Sukses


Kedisiplinan Masyarakat Jadi Kunci Meredam Klaster COVID-19

Bola.com, Jakarta - Penyebaran virus corona penyebab COVID-19, khususnya di Indonesia, belum turun. Di sisi lain, sebagian orang masih belum paham tentang potensi penularan virus corona tersebut.

Kondisi tersebut yang mengakibatkan penularan virus masih bertambah. Bahkan, tak sedikit yang memunculkan klaster penyebaran virus corona.

Beberapa tempat yang bisa menimbulkan klaster COVID-19, antara lain keluarga, perkantoran, pasar, dan fasilitas umum lainnya.

Setiap orang memiliki berperan penting untuk mencegah munculnya klaster tersebut. Terutama orang-orang yang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu diungkapkan Koordinator RSDC Wisma Atlet, Tugas Ratmono.

"Peran masyarakat yang betul-betul disiplin menerapkan protokol kesehatan ini sangat penting untuk meredam klaster COVID-19," tuturnya dalam Bincang Editor "Meredam Cluster COVID-19" yang diselenggarakan Liputan6, Senin (23/11/2020).

Tugas Ratmono menambahkan semua elemen masyarakat haruss untuk bersatu padu saling mengingatkan serta sama-sama menjaga protokol kesehatan.

"Tidak hanya masyarakat saja, semuanya harus bersatu padu antara masyarakat dan petugas. Siapapun yang berkontribusi di dalam suatu proses penanganan secara keseluruhan ini sangat penting untuk saling mengingatkan serta sama-sama menjaga protokol kesehatan," tambahnya.

Saat ini, tak bisa dimungkiri masih banyak ditemukan anggota masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

2 dari 2 halaman

Terapkan 3M

Banyak masyarakat yang mulai abai dan menganggap protokol kesehatan sebagai sesuatu yang sepele, terutama dalam penggunaan masker dan berkerumun.

Pemerintah kerap kali mengimbau masyarakat untuk menjauhi kerumunan dan selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, serta menjaga jarak.

Penting untuk disiplin menerapkan ketiga protokol kesehatan tersebut demi mencegah diri sendiri maupun orang lain dari COVID-19.

Video Populer

Foto Populer