Sukses


33 Kata-Kata Ucapan untuk Memperingati Hari HAM Sedunia

Bola.com, Jakarta - Hari HAM Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Desember. Tanggal itu merupakan pengingat dari Universal Declaration of Human Right yang dikeluargan Dewan Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 72 tahun lalu.

Dokumen deklarasi ini terdiri atas bagian pembukaan dan 30 pasal yang mengatur tentang Hak Asasi Manusia.

Namun, peringatan resmi Hak Asasi Manusia baru dimulai pada tahun 1950.

Indonesia juga mendeklarasikan diri sebagai negara HAM. Deklarasi tersebut tertuang pada Pasal 27-34 Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang mengatur tentang Hak Asasi Manusia.

Kamu juga bisa berpartisipasi dalam perayaan Hari HAM Sedunia dengan mengirimkan atau memposting kata-kata pada hari tersebut.

Kata-kata itu berisikan motivasi untuk terus mengampayekan pentingnya HAM.

Berikut kumpulan kata-kata ucapan untuk peringatan Hari HAM Sedunia, dikutip dari Juproni dan Everydaypower, Minggu (6/12/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan untuk Hari HAM Sedunia

1. "Saat Manusia itu dilahirkan,Saat itu pula dia mempunyai Hak HAM."

2. "Tanggal ini dipilih untuk menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia."

3. "HAM merupakan hak fundamental yang tidak dapat dicabut. Dengan demikian, hidup merupakan hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir. Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia!"

4. "Memanusiakan manusia dengan tidak membatasi mimpi dan karya mereka."

5. "Setiap manusia yang dilahirkan mempunyai hak dasar yang sama tanpa memandang status, suku, bangsa, agama, gender, dan perbedaan lainnya. Selamat hari hak asasi dunia."

6. "Hak asasi Manusia (HAM) haruslah mempunyai Batasan-batasan yang jelas agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya dan tidak disalahgunakan untuk merendahkan manusia itu sendiri."

7. "Mari kita lindungi, penuhi dan hormati hak asasi manusia! Karena setiap orang mempunyai martabat dan hak-hak yang sama."

8. "Setiap manusia memiliki hak asasi yang sama, tanpa kecuali."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan untuk Hari HAM Sedunia

9. "Setiap Manusia Dilahirkan Merdeka, Setiap Manusia Memiliki Hak Dan Martabat Yang Sama."

10. "Selamat Hari Hak Asasi Manusia! Setiap manusia dilahirkan untuk merdeka, dan setiap anak yang lahir melekat hak-hak yang harus dipenuhi pada dirinya."

11. "HAM adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir, yang tidak bisa di hilangkan oleh orang lain, masyarakat atau negara. HAM bersifat universal untuk semua manusia bahwa kita ini sama."

12. "Selamat Hari Hak Asasi Manusia Internasional. Wujudkan suasana demokrasi yang melindungi dan menghormati Hak Asasi orang lain."

13. "Asasi manusia mereka adalah dengan menantang kemanusiaan mereka, Selamat hari HAM."

14. "Setiap manusia di lahirkan merdeka, memiliki hak dan kebebasan yg sama tanpa pengecualian. Selamat Hari Hak Asasi Manusia. Mari kita berkomitmen menghormati kebebasan dan melindungi hak-hak asasi setiap manusia di dunia."

15. "Hari ini kita merayakan Hari Hak Asasi Manusia. Pada kesempatan ini kita tidak hanya memperingati kemajuan besar dalam kebebasan manusia melalui sejarah. Selamat Hari HAM."

16. "Aku dilahirkan bebas dan setara. Aku berhak hidup dengan bebas dan aman. Aku berhak menginginkan orang lain memandangku tanpa mempedulikan ras, warna kulit, suku, atau pilihan politik. Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan untuk Hari HAM Sedunia

17. "Kita junjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia tanpa membedakan status, golongan, keturunan, jabatan. Selamat memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia."

18. "Selamat Hari Hak Asasi Manusia. Mari kita junjung tinggi penegakkan HAM di seluruh dunia."

19. "Hari hak asasi manusia menyerukan semua orang yang untuk membela hak seseorg. kita harus menegaskan kembali kemanusiaan kita."

20. "Selamat Hari Hak Asasi Manusia. Hormati sesama manusia, walau ada perbedaan pendapat dan berbeda pikiran."

21. "Umur sangat terbatas, tapi kemanusiaan dan kebaikan bisa lama dan abadi. Selamat Hari Hak Asasi Manusia."

22. "Selamat Hari Hak Asasi Manusia! Mari ciptakan perdamaian, dimulai dari menghargai hak asasi masing-masing individu."

23. "Mari kita bantu terciptanya kedamaian yang benar-benar aman dan kehidupan yang bermartabat untuk semua orang."

24. "Merawat Keragaman, Memupuk Solidaritas Menuju Indonesia yang Inklusif dan Berkeadilan."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan untuk Hari HAM Sedunia

25. "Kita junjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia tanpa membedakan status, golongan, keturunan, jabatan. Selamat memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia."

26. "Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional diperingati setiap tanggal 10 Desember. Kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa manusia memiliki hak, kewajiban dan perlakuan yang sama."

27. "Peringatan Hari HAM mengingatkan kita akan kekuatan kita untuk menghentikan ketidakadilan atau penyalahgunaan apapun oleh otoritas negara."

28. "Hak asasi manusia adalah untuk kita semua, sepanjang waktu: siapa pun kita dan dari mana pun kita berasal; tidak peduli kelas kami, pendapat kami, orientasi seksual kami."

29. "Semoga bukan hanya sekedar perayaan dan hingar bingar sesaat saja, namun ada tindakan nyata untuk tetap Menolak Lupa serta tetap menjaga kehidupan yang ada."

30. "Saling menghargai dan menghormati perbedaan menjadi langkah awal untuk kita menegakkan Hak Asasi Manusia."

31. "Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama, dan menghargai manusia adalah salah satunya."

32. "Tidak ada manusia yang boleh dianiaya dalam keadaan apapun. Kita semua adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa. Semoga kita saling mencintai dengan penuh kasih."

33. "Harapan kami untuk dunia yang lebih adil, aman, dan damai hanya dapat dicapai jika ada penghormatan universal atas martabat yang melekat dan hak yang sama dari semua anggota keluarga manusia."

 

Sumber: Juproni, Everydaypower

Yuk, baca artikel kata-kata lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer