Sukses


Cara Mengetik 10 Jari, Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat

Bola.com, Jakarta - Cara mengetik 10 jari patut diperhatikan agar pekerjaan yang diharuskan menggunakan keyboard berjalan dengan cepat dan maksimal.

Tak bisa dimungkiri, semua pekerjaan administrasi di kantor sudah menggunakan komputer atau laptop. Maka dari itu cara mengetik 10 jari sudah harus di luar kepala.

Beberapa orang sering menganti istilah mengetik dengan 10 jari dengan nama 12 jari. Istilah tersebut mengacu pada kemampuan seseorang dalam mengetik dengan cepat.

Kata 12 jari tak lain menggambarkan secara hiperbolik bagaimana cepatnya seseorang mengetik seolah-olah memiliki 12 jari. Padahal, fakta sebenarnya mengetik dengan 10 jari, karena jari manusia pada umumnya berjumlah 10.

Berikut ini adalah cara mengetik 10 jari agar pekerjaan administrasi lebih cepat selesai, disadur dari Merdeka, Minggu (13/12/2020).

2 dari 4 halaman

1. Perhatikan Posisi Duduk Saat Mengetik

Posisi badan dan duduk berperan penting dalam cara mengetik 10 jari. Selain baik untuk kesehatan, posisi duduk dan badan juga sangat penting dalam mengetik. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu punggung santai tapi tidak membungkuk. Posisi kepala jangan membungkuk atau terlalu condong ke depan.

Posisi paha juga harus diperhatikan posisi yang baik adalah horizontal, sejajar dengan lantai. Telapak kaki menapak ke tanah, jangan sampai kaki menggantung entah karena disengaja atau lantaran bangku yang terlalu tinggi.

Serta ubahlah posisi duduk secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan, sesekali bangun mencari udara segar kemudian duduk kembali. Jangan lupa sediakan air mineral yang cukup didekat anda agar kita tidak melupakan kegiatan yang namanya minum.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Posisi Jari Tangan Kanan pada Keyboard

Faktor jari dalam cara mengetik 10 jari punya peran penting. Letak tiap jari yang kita miliki sudah dipetakan dengan baik pada keyboard agar anda dapat dengan mudah mengetik dengan 10 jari. Namun, hal inilah yang menjadi kendala banyak orang dalam mengetik. Jadi, yang harus anda perhatikan jari-jari memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Jari tangan kanan

  1. Telunjuk: Jari telunjuk harus di letakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  2. Jari Tengah: Jari tengah bertugas menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil
  3. Jari Manis: Jari manis diletakkan pada huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  4. Kelingking: Jari kelingking diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  5. Jempol: Jari jempol fokus pada spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

 

Jari tangan kiri

  1. Telunjuk: Jari telunjuk sebelah kiri berfungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  2. Jari Tengah: Jari tengah sebelah kiri digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 3.
  3. Jari Manis: Jari manis digunakan untuk huruf S, W, X, dan 2.
  4. Kelingking: Sedangkan kelingking sebelah kiri diletakkan pada huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  5. Jempol: Adapun jempol diletakan pada Menekan pada spasi.Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.
4 dari 4 halaman

Lakukan Secara Konsisten Setiap Hari dan Hilangkan Kebiasaan Buruk

Bisa dibilang ini adalah hal yang paling penting dalam cara mengetik 10 jari dengan cepat. Mengingat sebaik apa pun anda melakukan panduan cara mengetik 10 jari bila tidak diterapkan secara konsisten maka hal tersebut tidak akan berhasil. Berlatih setiap hari karena dengan berlatih dan mengulang-ulang semua fungsi tombol maka anda akan bisa menguasai letaknya tanpa harus melihat lagi.

Bagi anda yang ingin belajar online pun saat ini sudah banyak aplikasi atau situs web yang menyediakan cara mengetik 10 jari. Contohnya seperti typing.com, typeonline.co.uk, typingtutor-online.com, serta masih banyak lainnya.

Selain praktik setiap hari anda juga harus mencoba untuk menghilangkan kebiasaan buruk mengetik dengan dua jari saja. Hal tersebut sangat tidak efektif karena mata kita biasanya harus terus melihat keyboard agar kita tidak salah menekan tombol.

Meskipun anda bisa mengetik dengan cepat menggunakan 2 jari karena sudah terbiasa, anda tetap harus menyingkirkan kebiasaan tersebut dan mulailah beralih ke cara mengetik yang benar.

 

Disadur dari Merdeka (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 5/5/2020)

Video Populer

Foto Populer