Sukses


7 Manfaat Menyegarkan Jus Belimbing untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Belimbing termasuk satu di antara buah yang sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, belimbing berasal dari Indonesia. Negara lain asal belimbing adalah India dan Sri Langka.

Belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat matang, rasanya menyegarkan, cenderung manis, sedikit asam dan sepat. Daging buahnya renyah. Buah ini cukup unik. Saat dipotong, irisannya menyerupai 'bintang' 

Buah yang menjadi ikon Kota Depok ini mengandung banyak gula dan asam oxalat sehingga para pengidap diabetes, kolesterol tinggi, serta mereka yang bermasalah dengan ginjal, sebaiknya menghindari buah satu ini.

Belimbing kaya serat dan sumber vitamin C. Dilansir Healthline, buah ini juga memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, magnesium, dan mineral. Buah belimbing juga dikenal rendah kalori.

Belimbing dapat dinikmati secara langsung, bisa juga dibuat jus dan campuran salad.

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, belimbing memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Anda penasaran manfaat kecantikan apa saja yang bisa diperoleh dari belimbing?

Berikut penjelasan manfaat mengonsumsi jus belimbing secara teratur bagi kecantikan, disadur dari Merdeka, Jumat (30/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

1. Menjadikan kulit sehat dan bercahaya

Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C dalam segelas jus belimbing segar penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, nutrisinya akan menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Tetapi, gunakan belimbing matang untuk mendapatkan nutrisi maksimal.

2. Menyembuhkan masalah kulit

Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor, seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering, dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan memakan belimbing.

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang cukup baik. Jika Anda meminum jus belimbing secara teratur, Anda dapat terhindar dari penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

3. Membantu mencegah jerawat

Buah belimbing mengandung seng. Sifat antimikroba dari kandungan ini bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat dari dalam.

Minumlah jus belimbing segar secara teratur untuk mencegah munculnya jerawat. Tetapi, jangan dicampur gula. Pasalnya, konsumsi gula sederhana yang diekstrak dari tebu bisa memperburuk kondisi jerawat.

4. Menjaga kelembapan kulit

Selain vitamin dan mineral, buah belimbing juga kaya cairan. Meminum segelas jus belimbing bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga kelembapan kulit dari dalam. Hanya, tetap harus disertai penggunaan pelembap seperti lotion atau body butter.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

5. Melindungi kulit dari radikal bebas

Belimbing memiliki banyak antioksidan, seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Konsumsi jus belimbing secara teratur untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kulit.

6. Mencegah penuaan dini

Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh macam-macam antioksidan yang terkandung di dalamnya. Tak ada salahnya mengonsumsi jus belimbing secara teratur demi kulit yang awet muda lebih lama.

5 dari 5 halaman

Cara membuat jus belimbing kombinasi

7. Menjadikan rambut kuat

Anda bisa merawat kesehatan akar rambut dan kulit kepala dengan mengonsumsi jus belimbing. Vitamin C dan vitamin B kompleks yang dikandung buah belimbing bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Nutrisi-nutrisi tersebut akan menjadikan rambut lebih kuat.

 

Cara membuat jus belimbing kombinasi

Cara membuat jus belimbing yang enak, rendah kalori, dan bernutrisi tinggi.

Bahan (2 gelas):

  • 1 buah belimbing besar
  • 1 buah apel fuji
  • 3 buah jeruk medan/pontianak
  • 3-4 sendok makan madu murni

Cara membuat jus belimbing kombinasi:

1. Dinginkan buah-buahan di dalam lemari es terlebih dahulu.

2. Kupas kulit buah belimbing dan buang bijinya. Iris-iris, sisihkan.

3. Cuci bersih buah apel. Iris apel dan buang bijinya. Kupas sebagian saja karena nutrisi apel paling banyak di kulitnya.

4. Peras air jeruk medan atau pontianak, sisihkan.

5. Blender belimbing, apel, air perasan jeruk, dan madu hingga halus. Saring sarinya, kemudian tuang ke dalam gelas.

Sajikan jus belimbing segera setelah diproses agar nutrisinya tidak keburu teroksidasi.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantri Setyorini. Published: 7/5/2020)

Video Populer

Foto Populer