Sukses


9 Cara Menghilangkan Kantuk, Tak Melulu Minum Kopi

Bola.com, Jakarta - Sehabis makan siang adalah waktu-waktu rawan munculnya rasa kantuk. Perhatikan saja rekan kerja atau teman sekelas di kampus.

Biasanya, mata menjadi sedikit berair akibat keseringan menguap. Kondisi ini sering kali disertai dengan gejala sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.

Rasa kantuk bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan ngantuk yang dapat Anda coba lakukan. Kopi umumnya menjadi pilihan pertama.

Namun, selain minum kopi, banyak langkah yang bisa kita coba untuk membuat tubuh menjadi lebih segar. Bukan hal yang tidak mungkin mengatasi kantuk tanpa mengkonsumsi kopi.

Hal ini penting untuk diketahui demi mengoptimalkan produktivitas Anda dalam beraktivitas sehari-hari.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantuk, dikutip dari Klikdokter dan Gooddoctor, Selasa (29/121/2020). 

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk

1. Awali hari dengan sarapan yang tepat

Sarapan yang salah dapat menimbulkan rasa kantuk di siang hari. Memilih sarapan dengan makanan yang tinggi karbohidrat sederhana, gula darah Anda akan turun dengan cepat dan menimbulkan rasa kantuk.

Pilihlah sarapan dari jenis makanan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, roti gandum, buah-buahan dan sayur. Penyerapan zat gizinya yang berlangsung perlahan-lahan akan menjaga energi Anda.

2. Membiasakan tidur dengan cukup

Cara terbaik selanjutnya yang dapat mencegah munculnya kantuk di siang hari adalah memiliki jam tidur yang cukup. Biasakan tidur dengan cukup sekitar delapan jam sehari dan lakukan secara teratur.

3. Rutin berolahraga

Rutinitas sehat yang satu ini tidak boleh ditinggalkan dalam upaya mencegah timbulnya kantuk di siang hari. Ketika tubuh rajin berolahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal.

Banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan, contohnya olahraga aerobik, bersepeda, lari, dan renang. Fisik akan lebih bugar dalam menghadapi beragam aktivitas.

Maka, jangan lupa untuk rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali per minggu, selama minimal 30 menit.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk

4. Mengonsumsi air putih yang cukup

Agar tidak mengantuk, kita perlu mencukupi kebutuhan cairan. Sebab, dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk.

Otak akan kehilangan fokus dan membuat mengantuk. Itulah mengapa, pastikan Anda mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu setidaknya satu gelas besar setiap jamnya.

5. Bawa tubuh bergerak sejenak ketika kantuk menyerang

Melakukan stretching atau peregangan bisa mengusir kantuk. Oleh karena itu Anda disarankan melakukan stretching atau peregangan sejenak di tengah kesibukan.

Melakukan aktivitas ini selama lima menit diyakini dapat membuat Anda terjaga hingga satu jam setelahnya. Jadi, luangkan waktu sejenak di tengah kesibukan.

6. Tidak menatap layar komputer terus menerus

Terlalu lama memandang layar komputer dapat menyebabkan ketegangan otot mata dan berakhir pada kondisi astenopia (mata lelah). Hal ini terjadi karena otot mata terus menerus berkontraksi demi melihat arah dekat.

Kelelahan otot mata dapat memperberat rasa kantuk yang Anda alami. Jadi, alihkan mata dan perhatian Anda dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk

7. Ambil napas dalam-dalam

Mengambil napas dalam diyakini dapat meningkatkan kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Dengan meningkatkan fungsi sirkulasi tubuh, bernapas dalam diyakini dapat meningkatkan level energi Anda.

Selain berpotensi mampu menghilangkan kantuk, mengambil sepuluh napas dalam berturut-turut disebutkan dapat menurunkan rasa stres dan kecemasan.

8. Cuci muka

Jika ngantuk memang sudah tak tertahan, cuci muka mungkin bisa jadi cara menghilangkan kantuk yang ampuh. Pergilah ke toilet dan percikkan air dingin ke wajah Anda. Udara dingin di wajah dapat meningkatkan kewaspadaan Anda.

9. Mendengarkan musik yang ceria

Satu di antara cara yang bisa Anda lakukan ketika rasa kantuk menyerang adalah dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat. Musik tersebut bisa membangunkan otak Anda.

 

Sumber: Klikdokter, Gooddoctor

 

Dapatkan kumpulan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer