Sukses


Cara Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet dan Aman

Bola.com, Jakarta - Cara merawat jaket kulit sedikit perbeda dengan jaket yang berbahan kain. Jaket kulit tak perlu sering dicuci, namun tetap harus dibersihkan agar kondisi tetap bagus dan tahan lama.

Dalam membersihkannya pun, Anda perlu hati-hati. Jangan sampai jaket kulit yang dibeli dengan harga yang cukup mahal rusak karena perawatan yang keliru.

Cara merawat jaket kulit tidak begitu sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang dianjurkan.

Selain itu, menjaga kondisi jaket kulit tetap bagus juga mempertahankan nilai jual yang tinggi. Tak ada salahnya menjual jaket kulit, semisal sudah mulai bosan dan menemukan pembeli yang cocok.

Berikut cara merawat jaket kulit agar tetap bagus dan awet, disadur dari Liputan6, Senin (21/12/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Noda pada Jaket Kulit

Cara merawat jaket kulit yang pertama bisa dilihat dari cara membersihkan noda. Sebenarnya, bila terkena noda saja, Anda cukup mengelap jaket kulit dengan kain untuk menghilangkannya.

Namun, Anda wajib untuk memperhatikan sabun atau produk pembersih yang digunakan. Bahan kulit bisa menjadi kering dan menjadi pecah-pecah atau retak apabila masih ada sisa sabun yang tertinggal.

Sebelum menerapkannya, Anda bisa mencoba atau mengetes terlebih dahulu produk yang akan digunakan untuk membersihkan jaket kulit di area yang kecil dan tidak terlalu kelihatan.

Berikut cara membersihkan noda pada jaket kulit:

  • Gunakan produk yang lembut untuk membersihkan noda, misalnya detergen untuk pakaian halus, sabun cuci piring, atau sampo bayi.
  • Buatlah campuran sabun dan air. Anda hanya memerlukan sedikit untuk membersihkan noda pada jaket kulit.
  • Memakai kain bersih, oleskan campuran tersebut pada bagian yang bernoda, lalu lap mengikuti alur serat permukaan bahan kulit.
  • Angkat sisa sabun dengan kain bersih dan pastikan permukaannya benar-benar bersih.
  • Setelah menggunakan sabun untuk membersihkan jaket kulit, jangan lupa untuk membersihkan sisa sabun secara sempurna
  • Keringkan jaket secara alami.
  • Anda bisa mengoleskan cairan pelembut bahan kulit pada bagian yang baru selesai dibersihkan, untuk mencegahnya menjadi kering.
3 dari 5 halaman

Jangan Gunakan Mesin Cuci

Agar jaket kulit tetap awet dan tidak cepat rusak, jangan sekali-kali menyuci jaket kulit dengan mesin cuci. Apa pun bahan jaket kulit, semisal kulit sapi, kulit domba, maupun kulit kambing, jaket kulit tidak cocok dicuci dengan mesin cuci.

Hal ini disebabkan karena dalam membersihkan bahan dari jaket kulit, memang lebih baik dengan cara di lap saja di area yang terkena noda, untuk membuat jaket kulit lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

4 dari 5 halaman

Tips Merawat Jaket Kulit Sehari-hari

Jika Anda merasa jaket kulit Anda mulai kering di beberapa bagian, anda bisa melakukan perawatan sesegera mungkin sebelum bahan kulitnya retak.

Selain menggunakan produk perawatan khusus bahan kulit untuk melembapkan dan melembutkan bahan kulit, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami. Bahan alami tersebut adalah minyak zaitun dan minyak kelapa.

Cukup dengan menuangkan sedikit di kain halus yang bersih, lalu lap seluruh permukaan jaket untuk melembapkannya.

Noda baru lebih mudah dibersihkan dibandingkan noda lama yang telah mengering dan meresap ke serat bahan. Jadi, langsung tangani tumpahan atau percikan apa pun pada jaket kulit segera sebelum berubah menjadi noda kering.

5 dari 5 halaman

Simpan dengan Cara Digantung, Jangan Dilipat

Jaket kulit akan terlihat lebih bagus bila disimpan dengan cara digantung. Jangan sekali-kali menyimpannya dengan cara dilipat karena dapat menimbulkan kerutan serta garis-garis pada jaket kulit, yang tentunya membuatnya tidak enak dipandang.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 26/9/2019)

Video Populer

Foto Populer