Sukses


40 Kata-Kata Bijak Islami untuk Perenungan Diri, Sejukkan Kalbu dan Tenangkan Batin

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Islami untuk perenungan diri dapat kamu jadikan sebagai bahan introspeksi dan perbaikan diri agar menjadi seorang muslim yang lebih bijaksana dan beriman.

Sebagai seorang muslim, dalam hidup di dunia ini harus selalu berpegang teguh pada pedoman hidup yang telah diberikan Allah, yaitu Al-Qur'an dan Hadis.

Melalui kedua pedoman hidup itu kita akan mampu memahami makna kehidupan sehingga dapat menjalaninya dengan lebih baik.

Merenungkan segala hal yang selama ini telah kita lakukan juga dapat membuatmu lebih merasa tenang dan membantumu memperbaiki diri.

Terkadang kita masuk sisi terburuk kehidupan yang dapat membuatmu putus asa. Akan tetapi, ketimbang mencari kambing hitam, lebih baik berkaca kepada diri sendiri dan memperbaiki hidup dari dalam.

Kata-kata bijak Islami yang penuh makna ini dapat menenangkan batin dan menyejukkan hatimu ketika cobaan datang menghampiri.

Berikut 40 kata-kata bijak Islami, yang dapat kamu jadikan sebagai pelajaran serta pegangan hidup, disadur dari Brilio, Selasa (22/12/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami untuk Perenungan Diri

1. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

2. "Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya."

3. "Rezeki Allah datang pada siapa saja yang mencarinya dengan niat mencari rezeki halal."

4. "Pemberian yang tidak diberikan dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki."

5. "Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat, dan lebih pintar dari yang kamu kira."

6. "Harta yang tidak berkah ibarat minum air laut. Jika diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu."

7. "Seseorang takkan pernah kehabisan rezeki asalkan ia mau mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh."

8. "Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu sendiri, kamu akan terus melihatnya dalam diri orang lain karena dunia di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu."

9. "Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu."

10. "Jangan menghabiskan malam tanpa tidur untuk merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan sedang menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah pada esok hari."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami untuk Perenungan Diri

11. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

12. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati." - Ali bin Husein

13. "Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu. Orang yang hati kotor, melihat orang dengan keburukan dahulu."

14. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali

15. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

16. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 216)

17. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

18. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." - Ali bin Abi Thalib

19. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." - Habib Ali Zainal Abidin

20. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi, ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." - Imam Syafii

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami untuk Perenungan Diri

21. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun, jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." - Umar bin Khattab

22. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

23. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." - Nourman Ali Khan

24. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." - HR. Tirmidzi

25. "Segala sesuatu dalam hidupmu adalah cerminan dari pilihan yang telah kamu buat. Jika kamu menginginkan hasil yang berbeda, buatlah pilihan yang berbeda."

26. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - HR. Muslim

27. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

28. "Hati yang ikhlas menuntun dunia dan akhirat bergerak membantumu."

29. "Ikhlas adalah kunci mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga."

30. "Mulai hari ini, tetapkan niat dan fokus tanpa henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar yang kamu bisa, dalam semua situasi."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami untuk Perenungan Diri

31. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." - Aa Gym

32. "Tetapi, orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura : 43)

33. "Sesungguhnya Allah SWT menyayangi umatnya yang selalu sabar dalam setiap kondisi yang Tuhan berikan."

34. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad : 11)

35. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah : 286)

36. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

37. "Tak apa untuk berhenti sejenank dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."

38. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

39. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

40. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Dwiyana Pangesthi. Published: 14/10/2020 )

 

Yuk, baca artikel kata-kata bijak Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer