkata dan bersikap jujur." 

19. "Biasakanlah untuk jujur karena kejujuran itu menuntun kita pada kebaikan dan kebaikan itu menuntun kita pada keselamatan. "

20. "Kejujuran akan memperindah diri seseorang jauh lebih indah dari apa pun yang dimilikinya."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Kejujuran

21. "Jika engkau jujur kepada Allah, niscaya Allah akan jujur kepadamu."

22. "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur."

23. "Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apa pun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka."

24. "Lebih baik berbicara jujur, meski menyakitkan seseorang daripada menipu yang membuat seseorang tersenyum. Jadilah hamba Allah yang jujur lidahnya dalam berucap."

25. "Kejujuran yang merendahkan diriku, walaupun jarang dilakukan, lebih aku sukai daripada kebohongan yang mengangkat diriku walaupun jarang dilakukan."

26. "Sekaya apa pun, sehebat apa pun, bila hasil tak jujur, tetaplah dipandang sebagai orang yang gagal." 

27. "Jangan pernah takut melakukan kebenaran dan jangan takut mengakui kesalahan karena pada dasarnya, hidup kita harus bermodalkan kejujuran."

28. "Orang-orang yang jujur urusan mereka akan terus berjalan, sedangkan para pendusta, urusan mereka akan terputus. Dan ini merupakan perkara yang telah terbukti berdasarkan pengalaman serta merupakan sunnatullah yang tidak akan engkau jumpai perubahan baginya. " 

29. "Upayakan apa pun dengan baik dan jujur agar mendapat kepercayaan karena kepercayaan jauh lebih berharga daripada sekadar pujian."

30. "Tinggalkanlah segala yang meragukanmu dan ambillah yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya, kejujuran akan mendatangkan ketenangan, sedangkan kedustaan akan mendatangkan kegelisahan."

31. "Berkata jujur akan menyelamatkanmu, meski itu merisaukanmu. Berkata dusta akan mencelakakanmu, meski kau tidak merasakan bahayanya. "

32. "Kejujuran akan membuat seseorang jauh lebih mulia dari segala aksesoris duniawi yang dimilikinya."

 

Sumber: MutiaraIslam

 

Yuk, baca artikel kata-kata mutiara Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Mengoleksi Kartu Bola Manchester United, Edisi David Beckham Sulit Didapat

Video Populer

Foto Populer