Sukses


Tak Cuma Bumbu Dapur, ini 6 Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Para ibu rumah tangga sudah sangat familier dengan tanaman satu ini. Bawang merah adalah satu di antara bahan masakan yang pasti dimiliki di dapur.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari bawang merah. Selain digunakan untuk menambah cita rasa masakan, bawang merah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaatnya yang besar sudah tidak diragukan lagi. Secara khusus, bwang merah menyimpan manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Anda dapat memanfaatkan bawang merah sehingga tak perlu repot, bahkan sampai harus mengelurkan kocek dalam demi terlihat sempurna. Anda bisa menjadikan bawang merah sebagai solusi untuk perawatan kecantikan alami.

Bawang merah mengandung banyak vitamin, antioksidan, mineral dan kaya senyawa sulfur yang berguna untuk kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menghaluskan bawang merah terlebih dahulu.

Apa saja manfaat saudara bawang putih ini? Berikut beberapa khasiat yang bisa didapat untuk kecantikan dari bawang merah, dikutip dari lamann Resepsehat dan Stylecraze, Senin (2/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan

1. Kulit glowing

Jika Anda ingin membuat kulit wajah bercahaya, lembut, dan kenyal bisa menggunakan bawang merah. Manfaat ini didapat karena bawang merah memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan sulfur.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengoleskan bawang merah yang telah dihaluskan ke area wajah. Bawang merah berkhasiat menjadikan kulit Anda berseri secara alami.

Tak hanya dijadikan masker wajah, mengonsumsi bawang merah mentah dapat memurnikan darah dengan menghilangkan kotoran sehingga dapat menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

2. Melawan tanda-tanda penuaan

Bawang merah merupakan sumber quercetin terbaik. Bawang merah juga kaya kandungan antioksidan yang baik untuk kulit.

Bawang merah juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang bisa melawan tanda-tanda penuaan dini, yang disebabkan oleh sinar UV.

Bawang merah juga membantu mengembalikan kulit keriput dan menjaga tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan

3. Mencerahkan wajah

Anda bisa membuat kulit wajah cerah dengan menggunakan bahan alami. Satu di antara bahan alami yang bisa Anda manfaatkan adalah bawang merah.

Anda cukup menghaluskan bawang merah ditambahkan sedikit kunyit, yang berguna membantu menghilangkan bercak atau bekas pigmen gelap dari kulit.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, jangan mengoleskan bawang secara langsung. Anda bisa mencampurnya dengan satu sendok tepung dan setengah sendok teh krim susu.

4. Menyembuhkan jerawat

Menghaluskan bawang merah lalu diaplikasikan ke area wajah berguna untuk melawan jerawat. Bawang merah memiliki kandungan antiseptik yang juga berguna untuk melawan infeksi pada kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan

5. Pertumbuhan rambut

Tak hanya berguna untuk kesehatan kulit, bawang merah bisa menjadi obat alami untuk menjaga kesehatan rambut. Bawang merah diyakini berguna dalam proses pertumbuhan rambut.

Bawang merah memiliki kandungan blerang yang berfungsi membantu memproduksi jaringan kolagen. Hal ini berguna untuk pertumbuhan kembali rambut.

Anda cukup memotong bawang merah dan peras sarinya. Lalu oleskan secara merata di area kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

6. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Selain berguna dalam proses pertumbuhan rambut, nutrisi yang ada dalam bawang merah juga bisa mengatasi masalah ketombe. Di samping itu, bawang merah dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut.

Anda cukup perlu menghaluskan bawang merah dicampur merica bubuk dan garam secukupnya. Lalu, oleskan ke area kulit kepala dan diamkan selama 15 menit.

Aplikasikan empat sampai lima kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Sumber: Resepsehat, Stylecraze

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer