Sukses


Langkah-Langkah Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan, Penting Diketahui agar Tak Salah

Bola.com, Jakarta - Surat lamaran pekerjaan menjadi satu di antara aspek penting saat sedang mencari atau melamar kerja. Saat melamar pekerjaan, harus menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar agar kemungkinan diterima di perusahaan impian makin besar.

Hal itu dikarenakan dalam surat lamaran kerja harus memperkenalkan dan mempromosikan diri secara benar, tanpa perlu mengada-ada. Itulah yang menjadi satu di antara bahan penilaian pimpian perusahaan, apakah seseorang tersebut layak diterima atau tidak.

Maka dari itu, jangan sembarangan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan. Penting untuk mengetahui dan memperhatikan langkah-langkah menyusun surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Banyak aspek yang harus diperhatikan dan dicermati dalam penyusunan dan penulisan surat lamaran pekerjaan.

Jadi, dalam membuat surat lamaran pekerjaan harus jelas, mudah dipahami, dan menarik bagi perusahaan. Bagi kamu yang bingung langkah apa saja yang perlu dilakukan saat menyusun surat lamaran pekerjaan, tak perlu bingung.

Berbagai referensi tentang cara menulis surat lamaran pekerjaan bisa kamu cari dan baca di berbagai media. Dengan begitu kamu akan paham bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Berikut ini rangkuman mengenai langkah-langkah menyusun surat lamaran pekerjaan, seperti dilansir dari laman Julo dan Myjourney, Jumat (11/12/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, perlu diperhatikan juga beberapa tips.

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Saat menulis surat lamaran pekerjaan, harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, benar. Jadi, gunakan tata bahasa dan EYD yang tepat, dan kalimat tidak diulang-ulang. Jika menggunakan bahasa Inggris, usahakanlah untuk menggunakan grammar yang tepat.

2. Singkat, Padat, Jelas

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, sebaiknya ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang bertele-tele dan susah dipahami. Cukup berikan poin penting yang dapat menjadi inti dari surat lamaranmu.

3. Lengkapi Surat Lamaran

Lengkapi surat lamaran kerjamu dengan data-data yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, surat referensi pekerjaan, sertifikat, piagam, transkrip, dan sebagainya sesuai dengan yang diminta perusahaan yang dilamar.

4. Menyusun Sendiri Surat Lamaran Kerja

Tak bisa dimungkiri, contoh dan template surat lamaran kerja memang banyak sekali ada di internet untuk dijadikan referensi. Namun, jangan sampai lupa untuk mengedit contoh surat lamaran kerja yang dijadikan referensi tersebut. Kalau sampai lupa mengedit, tentu akan berakibat fatal.

3 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan

1. Menulis tempat dan tanggal surat

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menyusun surat lamaran pekerjaan ialah menulis tempat dan tanggal surat tersebut dibuat.

Contoh:

Yogyakarta, 11 Desember 2020

2. Kepada Yth. nama serta alamat surat yang akan dituju

Tuliskan nama surat yang akan dituju dan alamat lengkap perusahaan. Jika kamu tidak mengetahui nama HRD sebuah perusahaan, kamu cukup mengosongkannya saja, kamu bisa menuliskan dengan Yth. Bapak/Ibu.

Contoh:

Kepada

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. Suka-Suka

Jl. Mangkubumi No. 12, Yogyakarta

3. Salam hormat dan pembukaan

Kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, paling tidak mencantumkan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kamu tuju, baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih dalam perusahaan tersebut.

Contoh

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs xxx, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Account Executive di PT. Suka-Suka Maju

4. Biodata pribadi

Dalam biodata pribadi, tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail. Jika kamu ingin menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kamu.

Contoh

Nama: Slamet Sentosa

Tempat, tanggal lahir: Sleman, 15 November 1996

Email: slametsentosa@gmail.com

Telepon: 081326754321

5. Pengalaman kerja dan kemampan yang dimiliki

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang jika kamu pernah magang di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menuliskan organisasi yang pernah diikuti atau sekiranya menunjang dengan posisi yang lamar.

Tulis juga kemampuan yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Cantumkan keahlianmu dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat. Ingat, kamu membuat surat, bukan sebuah artikel.

Dalam akhir kalimat, tulislah bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut.

Contoh

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

6. Penutup

Buatlah sebuah penutup yang manis dalam surat lamaran kerjamu. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Contoh

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

7. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang kamu tuju makin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kamu melampirkan hal lain, seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain.

Kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus dipenuhi saat kamu akan melamar pekerjaan. Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran ialah:

- Pasfoto (foto terbaru)

- Daftar riwayat hidup atau CV

- Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti)

- Portofolio

 

8. Hormat saya, (tanda tangan dan nama lengkap kamu)

Tanda tangan dan nama lengkap terletak di bawah pojok kanan surat.

Contoh

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Selamat Sentosa

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

                                                                                                       Gunung Kidul, 11 Desember 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth:

HRD Manager PT. Agung Multiguna Group

Jl. Maninjau Raya No. 7-8, Sleman, Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan di harian Panas Dingin News edisi 30 November 2020, PT. Agung Multiguna Group membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa jabatan.

Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk posisi jabatan Marketing Management Group.

 

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama: Muhammad Bintang Purnama

Tempat/Tanggal Lahir: Klaten, 17 Agustus 1993

Jenis Kelamin: Laki-laki

Alamat: Jln. Satsuit Tubun X11/56, Gunung Kidul, Yogyakarta

Pendidikan Terakhir: S-1 akuntansi

Email: Bintangkejora_321@gmail.com

Nomor Telepon (HP): 0812334000001

 

Saat ini saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Saya juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif. Saya juga lebih mengutamakan kejujuran dan sanggup bekerja keras.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk melengkapi data diri:

1. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae): 1 lembar

2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP): 1 lembar

3. Fotokopi Ijasah Terakhir: 1 lembar

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK): 1 lembar

5. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja: 1 lembar

6. Pasfoto ukuran 3 x 4: 3 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan saya yang nantinya bisa bermanfaat di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Muhammad Bintang Purnama

 

 

Sumber: Julo, Myjourney

Video Populer

Foto Populer