Sukses


6 Manfaat Jus Seledri bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Manfaat jus seledri masih kurang banyak diketahui oleh banyak orang. Biasanya, seledri hanya digunakan sebagai pelengkap pada berbagai jenis makanan.

Selain sebagai pelengkap makanan, sayuran dengan nama ilmiah Apium graveolens ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seledri kaya akan berbagai kandungan gizi, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, asam folat, dan juga sangat sedikit kalori.

Meski memiliki bau yang terbilang menyengat, seledri memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Sudah diketahui, seledri diyakini berkhasiat untuk rambut, khususnya untuk menyuburkan rambut.

Selain itu, seledri juga merupakan sayur yang rendah gula dan kalori. Sayuran ini juga sangat baik dijadikan minuman menyegarkan dan berkhasiat.

Satu gelas jus seledri memiliki sedikit gula dan kalori dibandingkan dengan satu wortel ukuran sedang.

Seledri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran satu ini bisa menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronik, dan peradangan hingga menjaga cairan tubuh.

Berikut manfaat jus seledri bagi kesehatan yang jarang diketahui, dikutip dari Liputan6, Rabu (6/1/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Sledri bagi Kesehatan

1. Mencegah Masalah Penglihatan

Seledri sangat tinggi vitamin A dan vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan. Ini melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus. Vitamin A juga membantu mencegah perkembangan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Seledri mengandung luteolin dan penelitian menemukan bahwa elemen ini melemahkan sel kanker dan membuatnya lebih rentan terhadap pengobatan. Seledri telah digunakan dalam pengobatan di China sebagai anti-kanker sejak lama.

3. Menetralkan Makanan Asam

Seledri kaya akan unsur-unsur seperti besi, magnesium, dan natrium yang membuat jus seledri memiliki sifat alkali yang kuat. Dengan kata lain, itu dapat menetralkan makanan asam sehingga membantu kita menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh.

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan asam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kerusakan tulang, batu ginjal, masalah hati, dan jantung.

Lantaran banyak makanan yang dikonsumsi setiap hari bersifat asam, menambahkan jus seledri ke dalam rutinitas harian Anda dapat menghentikan beberapa masalah tersebut.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Sledri bagi Kesehatan

4. Mengatur Keseimbangan Cairan

Seledri yang sangat tinggi kalium dan mineral ini memainkan peran penting dalam banyak proses dalam tubuh kita. Para ilmuwan percaya kalium adalah mineral terpenting ketiga bagi tubuh kita agar berfungsi dengan baik.

Dalam tubuh terdapat sekitar 60 persen air dan 40 persen dari air ini ditemukan di dalam sel Anda. Sedangkan sisanya berada di luar sel, dalam cairan tulang belakang, darah, dan di antara sel-sel.

Tingkat air di dalam dan di luar sel sangat penting dan dipengaruhi oleh konsentrasi elektrolit. Kalium larut dalam air dan berperilaku dalam sistem tubuh, seperti elektrolit bermuatan positif, dan mengatur tingkat air di dalam sel.

5. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 menjadi masalah kesehatan serius bagi dunia modern. Diperkirakan pada 2030, lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia akan mengalami penyakit ini.

Nah, seledri adalah satu di antara cara alami untuk mencegahnya. Hal itu karena seledri mengandung banyak vitamin K dan sebuah penelitian telah membuktikan vitamin K meningkatkan sensitivitas kita terhadap insulin.

6. Tinggi Folat

Folat adalah satu di antara vitamin B-kelompok dan merupakan unsur penting untuk sel darah merah dan putih di sumsum tulang belakang, juga memainkan peran penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi, memecah protein, dan memproduksi DNA.

Satu cangkir jus seledri mengandung 145 mikrogram folat yang lebih dari 36 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk pria dan wanita, dan 29 persen untuk wanita hamil dan menyusui.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Yulia Lisnawati. Published: 29/8/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer