Sukses


Tata Cara Naik Pesawat buat Pemula, biar Tak Muter-Muter di Bandara

Bola.com, Jakarta - Memahami tata cara naik pesawat bakal sangat membantu bagi penumpang pemula tentang prosedur menggunakan jasa transportasi udara ini. Terlebih, bagi mereka yang hobi bepergian sendiri.

Meski terbilang lebih mahal dari jasa transportasi yang lain, pesawat dapat mengantarkan Anda ke berbagai tempat tujuan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, secara lebih cepat.

Namun, ada beberapa calon penumpang pemula yang masih bingung perihal tata cara naik pesawat. Biasanya mereka akan berputar-putar di bandara dan berakhir dengan kebingungan.

Padahal, ada petugas bandara yang siap membantu kesulitan Anda.

Nah, sebelum Anda naik pesawat, ada baiknya membekali diri dengan informasi yang dibutuhkan terkait tata cara naik pesawat serta penerbangan Anda pada umumnua.

Berikut tata cara naik pesawat buat pemula, disadur dari Merdeka, Senin (21/12/2020).

2 dari 8 halaman

Cermati Peraturan Bagasi

Setiap maskapai memiliki kebijakan mengenai batas bagasi gratis. Itulah mengapa, sebelum berangkat, pastikan Anda telah mengetahui terlebih dahulu mengenai muatan bagasi pesawat yang akan ditumpangi.

Selain itu, perhatikan barang-barang apa saja yang dilarang dibawa ke dalam pesawat. Beberapa barang yang tak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat, seperti benda bermata pisau, gunting, korek api, rokok elektronik, pemantik, dan lain-lain.

3 dari 8 halaman

Menyiapkan Identitas dan Tiket Pesawat

Sebelum berangkat ke bandara, Anda harus memastikan kode booking pesawat dan identitas telah siap dibawa untuk check in nantinya. Check in dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu secara manual di bandara atau melakukan web check ini di website maskapai pesawat yang akan ditumpangi.

Tetapi, lebih orang lebih sering melakukan check in manual di bandara. Saat check in, tunjukkan tiket atau e-tiket milik Anda serta data diri seperti KTP atau paspor apabila akan ke luar negeri.

Setelah selesai check in, Anda akan mendapatkan boarding pass. Boarding pass nantinya harus Anda tunjukkan saat akan naik ke pesawat.

4 dari 8 halaman

Datang ke Bandara Lebih Awal

Ketika tiba hari keberangkatan, sebaiknya datang ke bandara lebih awal. Hal ini dikarenakan Anda tak akan pernah tahu apakah ada hambatan saat perjalanan menuju bandara.

Selain itu, perasaan akan menjadi lebih tenang karena tidak terburu-buru. Datang lebih awal akan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

5 dari 8 halaman

Mengecek Gate Keberangkatan

Satu di antara hal yang penting sebelum naik pesawat, yaitu mengetahui gate keberangkatan Anda. Gate keberangkatan, tertera pada boarding pass yang Anda dapatkan saat check in.

Setelah mengetahui gate keberangkatan Anda, pastikan untuk tak menunggu terlalu jauh dari gate. Hal ini bertujuan agar Anda tak ketinggalan informasi seperti jadwal yang berubah atau bahkan kemungkinan pindah gate.

6 dari 8 halaman

Menyiapkan KTP dan Boarding Pass saat Akan Masuk Pesawat

Sebelum naik pesawat, petugas akan memeriksa KTP dan boarding pass Anda. Agar tak terburu-buru, sebaiknya siapkan dua dokumen tersebut. Kemudian berjalanlah menuju pesawat.

Setelah masuk ke pesawat, pilih kursi sesuai yang tercantum di boarding pass. Apabila Anda bingung atau mengalami kesulitan mencari kursi, jangan sungkan meminta bantuan kepada awak kabin pesawat.

7 dari 8 halaman

Cermati Prosedur Keamanan Penerbangan

Sebelum lepas landas, pramugari akan menjelaskan prosedur keamanan penerbangan, mulai menggunakan sabuk pengaman yang benar, mengenakan pelampung, mengetahui letak pintu darurat dan cara menggunakan masker. Cermati dan perhatikan penjelasan dari pramugari-pramugari tersebut.

Pastikan untuk menaati aturan yang telah ditetapkan oleh maskapai. Apabila menemukan salah seorang penumpang melakukan kesalahan, jangan ragu untuk menegur atau melaporkan pada awak kabin.

8 dari 8 halaman

Mengambil Barang di Bagasi

Setelah sampai di tempat tujuan, jangan terburu-buru untuk meninggalkan bandara. Ambil barang Anda di bagasi sesuai nomor penerbangan. Ingat dan cek kembali barang apa saja yang Anda titipkan di bagasi.

Caranya, cek kembali nomor bagasi yang diberikan saat check in, berupa stiker berisi nomor yang biasanya di tempelkan ke boarding pass milik Anda. Pastikan tak ada barang yang tertinggal atau tertukar dengan penumpang lain.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 10/1/2020)

Video Populer

Foto Populer