Sukses


12 Tanda Munculnya Penyakit Ginjal, Urine Berdarah dan Mata Bengkak

Bola.com, Jakarta - Seperti penyakit Alzheimer, jantung, dan kanker, penyakit ginjal juga merupakan juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Masalah pada ginjal, seperti adanya batu ginjal, menjadi masalah medis serius yang harus ditangani dengan cepat.

Jika tidak segera ditangani, ginjal akan bermasalah dan bahkan berhenti berfungsi, yang dapat memberikan masalah serius pada kesehatan.

Ginjal merupakan satu di antara organ penting atau vital pada manusia yang perlu dijaga keadaan dan kesehatannya.

Ketika ginjal mengalami malfungsi atau kerusakan, banyak zat beracun dan berbagai cairan yang dapat menumpuk pada tubuh.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai hal, seperti pembengkakan pada kaki dan kerusakan yang cukup serius pada otot.

Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Dalam penyaringan yang dilakukan ini, ginjal akan memisahkan berbagai racun dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kerusakan ginjal dapat menganggu aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan. Dengan pentingnya ginjal, Anda perlu menjaga organ ini agar tetap sehat.

Ada beberapa gejala yang bisa menandakan Anda memiliki penyakit ginjal, satu di antaranya adalah mengeluarkan urine yang berdarah. 

Berikut 12 tanda munculnya penyakit ginjal, yang dapat kamu waspadai semenjak dini agar tidak menjadi semakin parah, seperti dikutip dari Dailyentertainment, Sabtu (9/1/2021).

2 dari 4 halaman

Tanda Munculnya Penyakit Ginjal

1. Mata Bengkak

Ada beberapa penyebab mata bengkak, bisa saja terkena penyakit mata atau ada bakteri dalam mata. Namun, pembengkakan yang terjadi di mata juga bisa menjadi penanda Anda memiliki penyakit ginjal.

Protein yang berlebihan dalam aliran darah dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata. Ini dapat menjadi satu di antara gejala penyakit ginjal tahap awal.

2. Kerusakan Otot

Otot-otot yang berada dalam tubuh perlu mendapatkan berbagai mineral agar berfungsi dengan lancar. Keadaan ginjal yang rusak atau gagal ginjal dapat menghilangkan beberapa mineral tersebut, dan dapat menyebabkan kram otot yang sangat menyakitkan.

3.Pembengkakan pada Kaki

Pembengkakan pada kaki adalah satu di antara gejala umum yang terjadi pada orang yang mempunyai masalah ginjal. Hal tersebut dipicu ketika gagal ginjal dan tidak berhasil mengeluarkan sejumlah natrium yang berlebihan yang menumpuk dalam tubuh.

Meski demikian, pembengkakan pada kaki juga dapat terjadi karena faktor lain. Periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui mengapa kaki Anda mengalami pembengkakan.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Jika merasa nafsu makan berkurang dan tidak enak saat mengonsumsi berbagai jenis makanan, hal tersebut dapat disebabkan karena Anda memiliki penyakit ginjal.

Akumulasi berbagai racun yang ada dalam tubuh kerap berujung pada hilangnya nafsu makan.

 

 

3 dari 4 halaman

Tanda Munculnya Penyakit Ginjal

5. Sering Buang Air Kecil

Jika Anda terlalu sering buang air kecil dan hal tersebut menganggu tidur Anda di malam hari, bisa saja hal tersebut menjadi tanda Anda memiliki penyakit ginjal.

Ginjal yang rusak dapat menyebabkan buang air terlalu sering, kendati ada penyakit lain yang dapat menyebabkan hal itu juga, seperti diabetes dan infeksi saluran kemih.

Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab Anda buang air kecil terlalu sering.

6. Urine Berdarah

Gejala yang satu ini mungkin menjadi gejala yang sangat ditakuti, karena urin berdarah dapat menandakan Anda memiliki berbagai macam penyakit serius.

Darah yang berada dalam urine dapat disebabkan batu ginjal yang terlalu banyak. Selain itu, penyakit seperti kanker, infeksi saluran kemih, bahkan tumor dapat menjadi penyebab urine berdarah.

7. Urin Berbusa

Busa yang keluar saat Anda buang air kecil adalah sesuatu yang normal, namun Anda perlu mengetahui kapan busa itu keluar secara berlebih.

Busa berlebihan dalam urin yang Anda keluarkan sering disebabkan oleh zat yang disebut albumin. Jumlah albumin yang berlebihan pada urine dapat menjadi prtanda ginjal Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

4 dari 4 halaman

Tanda Munculnya Penyakit Ginjal

8. Gangguan Kulit

Ginjal yang sedang dalam keadaan sakit atau tidak sehat dapat menyebabkan sistem lain yang bekerja pada tubuh mengalami kerusakan, termasuk sistem yang menjaga kulit agar tetap sehat.

Kulit gatal dan kering adalah satu di antara tanda lain bahwa ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyakit tulang sering muncul seiring ginjal yang bermasalah, dan beberapa penyakit tulang juga dapat menyebabkan kulit mengelupas, mengering, dan terasa gatal.

 

9. Insomnia

Tidur menjadi hal yang diperlukan semua orang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bertenaga. Masalah tidur biasanya juga disebabkan oleh berbagai masalah lain yang ada dalam tubuh.

Penumpukan racun yang terjadi karena ginjal tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan Anda mengalami masalah tidur atau insomnia.

Hal tersebut juga dapat terjadi karena masalah pada ginjal berkaitan erat dengan obesitas, dan obesitas menjadi satu di antara penyebab orang mengalami insomnia.

10. Tubuh Kekurangan Energi

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan akumulasi racun secara berlebihan pada aliran darah, dan hal tersebut dapat menjadikan seseorang kekurangan energi dan mudah merasa lelah.

Selain itu sulitnya berkonsentrasi yang disebabkan oleh anemia juga dapat menjadi faktor, karena anemia juga dapat dipicu oleh kerusakan pada ginjal, dan hal tersebut dapat membuat Anda mudah merasa lelah.

11. Susah Konsentrasi

Saat ginjal tidak bisa menyaring berbagai jenis limbah di dalam tubuh, maka racun akan menumpuk dan menyebabkan berbagai hal buruk pada kesehatan, satu di antaranya kesehatan otak.

Selain itu kekurangan oksigen yang biasanya dialami oleh penderita penyakit ginjal dapat menyebabkan aliran darah yang menuju ke otak menjadi tidak lancar, dan berpengaruh pada kinerja otak untuk berkonsentrasi.

12. Bau Mulut Tidak Sedap

Selain dapat menyebabkan kerusakan pada otak, penumpukan racun di dalam tubuh dapat menyebabkan uremia, yaitu racun yang menyebar di sel darah hingga ke mulut.

Berbagai jenis makanan apa pun akan terasa tidak enak ketika dimakan ketika memasuki mulut, maka tak jarang para penderita penyakit ginjal mengalami bau mulut.

 

Sumber: Dailyentertainment

 

Yuk baca juga artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer