Sukses


Peneliti Turki Mengklaim Obat Hepatitis C Ribavirin Ampuh Mengobati COVID-19

Bola.com, Ankara - Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Turki membawa kabar baik seputar pengobatan COVID-19. Dalam sebuah penelitian menggunakan molekul Ribavirin yang diuji dengan hewan terbukti efektif dalam pengobatan COVID-19.

Menteri Industri dan Teknologi Turki, Mustafa Varank, mengatakan sebuah aplikasi telah dibuat oleh Badan Obat dan Alat Kesehatan Turki untuk melakukan studi klinis fase 3 pada molekul Ribavirin. Seperti diketahui, molekul Ribavirin biasanya digunakan sebagai antivirus untuk mengobati Hepatitis C dan demam berdarah.

"Ilmuwan kami juga membuktikan dengan semua hasil eksperimen praklinis molekul Griffithsin yang identik dengan alam memiliki efek anti infeksi," kata Mustafa Varank seperti dikutip Anadolu Agency.

Mustafa Varank menyebut, saat ini uji coba dari total empat kandidat vaksin pada hewan telah berhasil dirampungkan. Pihaknya sedang berupaya untuk segera melakukan penelitian ke tahap uji klinis.

"Sintesis lokal obat Favipiravir, yang digunakan dalam pengobatan Covid-19, juga telah dikembangkan melalui kerja sama universitas-industri," ucap Mustafa Varank.

Turki menjadi satu dari beberapa negara yang getol melakukan penelitian untuk menemukan vaksin COVID-19. Saat ini, Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TUBITAK) sedang mengembangkan 17 protek vaksin dan obat untuk melawan COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer