Sukses


35 Kata-Kata Mutiara Islami tentang Sedekah dan Amal, Motivasi Berbuat Baik

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islami tentang sedekah dan amal dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik kepada sesama di jalan Allah SWT.

Memberikan sedekah dan berbuat amal adalah satu di antara keutaman beribadah kepada Allah. Dengan menjalankannya kamu bisa mendapatkan rindho dan rahmat dariNya.

Melalui kata-kata mutiara Islami tersebut kamu juga akan memahami bahwa beramal atau bersedekah tidak hanya dapat dilakukan dengan harta atau uang.

Kamu juga dapat bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan melalui bentuk materi lain, seperti makanan, atau tenaga dan waktu yang kamu miliki.

Untuk melakukan amal dan sedekah, kita dituntut untuk tidak menunggu menjadi kaya terlebih dahulu karena sekecil apa pun yang kamu jadikan amal, akan tetap dihitung pahala oleh Allah SWT.

Satu hal lagi yang terpenting adalah saat memberikan sedekah kepada orang lain kita harus tetap dengan keikhlasan karena hal tersebut dapat dihitung sebagai sebuah amal.

Berikut 35 kata-kata mutiara Islami tentang sedekah dan amal, yang dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik, seperti dikutip dari MyIslam, Kamis (12/11/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Sedekah

1. "Kekayaan sejati seseorang adalah kebaikan yang dilakukannya di dunia ini."

2. "Setiap tindakan kebaikan adalah amal."

3. "Sedekah secara sembunyi-sembunyi bisa meredam murka Tuhan Yang Maha Kuasa."

4. "Tersenyum di wajah saudaramu adalah tindakan amal."

5. "Mereka yang membelanjakan uang untuk amal akan mendapatkan pahala yang berlimpah."

6. "Jika kamu berinfak kepada seseorang, berterima kasihlah kepada mereka. Kamu mungkin sudah membantu memperbaiki urusan dunia mereka, tapi mereka juga memperbaiki urusan akhiratmu." 

7. "Sabarlah dalam doa, lakukan amal yang teratur, dan tundukkan kepalamu dengan orang yang sujud (dalam ibadah)."

8. "Allah akan mencabut riba dari segala berkah, tapi akan memberikan peningkatan untuk amalan karena Dia tidak mengasihi makhluk yang tidak tahu berterima kasih dan jahat."

9. "Berikanlah sedekah! Karena sedekah itu ibarat sungai yang mengalir. Kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya."

10. "Sedekah tidak akan mengurangi kekayaanmu."

3 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Sedekah

11. "Berinfaklah dan jangan menghitung-hitungnya sehingga Allah juga akan menghitung-hitung rezeki-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu tahan hartamu (enggan bersedekah) sehingga Allah juga akan menahan rezeki-Nya kepadamu."

12. "Jangan merasa malu jika memberi sedikit untuk amal; itu karena selalu ada kebaikan dalam memberi, tidak peduli seberapa kecil."

13. "Sedekah membersihkan dosa, seperti air memadamkan api. "

14. "Yang terbaik di antara kamu adalah mereka yang membawa manfaat terbesar bagi banyak orang."

15. "Sebagai seorang beriman, aku tidak boleh lupa bahwa kebutuhanku untuk bersedekah akan selalu jauh lebih besar daripada kebutuhan mereka yang menerima sedekah dariku."

16. "Amal yang kamu berikan akan menjadi naunganmu pada hari penghakiman." 

17. "Amal adalah obat yang efektif dan tindakan orang-orang dalam kehidupan mereka saat ini akan terlihat di kehidupan berikutnya."

18. "Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari bersedekah adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, yaitu dia melihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain."

19. "Beri amal tanpa penundaan karena hal itu bisa menghalangi bencana."

20. "Ketika Allah memberimu nikmat secara finansial, jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standarmu dalam bersedekah."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Sedekah

21. "Jangan berpaling dari orang miskin, meski yang bisa kamu berikan kepadanya hanya setengah kurma. Jika kamu mencintai orang miskin dan membawa mereka di dekatmu, maka Tuhan akan membawamu mendekati Dia pada hari kiamat. "

22. "Nabi Muhammad (SAW) bersabda: 'Bayangan orang beriman pada hari kiamat akan menjadi amal kasihnya'."

23. "Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon, tidak pula menanam suatu tanaman, kemudian pohon atau tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan akan menjadi sedekah baginya."

24. "Pengampunan adalah pemberian amal terbesar dalam Islam."

25. "Memerintahkan untuk melakukan perbuatan baik dan mencegah orang lain melakukan kejahatan adalah tindakan amal."

26. "Berbahagialah orang yang bisA memberi tanpa mengingat-ingat dan orang yang mengambil tanpa melupakan (yang memberinya)." 

27. "Seorang pria bukanlah orang beriman yang mengisi perutnya sementara tetangganya lapar."

28. "Berikanlah dengan amal karena kafanmu tidak akan memiliki kantong untuk membawa kekayaanmu di dalamnya."

29. "Sedekahmu tidak akan diterima hingga kamu meyakini bahwa, 'Kebutuhanku akan pahala jauh lebih besar daripada kebutuhan seorang pengemis yang membutuhkan uang'."

30. "Mengucapkan kata-kata yang baik juga termasuk sedekah."

5 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara Islami tentang Sedekah

31. "Amal terbaik adalah yang dilakukan oleh orang kaya. Dan mulailah memberi yang pertama kepada tanggunganmu."

32. "Jika kamu ingin berdoa kepada Allah untuk kebutuhan hidup yang lebih baik, maka pertama-tama berikanlah sesuatu dalam amal."

33. "Tangan di atas yang memberi lebih baik daripada tangan di bawah yang meminta-minta."

34. "Pengeluaran seorang pria untuk keluarganya adalah perbuatan amal."

35. "Apa yang kamu makan akan habis, apa yang kamu beri akan kekal."

 

Sumber: MyIslam

 

Yuk, baca artikel kata-kata mutiara Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer